5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Salah satu tim yang berhasil merusak dominasi The Big Three

SL Benfica, FC Porto, dan Sporting CP merupakan tiga klub penguasa di Liga Portugal. Ketiga klub tersebut dijuluki sebagai Os Tres Grandes yang berarti klub terbesar yang mendominasi Liga Portugal.

Jarang ada klub yang berhasil juara Liga Portugal selain ketiga klub tersebut. Bahkan, hanya untuk menjadi runner-up, klub Portugal lain perlu usaha keras dan keberuntungan sepanjang musim.

SC Braga menjadi klub terakhir yang sukses menjadi runner-up Liga Portugal di luar tiga klub terbesar tersebut. Momen tersebut terjadi pada musim 2009/2010. Braga juga berhasil melahirkan pemain hebat dari tim akademinya, sama seperti tiga klub penguasa Portugal. Beberapa di antaranya sukses menembus English Premier League, siapa saja dan bagaimana kiprahnya? Berikut ini kami sajikan ulasan lima yang terbaik. 

1. Pedro Neto

5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPLPedro Neto (wolves.co.uk)

Pemain jebolan akademi SC Braga dengan jumlah pertandingan terbanyak masih dipegang oleh Pedro Neto. Winger yang sejak awal musim 2019/2020 bergabung dengan Wolverhampton Wanderers ini pernah 4 tahun (2013—2017) menimba ilmu di tim muda Braga.

Ia juga sempat promosi ke tim utama sebelum akhirnya dibeli oleh Lazio. Hingga akhir musim 2021/2022, Neto telah mencatat 9 gol dan 10 assist dari 73 laga di EPL. Torehan ini berpeluang akan terus bertambah mengingat usianya yang masih muda.

2. Tiago Mendes

5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPLTiago Mendes (twitter.com/footballport)

Tiago Mendes merupakan jebolan akademi SC Braga pertama yang merasakan atmosfer English Premier League. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah semusim berseragam Chelsea pada 2005/2006.

Momen tersebut jelas sangat singkat bagi Tiago Mendes untuk dinobatkan sebagai yang terbaik. Kendati demikian, Tiago sering diandalkan dan sukses mencatat 34 laga dengan sumbangan 4 gol dan 3 assist. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Tiago pernah 2 tahun (1997—1999) berada di tim muda SC Braga.

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Menjadi Destinasi Berikutnya bagi Francisco Trincao

3. Fransisco Trincao

5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPLFransisco Trincao (wolves.co.uk)

Selain Pedro Neto, Fransisco Trincao juga jadi jebolan akademi SC Braga lain yang bermain untuk Wolverhampton Wanderers pada musim 2021/2022. Trincao yang juga berposisi sebagai winger ini datang sebagai pemain pinjaman dari Barcelona.

Sayangnya, nama besar Trincao saat membela Barcelona tak begitu berpengaruh bagi Wolves. Pasalnya, ia hanya mampu mencetak 2 gol dan 1 assist dari 28 pertandingannya di EPL.

4. Nelson Oliveira

5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPLNelson Oliveira (skysports.com)

Nelson Oliveira merupakan penyerang Portugal yang pernah membela beberapa klub Inggris. Ia tercatat pernah membela Swansea City (2015), Nottingham Forest (2015—2016), Norwich City (2016—2019), dan Reading (2019).

Dari keempat klub tersebut, catatan pertandingan Nelson Oliveira di EPL hanya didapat kala berseragam Swansea City selama setengah musim. Kala itu ia hanya mampu mencetak 1 gol dan 1 assist dari 10 laga.

5. Orlando Sa

5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPLOrlando Sa (skysports.com)

Nama yang terakhir juga berposisi sebagai penyerang. Dia adalah Orlando Sa, pemain yang menghabiskan 5 tahun (2002—2007) di tim muda SC Braga. Orlando Sa sering bergonta-ganti tim selama kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Pada musim 2011/2012, ia mencoba untuk menjajal EPL dengan bergabung bersama Fulham. Sayangnya, Orlando Sa hanya mencatat 7 penampilan dengan sumbangan 1 gol. Ia pun hengkang ke AEL Limassol semusim berselang.

 

Selain kelima nama di atas, masih terdapat tiga nama lain. Mereka adalah Filipe Oliveira dan Eduardo yang sama-sama pernah membela Chelsea serta Joao Carlo Teixeira yang pernah membela Liverpool.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi SC Braga yang Pernah Bermain di LaLiga, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya