5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Arsene Wenger Saat Masih Bermain 

Hasil didikan The Professor!

Siapa yang tak mengenal nama Arsene Wenger, pelatih berkebangsaan Prancis yang sangat melegenda bersama Arsenal. Arsene Wenger menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil mendapatkan Piala Emas EPL, berkat torehan hebatnya saat membawa Arsenal juara di musim 2003/2004 tanpa mengalami satu pun hasil kekalahan.

Saat ini, Wenger menjabat sebagai Director of Development FIFA dan telah pensiun dari statusnya sebagai pelatih sepak bola. Dalam karier kepelatihannya ratusan pemain pernah Ia latih. Dan saat ini beberapa mantan anak asuhanya telah melanjutkan karier sebagai pelatih dan tergolong sebagai pelatih hebat.

Berikut ini kami sajikan daftar 5 pelatih top yang pernah dilatih oleh Arsene Wenger semasa masih aktif bermain sebagai pesepak bola, check this out!

1. Claude Puel

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Arsene Wenger Saat Masih Bermain Claude Puel (skysports.com)

Nama yang pertama ialah Claude Puel yang saat ini menjabat sebagai pelatih Saint-Etienne. Dalam karier kepelatihannya, Puel pernah menjabat sebagai pelatih di beberapa tim besar, seperti AS Monaco, LOSC Lille, Lyon, OGC Nice, Southampton, dan Leicester City.

Saat masih aktif sebagai pesepak bola, Claude Puel menghabiskan seluruh kariernya bersama AS Monaco selama 18 tahun. Dan saat dilatih oleh Arsene Wenger dari tahun  1987 hingga 1994, Claude Puel merupakan salah satu pemain yang paling diandalkan oleh Wenger dengan torehan 272 laga.

2. Dragan Stojkovic

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Arsene Wenger Saat Masih Bermain Dragan Stojkovic (independent.ie)

Tepat sebelum mulai melatih Arsenal di tahun 1996, Arsene Wenger pernah memiliki karier selama 1,5 tahun bersama tim Nagoya Grampus di J-League Jepang. Salah satu pemain yang sering Wenger mainkan saat melatih Nagoya ialah Dragan Stojkovic yang saat ini menjabat sebagai pelatih timnas Serbia.

Sebelum melatih timnas Serbia, Stojkovic juga pernah menjabat sebagai presiden asosiasi sepak bola Serbia Montenegro dan menjadi presiden klub Red Star Belgrade. Karier kepelatihannya baru dimulai pad atahun 2008 ketika Ia melatih tim yang sama dengan Arsene Wenger yakni, Nagoya Grampus.

Dalam kurun waktu 6 musim, Stojkovic berhasil memberikan 2 gelar juara bagi tim asal wilayah Chubu ini. Setelah itu, Stojkovic juga pernah melatih tim Guangzhou RF selama 5 musim sebelum akhirnya ditunjuk sebagai pelatih Serbia pada Maret 2021.

Baca Juga: 10 Rekrutan Terbaik Arsene Wenger Selama di Arsenal, Siapa Saja?

3. Jurgen Klinsmann

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Arsene Wenger Saat Masih Bermain Jurgen Klinsmann (mlssoccer.com)

Semasa masih aktif bermain sebagai pesepak bola, Jurgen Klinsmann merupakan pemain yang sering berganti-ganti tim. Salah satunya ialah AS Monaco yang pernah Ia bela selama dua musim dari tahun 1992 hingga 1994 di bawah asuhan Arsene Wenger.

Ketika memutuskan untuk pensiun di tahun 2004, Klinsmann langsung menjabat sebagai pelatih kepala dari timnas Jerman. Namun sayang, penampilan timnas Jerman di Piala Dunia 2006 berada di bawah ekspektasi banyak orang, sehingga Klinsmann akhirnya dipecat di akhir turnamen tersebut.

Sempat melatih Bayern Munchen, timnas Amerika Serikat dan Hertha Berlin, saat ini Jurgen Klinsmann sedang menganggur dan tidak memiliki klub.

4. Patrick Vieira

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Arsene Wenger Saat Masih Bermain Patrick Vieira (skysports.com)

Patrick Vieira merupakan pemain yang paling diandalkan oleh Arsene Wenger selama karier kepelatihannya. Total 393 pertandingan dengan torehan 32 gol dan 44 assists sebegai seorang gelandang bertahan, Vieira berikan di bawah asuhan Wenger di Arsenal.

Karier kepelatihannya Ia mulai sejak melatih tim U2-1 Manchester City di tahun 2013. Ia juga sempat menjadi pelatih dari New York City FC dan OGC Nice sebelum berlabuh ke Crystal Palace di awal musim ini. Walaupun belum pernah merasakan menjadi juara sebagai pelatih, namun Vieiira dinilai memiliki potensi besar sebagai seorang pelatih muda.

5. Mikel Arteta

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Arsene Wenger Saat Masih Bermain Mikel Arteta (skysports.com)

Hingga saat ini hanya Mikel Arteta, mantan anak asuh Arsene Wenger, yang juga pernah melatih Arsenal. Arteta pernah dilatih oleh Arsene Wenger selama 5 musim dari tahun 2011 himgga pensiun pada tahun 2016 di Arsenal.

Klub berjuluk The Gunners ini juga merupakan klub pertama yang dipimpin oleh Arteta sebagai pelatih kepala. Walaupun Arsenal di bawah kepelatihan Arteta kerap tampil kurang konsisten, namun faktanya Arteta telah sanggup menghadirkan 2 gelar juara untuk Arsenal, yakni Piala FA Cup dan Community Shield di musim 2019/2020.

 

Itulah 5 pelatih top yang pernah merasakan didikan dari Arsene Wenger semasa masih aktif sebagai pemain. Perlu diakui jika Arsene Wenger memiliki torehan yang cukup baik selama melatih Arsenal. Walaupun gagal mendapatkan trofi mayor di Eropa, namun legacy dari pelatih asal Prancis ini layak untuk dibanggakan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Arsene Wenger di Arsenal, Bagaimana Kabar Mereka?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya