5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Korea Selatan

Ada Son Heung-Min!

Korea Selatan menjadi negara Asia yang paling sering ikut serta pada gelaran Piala Dunia. Dari sebelas kali keikut sertaannya, peringkat keempat pada Piala Dunia 2002 menjadi catatan tertinggi dari mereka.

Piala Dunia 2022 juga tak akan mereka lewatkan. Pemain-pemain senior dengan jumlah penampilan yang banyak juga telah siap memperkuat tim. Lalu, siapa sajakah pemain aktif dengan jumlah caps terbanyak di Timnas Korea Selatan?

1. Ki Sung Yueng

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Korea SelatanKi Sung Yeung (twitter.com/swansofficial)

Dengan usia yang baru menginjak 33 tahun, Ki Sung Yueng menjadi pemain aktif dengan caps terbanyak di Timnas Korea Selatan saat ini. Mantan gelandang bertahan Swansea City dan Newcastle ini telah mencatatkan 112 caps dengan sumbangan 9 gol dan 15 assists.

Namun sayang, Ki Sung Yueng tak akan tampil di Piala Dunia 2022. Sebab, pemain yang debut di Timnas Korea Selatan pada usia 19 tahun 7 bulan ini telah memutuskan untuk pensiun setelah Piala Asia 2019.

2. Son Heung Min

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Korea SelatanSon Heung-Min (premierleague.com)

Kapten dan pentolan Timnas Korea Selatan saat ini, Son Heung Min menjadi nama selanjutnya. Winger Tottenham Hotspur ini telah mencetak 35 gol dan 17 assists dari 106 caps yang ia ciptakan untuk negaranya.

Dengan kehebatannya, Son jelas akan menjadi tumpuan Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2022 mendatang. Son sendiri melakukan debut pada Desember 2010 ketika usianya baru menginjak 18 tahun 5 bulan.

Baca Juga: Real Madrid Buru Bintang Spurs Son Heung Min

3. Kim Young Gwon

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Korea SelatanKim Young Gwon (the-afc.com)

Kim Young Gwon menjadi satu-satunya pemain yang tak pernah berkarier di Eropa dalam daftar ini. Bek berusia 32 tahun ini menjalani kariernya di Asia, tepatnya di Liga Korea Selatan, Liga Jepang, dan Liga China.

Meski begitu, Kim cukup sering mendapatkan panggilan timnas. Ia telah mencatatkan 95 penampilan dengan sumbangan 6 gol dan 1 assist, sejak debut pada Agustus 2020 ketika berusia 20 tahun 5 bulan. Kim diprediksi akan bermain di Piala Dunia 2022.

4. Lee Chung Young

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Korea SelatanLee Chung Young (premierleague.com)

Lee Chung Young melakukan debut di Timnas Korea Selatan ketika berusia 19 tahun 10 bulan. Momen tersebut terjadi pada Mei 2008 ketika Timnas Korea Selatan menghadapi Jordania pada kualifikasi Piala Dunia 2010.

Sejak itu, Lee Chung Young telah mencetak 9 gol dan 13 assists dari 92 laga. Ia nampaknya tak akan tampil di Piala Dunia 2022. Sebab, ia terakhir kali tampil di Timnas Korea Selatan pada Maret 2019.

5. Lee Keun Ho

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Korea SelatanLee Keun Ho (twitter.com/daegufc_en)

Winger lain yang masuk dalam daftar pemain aktif dengan caps terbanyak di Timnas Korea Selatan adalah Lee Keun Ho. Pemain yang kini berusia 37 tahun ini terakhir kali bermain untuk negaranya pada Maret 2018.

Lee Keun Ho yang saat ini bermain untuk Daegu FC nampaknya tak akan dibawa ke Qatar. Sejak debut pada Juni 2007 pada usia 22 tahun 2 bulan, Lee sukses mencetak 19 gol dan 5 assists dari 87 laga untuk Taeguk Warriors.

 

Korea Selatan bukanlah negara unggulan pada Piala Dunia 2022 mendatang. Akan tetapi, mereka tak boleh diremehkan. Sebab, Taeguk Warriors sering kali membuat kejutan dan menyulitkan langkah tim unggulan.

Baca Juga: 7 Pemain Korea Selatan yang Berkarier di Eropa pada 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya