5 Pelatih yang Sering Memainkan Gareth Bale di Klub

Bale mendadak pensiun

Gareth Bale mengakhiri karier profesionalnya di dunia sepak bola secara mendadak. Kapten Timnas Wales ini mengumumkannya lewat akun media sosial pada Selasa (10/1/2023).

Saat bermain dan berada di performa terbaiknya, Bale dikenal sebagai seorang winger hebat yang punya kemampuan akselerasi luar biasa. Tak heran jika ia sempat menyabet gelar pemain termahal.

Selama bekarier, Gareth Bale pernah membela empat klub berbeda, yakni Southampton, Tottenham Hotspur, Real Madrid, dan Los Angeles FC. Dari 4 tim tersebut, terdapat 13 pelatih yang pernah menangani Bale.

Siapa saja pelatih yang sering memainkan Gareth Bale di klub?

1. Harry Redknapp

5 Pelatih yang Sering Memainkan Gareth Bale di KlubHarry Redknapp (premierleague.com)

Gareth Bale patut berterima kasih kepada Harry Redknapp. Sebab, Redknapp merupakan pelatih yang membuat posisi Bale berubah dari bek sayap menjadi winger.

Oleh karena perubahan posisi tersebut, nama Bale mulai dikenal publik hingga akhirnya dilirik Real Madrid. Di bawah arahan Harry Redknapp di Tottenham Hotspur, Bale sendiri sukses mencetak 27 gol dan 39 assist dari 137 laga.

2. Zinedine Zidane

5 Pelatih yang Sering Memainkan Gareth Bale di KlubZinedine Zidane (twitter.com/championsleague)

Banyak orang menyebut Zinedine Zidane sebagai pelatih yang merusak karier cemerlang Gareth Bale di Real Madrid. Hal tersebut tak sepenuhnya salah dan tak sepenuhnya benar.

Penampilan Gareth Bale di bawah asuhan Zidane memang menurun, meski sukses mencetak catatan gol terbesar dalam kariernya. Bale menorehkan 44 gol dan 21 assist dari 110 laga di bawah asuhan Zidane.

Baca Juga: Mengenang 3 Momen Saat Gareth Bale Mengguncang Dunia

3. Carlo Ancelotti

5 Pelatih yang Sering Memainkan Gareth Bale di KlubCarlo Ancelotti (realmadrid.com)

Carlo Ancelotti merupakan sosok pelatih hebat yang kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Pelatih asal Italia ini membawa Gareth Bale ke Real Madrid.

Selama di bawah arahan Don Carlo (2013—2015), Bale sukses mencatatkan 40 gol dan 31 assist dari 99 pertandingan. Catatan yang sangat bagus bagi Gareth Bale yang kala itu menjadi sorotan publik.

4. George Burley

5 Pelatih yang Sering Memainkan Gareth Bale di KlubGeorge Burley (itfc.co.uk)

George Burley merupakan sosok pelatih yang membawa Gareth Bale promosi ke tim utama Southampton. Bermain selama semusim di bawah asuhan George Burley, Bale mampu menorehkan 5 gol dan 12 assist dari 45 laga.

Itu catatan yang luar biasa bagi seorang bek sayap muda, meski bermain di Divisi Championship. Penampilan Bale di bawah Burley membuatnya langsung dilirik Tottenham Hotspur pada awal musim 2007/2008.

5. Andre Villas-Boas

5 Pelatih yang Sering Memainkan Gareth Bale di KlubAndre-Villas Boas (twitter.com/FCPorto)

Nama terakhir ialah Andre Villas Boas, pelatih asal Portugal yang melepas Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid. Di bawah asuhan Villas-Boas, Bale bermain sangat impresif pada musim terakhirnya di Spurs (2012/2013).

Ia sukses mencetak 26 gol dan 14 assist yang membuatnya dibanderol sangat mahal oleh Real Madrid. Melepas Gareth Bale ke Real Madrid tampaknya jadi bumerang bagi karier Villas-Boas di Spurs. Sebab, 3 bulan setelah melepas Bale, ia justru dipecat.

Setelah mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola profesional, belum ada kabar dari Gareth Bale yang mengisyaratkan ia akan melanjutkan karier di dunia sepak bola. Ia mungkin akan rehat terlebih dahulu dan menikmati masa pensiunnya.

Baca Juga: Gareth Bale Putuskan Pensiun Dini

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya