5 Pelatih asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Ligue 1

Tak ada yang bertahan lebih dari dua musim

Spanyol dan Prancis sering bertukar pemain serta pelatih sepak bola untuk kebutuhan kompetisi domestiknya masing-masing. Selain karena kedua negara memiliki kualitas hebat di sepak bola, Prancis dan Spanyol juga sangat berdekatan secara geografis.

Keduanya merupakan negara yang bertetangga langsung. Dalam sejarah kompetisi Ligue 1, terdapat lima pelatih asal Spanyol yang pernah menangani klub Ligue 1. Siapa sajakah mereka dan bagaimana performanya?

1. Javier Clemente

5 Pelatih asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Javier Clemente (athletic-club.eus)

Pelatih asal Spanyol pertama yang menjalani karier sebagai juru taktik klub Ligue 1 adalah Javier Clemente. Pria yang saat ini berusia 72 tahun ini pernah ditunjuk oleh Marseille sebagai pelatih dari November 2000 hingga April 2001.

Dengan kurun waktu tersebut, Clemente tak terlalu banyak memimpin pertandingan Marseille. Ia hanya menorehkan 15 laga dengan rata-rata 1,2 poin. Clemente sendiri lebih sering melatih tim-tim LaLiga.

2. Michel

5 Pelatih asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Michel (olympiacos.org)

Jose Miguel Gonzalez Martin del Campo atau yang biasa dikenal dengan nama Michel merupakan pelatih dari Olympiacos saat ini. Jauh sebelum itu, Michel juga pernah menjadi pelatih Olympique Marseille.

Tak jauh berbeda dengan Javier Clemente, Michel juga hnaya bertahan di klub tersebut selama kurang dari setahun. Dari Agustus 2015—April 2016, Michel hanya mencatat 46 pertandingan dengan rata-rata 1,48 poin.

Baca Juga: 5 Pelatih Argentina yang Pernah Menangani Klub Ligue 1

3. Unai Emery

5 Pelatih asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Unai Emery (twitter.com/championsleague)

Di antara lima nama dalam daftar ini, Unai Emery mungkin menjadi nama yang paling tersohor. Mantan pelatih Arsenal ini merupakan sosok yang sukses membawa timnya juara empat kali Europa League.

Emery pernah melatih Paris Saint-Germain selama dua musim, yakni pada 2016/2017 dan 2017/2018. Kala itu, ia sukses menorehkan 1,78 poin per laga dari 205 pertandingan serta memenangkan 5 gelar juara dari 4 kompetisi berbeda.

4. Oscar Garcia

5 Pelatih asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Oscar Garcia (brightonandhovealbion.com)

Nama berikutnya ialah Oscar Garcia, pelatih Spanyol terakhir yang jadi juru taktik klub Ligue 1. Oscar Garcia baru saja dipecat dari Stade Reims pada 13 Oktober lalu. Pemencatan tersebut terjadi karena Garcia hanya mampu meraih 1 kemenangan dari 10 laga di Ligue 1.

Pelatih berusia 49 tahun ini mulai menjalani perannya pada 23 Juni 2021. Dari 51 pertandingan yang ia jalani bersama Stade Reims, Oscar Garcia hanya mencatatkan 1,18 poin per laga.

5. Robert Moreno

5 Pelatih asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Ligue 1Robert Moreno (asmonaco.com)

Robert Moreno merupakan sosok yang bertanggung jawab untuk menggantikan Luis Enrique ketika sempat vakum dari Timnas Spanyol pada 2019. Setelah Enrique kembali pada November 2019, Moreno mengakhiri masa jabatannya sebagai pelatih La Furia Roja.

Mantan asisten Luis Enrique ini langsung ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco pada Desember 2019. Sayangnya, ia hanya bertahan hingga Juli 2020. Dari 13 laga, Robert Moreno hanya mencatat 1,38 poin per laga.

 

Unai Emery menjadi satu-satunya pelatih asal Spanyol yang sukses menorehkan gelar juara bagi timnya. Faktor pemain bintang yang ia miliki ketika menjadi pelatih Paris Saint-Germain mungkin jadi salah satu alasannya.

Baca Juga: 5 Pelatih Ligue 1 yang Dipecat pada Awal Musim 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya