5 Pelatih Termuda yang Membawa Tim Asuhannya Juara Piala Dunia

Lionel Scaloni menjadi yang terbaru

Peran seorang pelatih pastinya sangat menentukan permainan dan performa tim di lapangan. Seorang pelatih dituntut untuk dapat membuat strategi yang apik baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan.

Kemenangan Timnas Argentina beberapa waktu lalu mencetak beberapa sejarah. Salah satunya ialah rekor individu bagi sang pelatih Lionel Scaloni yang tercatat sebagai salah satu pelatih termuda yang menjuarai Piala Dunia.

Jika Lionel Scaloni merupakan salah satunya, lalu siapa sajakah pelatih Piala Dunia termuda yang pernah menjuarai Piala Dunia? Mari simak informasinya berikut.

1. Alberto Suppici (31 tahun)

5 Pelatih Termuda yang Membawa Tim Asuhannya Juara Piala DuniaAlberto Suppici (fifamuseum.com)

Piala Dunia 1930 merupakan Piala Dunia edisi pertama yang diselenggarakan oleh FIFA. Nama Alberto Suppici muncul sebagai pelatih pertama yang membawa Uruguay menjadi juara pertama Piala Dunia.

Selain itu, Supicc juga tercatat sebagai pelatih termuda yang memenangkan Piala Dunia dengan catatan 31 tahun 8 bulan. Suppici bersama Timnas Uruguay berhasil menjadi juara setelah menang atas Argentina dengan skor 4-2 di Estadio Centenario, Uruguay.

2. Mario Zagallo (38 tahun)

5 Pelatih Termuda yang Membawa Tim Asuhannya Juara Piala DuniaMario Zagallo (twitter.com/fifaworldcup)

Pelatih selanjutnya adalah Mario Zagallo yang merupakan pelatih asal Brasil yang membawa negaranya meraih gelar juara Piala Dunia. Zagallo berhasil membawa Timnas Selecao mengalahkan Italia 4-1 pada partai final Piala Dunia 1970.

Saat membawa negaranya menjadi juara Mario Zagallo masih berusia 38 tahun 10 bulan. Zagallo cukup erat dengan dunia kepelatihan Brasil. Ia juga tergabung sebagai asisten pelatih kala Brasil menjadi juara Piala Dunia 1994.

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda yang akan Adu Taktik di Piala Dunia 2022

3. Cesar Luis Menotti (39 tahun)

5 Pelatih Termuda yang Membawa Tim Asuhannya Juara Piala DuniaCesar Luis Menotti (twitter.com/FIFAWorldCup)

Lionel Scaloni merupakan pelatih ketiga pertama Argentina yang berhasil membawa negaranya menjuarai Piala Dunia. Sebelumnya masih ada Cesar Luis Menotti yang berhasil membawa Argentina juara dunia di usia 39 tahun 8 bulan.

Dalam partai final Piala Dunia 1978 di Argentina skuad asuhan Menotti yang dimotori Mario Kempes sukses menang 3-1 atas Belanda di Stadion Monumental, Buenos Aires. Selain itu, Menotti  juga sempat membawa Tim Argentina U-20 meraih gelar juara Piala Dunia U-20 1979 di Jepang.

4. Juan Lopez Fontana (42 tahun)

5 Pelatih Termuda yang Membawa Tim Asuhannya Juara Piala DuniaJuan Lopez Fontana (alchetron.com)

Juan Lopez Fontana merupakan nahkoda Timnas Uruguay kala memenangi Piala Dunia 1950. Kala itu, Fontana masih berusia 42 tahun 9 bulan ketika mengalahkan Brasil di babak final Piala Dunia 1950.

Selain karena prestasinya yang luar biasa, Fontana juga patut berbangga dengan kemenangannya atas Brasil. Pasalnya, Uruguay berhasil memutar prediksi yang menjagokan Brasil sebagai tim unggulan juara.

5. Lionel Scaloni (44 tahun)

5 Pelatih Termuda yang Membawa Tim Asuhannya Juara Piala DuniaLionel Scaloni (fifa.com)

Lionel Scaloni masuk dalam buku sejarah usai mengantar tim nasional Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar. Dengan menjadi juara Piala Dunia 2022, Lionel Scaloni juga menjadi pelatih termuda kelima yang berhasil memenangkan Piala Dunia.

Mantan asisten pelatih Sevilla ini melakukannya ketika berusia 44 tahun. Scaloni berhasil menjawab keraguan publik dengan keberhasilannya meraih 3 gelar, yakni Copa America 2021, Trofi Finalissima 2022, dan Piala Dunia 2022 dalam kurun kurang dari dua tahun.

 

Usia bukanlah faktor penghalang bagi kelima pelatih di atas untuk gagal membawa negaranya juara Piala Dunia. Mereka membuktikan jika pengalaman bukanlah segalanya dalam melatih tim sepak bola untuk menjadi juara.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir Timnas Argentina sebelum Lionel Scaloni, Gagal?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya