5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum Haller

Haller akan dikontrak selama 5 musim

Borussia Dortmund kabarnya sepakat dengan Ajax Amsterdam terkait transfer Sebastien Haller. Penyerang asal Pantai Gading ini akan ditugaskan sebagai pengganti Erling Haaland yang terlebih dahulu bergabung dengan Manchester City.

Klub berjuluk Die Borussen ini sebenarnya terhitung jarang mendatangkan pemain asal Afrika. Tidak banyak pesepak bola Afrika yang jadi pemain Borussia Dortmund dalam sedekade terakhir.

1. Abdoulaye Camara

5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum HallerAbdoulaye Kamara (hesgoal.io)

Nama pertama ialah Abdoulaye Kamara, gelandang bertahan asal Guinea yang datang pada awal 2021/2022. Pemain berusia 17 tahun ini datang dengan status bebas transfer dari tim akademi Paris Saint-Germain.

Borussia Dortmund memang terkenal sebagai tim yang sering mendatangkan pemain muda berbakat. Akan tetapi, Kamara sepertinya belum siap untuk berlaga di tim utama. Pada musim pertamanya, ia lebih banyak bermain di tim kedua Borussia Dortmund yang berlaga di kasta ketiga Bundesliga Jerman.

2. Abdou Diallo

5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum HallerAbdou Diallo (psgtalk.com)

Bermain sangat apik saat berseragam FSV Mainz 05, Abdou Diallo akhirnya diboyong Borussia Dortmund pada awal 2018/2019. Bek asal Senegal ini dibeli dengan banderol sebesar 28 juta euro (Rp437 miliar).

Diallo sukses melanjutkan tren positifnya saat berseragam Borussia Dortmund. Pada musim pertama, ia menjadi pemain andalan dan mengoleksi 38 laga dari seluruh ajang. Borussia Dortmund kembali mendapat keuntungan ketika Diallo dibeli PSG pada akhir musim dengan harga 32 juta euro (Rp499 miliar).

Baca Juga: Rapor 5 Pemain yang Dijual Borussia Dortmund pada Musim Panas 2021

3. Achraf Hakimi

5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum HallerAchraf Hakimi (skysports.com)

Tidak mendapatkan menit bermain yang memuaskan saat berseragam Real Madrid, Achraf Hakimi akhirnya dipinjamkan ke Borussia Dortmund. Bek sayap asal Maroko tersebut dipinjam selama 2 musim, terhitung dari awal 2018/2019.

Borussia Dortmund menjadi titik balik kebangkitan performa Hakimi. Selama 2 musim, Hakimi tampil cukup produktif dengan catatan 10 gol dan 17 assist dari 71 laga sebagai seorang bek sayap. Setelah pulang ke Real Madrid pada 2020, Hakimi pun dijual mahal ke Inter Milan.

4. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum HallerPierre Aubameyang (skysports.com)

Sebelum memiliki Erling Haaland, Borussia Dortmund menggantungkan harapan di lini serang kepada seorang Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang asal Gabon ini tampil sangat tajam selama 4,5 musim membela Die Borussen.

Aubameyang berhasil menceatk 141 gol dan 36 assist dari 212 pertandingan sebelum pindah ke Arsenal pada tenggat transfer musim dingin 2018. Saat didatangkan Borussia Dortmund, Aubameyang sendiri dibeli dari Saint-Etienne pada musim panas 2013.

5. Mohamed Zidan

5 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Borussia Dortmund Sebelum HallerMohamed Zidan (skysports.com)

Pada awal 2008/2009, Borussia Dortmund sukses mendatangkan penyerang berbakat asal Mesir dari Hamburg SV. Ia adalah Mohamed Zidan, penyerang asal Mesir yang diboyong dengan harga 2,8 juta euro (Rp43,7 miliar).

Meski dibeli dengan banderol yang tidak begitu mahal, Zidan bertahan lama bersama Borussia Dortmund. Sayangnya, ia tak setajam Pierre-Emerick Aubameyang. Zidan hanya berhasil mencetak 15 gol dan 10 assist dari 73 laga di semua ajang untuk Borussia Dortmund.

Dengan performanya pada 2021/2022 lalu, rasanya Borussia Dortmund tidak salah memilih Sebastien Haller sebagai pengganti Erling Haaland. Akan tetapi, mampukah Haller cepat beradaptasi dengan gaya permainan para pemain muda Borussia Dortmund?

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Borussia Dortmund yang Tampil Mengecewakan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya