5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Timnas Maroko

Semuanya lahir di luar Maroko!

Tergabung di grup F bersama Belgia, Kanada, dan Kroasia, Timnas Maroko siap untuk membuat kejutan. Maroko bukanlah negara unggulan di Piala Dunia 2022, namun mereka bisa saja tampil hebat dan muncul sebagai tim kuda hitam.

Berbekal pemain senior yang sarat pengalaman, Maroko siap menghadapi Piala Dunia 2022. Beberapa pemain dengan jumlah caps atau penampilan terbanyak juga tak luput dari panggilan.

Lalu, siapa sajakah pemain aktif Maroko dengan penampilan terbanyak di tim nasional? Apakah para pemain berikut ini ada yang dipanggil timnas untuk gelaran Piala Dunia 2022?

1. Romain Saiss

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Timnas MarokoRomain Saiss (premierleague.com)

Pemain dengan caps terbanyak di Timnas Maroko dipegang oleh mantan pemain Wolverhampton Wanderers yang kini bermain untuk Besiktas. Dia adalah Romain Saiss, pemain berusia 32 tahun yang bisa bermain di posisi bek tengah dan gelandang dengan sama baiknya.

Saiss telah mencatatkan 65 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 1 assist untuk negaranya sejak debut pada November 2012 di usia 22 tahun 7 bulan. Saat ini, ia dipercaya sebagai kapten Timnas Maroko pada Piala Dunia 2022.

2. Nordin Ambarat

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Timnas MarokoNordin Amrabat (cafonline.com)

Nordin Amrabat merupakan winger kelahiran Belanda yang membela Timnas Maroko sejak November 2011. Kala melakukan debutnya, Ambarat telah berusia 24 tahun 7 bulan. Ia sendiri pernah membela tim junior Belanda.

Pemain yang kini menjadi bagian dari AEK Athens ini telah mencatatkan 64 pertandingan dengan sumbangan 7 gol dan 10 assists. Namun sayang, torehan tersebut tak akan bertambah pada Piala Dunia 2022 karena ia telah pensiun dari Timnas Maroko pada 2019.

Baca Juga: 5 Pemain Top Maroko yang Membela Klub Papan Atas Eropa

3. Younes Belhanda

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Timnas MarokoYounes Belhanda (twitter.com/galatasaraysk)

Sama seperti Nordin Ambarat, Younes Belhanda juga tak lahir di Maroko. Ia lahir di kota Avignon, Prancis, dan baru membela Timnas Maroko pada usia 20 tahun 8 bulan. Momen tersebut terjadi pada November 2010 ketika Maroko berhadapan dengan Irlandia Utara dalam laga persahabatan.

Sama seperti Amrabat, Belhanda juga tak akan menambah torehan 5 gol dan 3 assists dari 58 laganya pada gelaran Piala Dunia 2022. Bukan karena pensiun, namun ia gagal menembus skuad utama Timnas Maroko asuhan Walid Rehragui.

4. Achraf Hakimi

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Timnas MarokoAchraf Hakimi (cafonline.com)

Sebagai pemain yang membela tim raksasa seperti Paris Saint-Germain, Achraf Hakimi tentu akan jadi pemain yang sangat diandalkan oleh Timnas Maroko. Meski baru berusia 24 tahun, Hakimi telah sukses menembus daftar pemain aktif dengan jumlah laga terbanyak di Timnas Maroko.

Pemain kelahiran Madrid, Spanyol ini melakukan debutnya pada usia 17 tahun 11 bulan ketika melawan Kanada pada Oktober 2016. Saat ini, ia telah memiliki 53 caps dengaan sumbangan 8 gol dan 7 assists untuk Timnas Maroko.

5. Faycal Fajr

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Timnas MarokoFaycal Fajr (twitter.com/getafecf)

Nama yang terakhir juga tak lahir di Maroko. Dia adalah Faycal Fajr, gelandang asal klub Al-Wehda yang lahir di kota Rouen, Prancis. Fajr terbilang cukup senior di Timnas Maroko. Ia telah berusia 34 tahun dan memiliki 51 caps untuk negaranya.

Uniknya, debut Fajr di Timnas Maroko baru terjadi ketika usianya menginjak 27 tahun 3 bulan, tepatnya pada November 2015. Namun sayang meski termasuk senior, ia gagal masuk skuad Maroko untuk Piala Dunia 2022.

 

Ternyata tidak semua pemain dengan penampilan terbanyak untuk timnas Maroko masuk ke dalam skuad Piala Dunia 2022. Ada yang pensiun, ada juga yang memang tidak dipanggil.

Maroko patut diwaspadai dengan materi yang mereka miliki saat ini. Namun, Maroko juga harus memperhatikan beberapa rekor buruk yang sering kali menghampiri mereka kala berlaga di Piala Dunia. Sebab faktanya, mereka baru sekali menembus babak playoff dalam lima kali keikutsertaannya.

Baca Juga: Profil Maroko, Wakil Afrika yang Sering Jadi Figuran

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya