5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik Irlandia

Ada yang pernah membela tim senior Republik Irlandia

Republik Irlandia atau Irlandia Selatan merupakan satu-satunya negara yang tidak termasuk ke dalam Britania Raya. Padahal wilayahnya berada di Kepulauan Britania. Dekatnya kondisi geografis bahkan membuat banyak penduduk Republik Irlandia bermigrasi ke Inggris.

Beberapa di antaranya menduduki posisi penting dan dikenal secara luas oleh publik. Di sepak bola, beberapa pemain hebat Inggris juga diketahui memiliki darah Irlandia.

1. Harry Maguire

5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik IrlandiaHarry Maguire (skysports.com)

Nama pertama ialah bek yang saat ini menjadi kapten Manchester United, Harry Maguire. Bek berusia 28 tahun ini memang lahir dan besar di Sheffield, Inggris. Akan tetapi, ia memiliki keturunan Irlandia dari sang kakek.

Tak hanya memiliki keturunan Republik Irlandia, Harry Maguire juga diketahui memiliki keturunan Irlandia Utara yang masih berada di wilayah Britania Raya. Harry Maguire tidak pernah sekalipun mendapatkan panggilan dari timnas Republik Irlandia. Hal tersebut, cukup memuluskan jalannya untuk membela timnas Inggris.

2. Jack Grealish

5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik IrlandiaJack Grealish (skysports.com)

Jack Grealish memiliki hubungan yang sangat erat dengan Republik Irlandia. Hampir seluruh kakek dan neneknya berasal dari negara tersebut. Hanya nenek dari pihak ibunya yang benar-benar berasal dari Inggris.

Jack Grealish juga sempat membela timnas Republik Irlandia di kelompok umur U-17, U-18, dan U-21. Akan tetapi, sejak 19 Mei 2016, Grealish makin rutin mendapatkan panggilan dari timnas U-21 Inggris. Hingga sekarang, ia masih membela tim berjuluk The Three Lions dan telah memiliki delapan belas caps.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola di Eropa yang Punya Keturunan Republik Dominika

3. Declan Rice

5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik IrlandiaDeclan Rice (whufc.com)

Sama seperti beberapa nama sebelumnya, Declan Rice juga memiliki darah Republik Irlandia dari kakek dan neneknya. Gelandang andalan West Ham United ini pernah menjadi andalan timnas Republik Irlandia untuk beberapa kelompok umur.

Declan Rice diketahui memiliki tiga caps di tim senior Republik Irlandia. Namun, sejak Maret 2019, Declan Rice justru lebih memilih untuk membela timnas Inggris yang merupakan tanah kelahirannya.

4. Harry Kane

5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik IrlandiaHarry Kane (skysports.com)

Saat memisahkan diri dari kekuasaan Kerajaan Inggris, banyak sekali penduduk Irlandia Selatan yang bermigrasi ke Inggris. Salah satunya ialah kakek Harry Kane yang berasal dari barat Irlandia.

Ayah Harry Kane, Patrick, juga lahir di Irlandia, tepatnya di County Galway. Kane sempat mendapat panggilan untuk membela timnas Republik Irlandia di kelompok usia muda. Akan tetapi, striker andalan Tottenham Hotspur ini menolak dan lebih memilih untuk membela timnas Inggris sejak di tim U-17.

5. Michael Keane

5 Pemain Aktif Inggris yang Memiliki Keturunan Republik IrlandiaMichael Keane (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Michael Keane, bek yang saat ini membela Everton. Selain Jack Grealish dan Declan Rice, Michael Keane juga pernah membela tim muda timnas Republik Irlandia untuk usia 17 tahun dan 19 tahun.

Pada Mei 2012, Keane untuk pertama kalinya mendapatkan panggilan membela tim muda Inggris. Walaupun terhitung sudah jarang mendapatkan panggilan, ia masih tercatat sebagai bagian dari timnas Inggris dan telah mencatatkan dua belas caps.

Sama seperti beberapa negara besar lainnya, Inggris menjadi destinasi para pendatang dari berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Tidak mengherankan jika kebanyakan anggota timnas Inggris memiliki keturunan dari negara lain.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan Karibia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya