5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Johan Cruyff Saat Jadi Pemain

Empat di antaranya pernah melatih Barcelona

Gaya permainan Tiki Taka menjadi salah satu gaya bermain yang paling ditakuti di sepak bola. Banyak orang telah mengetahui jika gaya permainan ini dicetuskan oleh Johan Cruyff yang melegenda baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih.

Bahkan saking melegendanya pelatih berkebangsaan Belanda ini, Ajax Amsterdam sampai mengabadikan namanya sebagai nama stadion. Barcelona juga mengabadikan nama besar Johan Cruyff dalam sebuah patung monumen di depan stadion Camp Nou.

Sebagai otak di balik gaya permainan tiki taka, Johan Cruyff tentu memiliki legacy besar dalam dunia sepak bola. Dan kini beberapa mantan anak asuhnya telah berkembang sebagai pelatih yang hebat bahkan menerapkan taktik yang serupa dengan dirinya.

Lantas, siapa sajakah pelatih top yang pernah dilatih oleh Johan Cruyff semasa menjadi pemain? Berikut kami sajikan 5 yang terbaik, check this out!

1. Pep Guardiola

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Johan Cruyff  Saat Jadi PemainPep Guardiola (skysports.com)

Pep Guardiola bisa disebut mantan anak asuh Johan Cruyff terbaik yang berhasil menerapkan gaya permainan tiki taka dengan sempurna. Kejayaan Barcelona di antara tahun 2008 hingga 2012 merupakan bukti nyata betapa mengerikannya gaya permainan ini ini.

Dalam masa tersebut, 2 gelar juara Liga Champions, 3 gelar juara La Liga dan 3 gelar juara Copa Del Rey berhasil Guardiola berikan untuk Barcelona melalui tiki taka dengan skema 4-3-3. Dan saat ini tidak ada yang memungkiri jika Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik dunia.

Semasa masih aktif bermain, Pep Guardiola menjadi salah satu andalan Cruyff di lini tengah Barcelona. Selama 7 musim, ia berhasil tampil sebanyak 212 pertandingan dengan sumbangan 5 gol dan 7 assists. Sehingga tak mengherankan jika Guardiola paham betul mengenai Tiki Taka yang diajarkan mantan bosnya tersebut.

2. Ronald Koeman

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Johan Cruyff  Saat Jadi PemainRonald Koeman (skysports.com)

Ronald Koeman merupakan salah satu pemain yang paling diandalkan oleh Johan Cruyff semasa masih melatih. Bahkan, Koeman menjadi salah satu pemain yang dilatih oleh Cruyff di 2 tim berbeda, yakni Barcelona dan Ajax Amsterdam.

Sebagai seorang sweeper, Koeman cukup produktif dengan torehan 85 gol dan 8 assists dari 257 pertandingan di bawah arahan Cruyff. Dan saat ini, Koeman sedang menjabat sebagai pelatih Barcelona dan telah mengoleksi banyak gelar bersama tim-tim yang pernah Ia latih sebelumnya.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjabat Pemain dan Pelatih Sekaligus

3. Frank Rijkaard

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Johan Cruyff  Saat Jadi PemainFrank Rijkaard (acmilaninfo.com)

Frank Rijkaard merupakan salah satu pelatih top dunia yang memiliki karier kepelatihan yang cukup singkat. Pasalnya, pelatih berkebangsaan Belanda ini baru memulai karier kepelatihannya bersama timnas Belanda di tahun 1998 dan memutuskan untuk pensiun di tahun 2013 bersama timnas Arab Saudi.

Kendati demikian, Rijkaard pernah memiliki masa emas sebagai seorang pelatih, yakni saat Ia menukangi Barcelona dari tahun 2003 hingga 2008. Dalam kurun waktu tersebut 1 gelar juara Liga Champions, 2 gelar juara La Liga dan 1 gelar Pelatih terbaik dunia telah Ia dapatkan.

Tidak hanya hebat sebagai pelatih, Rijkaard juga punya karier yang sangat hebat saat masih menjadi pemain. Kariernya bersama timnas Belanda, AC Milan dan Ajax Amsterdam di bawah asuhan Johan Cruyff merupakan masa-masa terbaik dan yang paling banyak diingat oleh para penggemar sepak bola.

4. Ernesto Valverde

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Johan Cruyff  Saat Jadi PemainErnesto Valverde (eurosport.com)

Sama seperti tiga nama sebelumnya, Ernesto Valverde juga merupakan mantan anak asuh Johan Cruyff yang pernah melatih Barcelona. Valverde pernah merasakan dua musim dilatih oleh pelatih berkebangsaan Belanda tersebut di antara tahun 1988 hingga 1990.

Walaupun telah menganggur cukup lama sejak dipecat Barcelona di awal tahun 2020, namun faktanya Valverde merupakan salah satu pelatih terbaik asal Spanyol. Dua gelar juara La Liga untuk Barcelona, 3 gelar juara Liga Yunani untuk Olympiacos, dan 2 gelar Piala Super Spanyol untuk Barcelona dan Athletic Bilbao adalah bukti Ia layak untuk masuk daftar ini.

5. Julen Lopetegui

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Johan Cruyff  Saat Jadi Pemainelintra.com

Nama yang terakhir ialah Julen Lopetegui yang saat ini menjadi pelatih dari Sevilla. Lopetegui memang tidak pernah memiliki karier yang cemerlang saat masih bermain. Namun Ia pernah menjadi punggawa dari Real Madrid dan Barcelona selama beberapa musim.

Lopetegui juga pernah merasakan dilatih oleh Cruyff dengan jumlah 9 penampilan. Namun sebagai pelatih, Lopetegui berhasil membuktikan dirinya sebagai seorang yang hebat. Sejauh ini, pelatih yang dulunya berposisi sebagai kiper tersebut telah mengoleksi beberapa gelar, termasuk gelar juara Europa League di tahun 2020 bersama Sevilla.

 

Itulah 5 pelatih yang pernah dilatih oleh Johan Cruyff semasa masih menjadi pemain. Selain nama-nama tersebut, beberapa pelatih besar seperti Danny Blind, Michael Laundrup, Luis Milla dan Marco van Basten juga pernah merasakan dilatih oleh Johan Cruyff.

Baca Juga: 6 Pelatih Top Dunia yang Pensiun dalam Sedekade Terakhir, Masih Ingat?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya