6 Pemain Aktif yang Pernah Juara UCL di Dua Tim Berbeda

Para juara Eropa!

Gelar juara Piala Dunia merupakan trofi yang paling diimpikan oleh setiap pesepak bola profesional. Namun di level klub, gelar juara UEFA Champions League merupakan trofi yang paling diinginkan oleh setiap pesepak bola, meskipun pesepak bola tersebut berasal dari luar Eropa.

Hal ini cukup beralasan karena Eropa telah dianggap sebagai tujuan besar bagi para pesepak bola dunia. Dan untuk mendapatkan gelar juara UEFA Champions League, jelas harus ada upaya ekstra.

Banyak pesepak bola yang telah memenangkan gelar juara UEFA Champions League beberapa kali. Namun tak banyak pesepak bola yang memenangkannya di tim berbeda. Lantas, siapa sajakah pemain aktif yang pernah menjarai UEFA Champions League di tim yang berbeda? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Gerard Pique

6 Pemain Aktif yang Pernah Juara UCL di Dua Tim BerbedaGerard Pique (sportmob.com)

Nama yang pertama ialah produk akademi La Masia yang saat ini menjadi bek utama Barcelona, Gerard Pique. Dalam kariernya di sepak bola, Pique telah berhasil mendapatkan 4 gelar juara UEFA Champions League.

Gelar pertama Ia dapatkan di tahun 2008 bersama Manchester United. Kala itu, Pique mencatatkan 3 penampilan dengan torehan 2 gol untuk United di UCL. Namun di masa tersebut, Pique bukanlah bek utama The Red Devils. Pasalnya posisi tersebut merupakan milik Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand.

Setelah berhasil meraih gelar UCL bersama United, Gerard Pique akhirnya kembali bersama Barcelona. Tidak butuh menunggu waktu lama, Pique kembali berhasil menjadi juara UCL bersama Barcelona tepatnya pada tahun 2009.

Setelah itu, gelar UCL tahun 2011 dan 2015 juga berhasil menjadi miliknya. Dan istimewanya lagi, ia punya peran penting bersama Barcelona sebagai bek tengah andalan mereka.

2. Cristiano Ronaldo

6 Pemain Aktif yang Pernah Juara UCL di Dua Tim BerbedaCristiano Ronaldo berhasil memenangi trofi Liga Champions bersama Real Madrid. (uefa.com)

Tidak ada lagi pihak yang meragukan Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa. 5 gelar Ballon D’Or sudah cukup untuk merepresentasikan kehebatannya.

Selain itu, Ronaldo juga punya 5 gelar juara UCL yang didapatkan kala ia membela Manchester United dan Real Madrid. Sama seperti Gerard Pique, Ronaldo juga mendapatkan gelar UCL pertamanya bersama Manchester United di tahun 2008.

Setelah hengkang ke Real Madrid, Ronaldo mendapatkan 4 trofi UCL lagi, tepatnya pada tahun 2014, 2016, 2017 dan 2018. Hebatnya, Ia punya andil besar di setiap gelar UCL yang ia punya.

Baca Juga: 9 Pemain Ini Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang Sama

3. Toni Kroos

6 Pemain Aktif yang Pernah Juara UCL di Dua Tim BerbedaToni Kroos (90min.com)

Saat ini, Toni Kroos merupakan andalan di lini tengah Real Madrid. Sejak pindah ke Real Madrid di tahun 2014, Toni Kroos punya andil besar dalam memberikan 2 gelar juara LaLiga dan 3 gelar juara UCL untuk tim berjuluk Los Blancos ini.

Sebelum bergabung dengan Real Madrid, Toni Kroos juga punya prestasi yang cukup mentereng bersama Bayern Munchen. Selama membela Die Bavaria, Toni Kroos juga berhasil memberikan gelar juara UCL, tepatnya pada tahun 2013.

Di masa tersebut, Kroos mencatatkan 9 penampilan dengan torehan 3 gol di ajang UEFA Champions League dan membantu Bayern Munchen meraih gelar kelimanya.

4. Xherdan Shaqiri

6 Pemain Aktif yang Pernah Juara UCL di Dua Tim BerbedaXherdan Shaqiri (goal.com/GettyImages)

Sama seperti Toni Kroos, Xherdan Shaqiri juga berhasil mendapatkan gelar juara UCL pertamanya saat Ia bermain untuk Bayern Munchen. Di ajang UCL 2013, Shaqiri berhasil mencatatkan 7 penampilan dengan torehan 1 gol dan 2 assists.

Setelah hengkang dari Bayern Munich di tahun 2014, Shaqiri sempat membela Inter Milan dan Stoke City. Namun, gelar juara UCL baru kembali berhasil Ia dapatkan kala ia membela Liverpool di ajang UCL 2019. Namun di masa ini, peran Shaqiri terasa lebih minor karena keberadaan Mo Salah dan Sadio Mane di posisi utama winger Liverpool.

5. Thiago Alcantara

6 Pemain Aktif yang Pernah Juara UCL di Dua Tim BerbedaThiago Alcantara (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Thiago Alcantara yang saat ini berseragam Liverpool. Thiago merupakan produk akademi La Masia yang membela Barcelona di tim utama dari tahun 2011 hingga 2013. Di masa tersebut, Thiago berhasil mendapatkan gelar juara UCL pertamanya, yakni di tahun 2011, meskipun hanya tampil dalam 1 laga.

Peran besarnya untuk mendapatkan gelar juara UCL akhirnya ia rasakan kala Thiago berhasil menjadi juara bersama Bayern Munchen di tahun 2020. Kala itu, Thiago merupakan pemain penting dan berhasil mencatatkan 10 penampilan di ajang UCL.

6. Mateo Kovacic

6 Pemain Aktif yang Pernah Juara UCL di Dua Tim BerbedaMateo Kovacic meraih 4 titel Liga Champions bersama dua tim berbeda (goal.com)

Sulit untuk mendeskripsikan peran besar Mateo Kovacic kala ia berseragam Real Madrid. Pasalnya, lini tengah Real Madrid memang telah didominasi oleh duet Toni Kroos dan Luka Modric sejak lama, sehingga Kovacic lebih sering datang dari bangku cadangan saja. Namun, saat Kovacic membela Real Madrid, ia bisa dikatakan cukup beruntung.

Karena selama tiga musim bersama Los Galacticos, Kovacic berhasil menjadi juara UCL sebanyak 3 kali. Setelah hengkang ke Chelsea di tahun 2019, barulah peran Kovacic kembali nampak dan kerap menjadi pemain penting.

Salah satu buktinya ialah saat ia berhasil membawa Chelsea juara UCL musim lalu setelah mengalahkan Manchester City di laga final. Di ajang UCL musim lalu, Kovacic berhasil menorehkan 10 laga dengan torehan 1 assist.

 

Itulah 6 pemain aktif yang pernah menjuarai UEFA Champions League di dua tim berbeda. Hingga saat ini, hanya Clarence Seedorf sajalah yang berhasil meraih 4 gelar juara UCL di 3 tim berbeda, yakni Ajax Amsterdam di tahun 1995, Real Madrid di tahun 1998, dan AC Milan di tahun 2003 dan 2007. Pertanyaannya, akankah ada nama lain yang berhasil menyamai prestasi gelandang legendaris Belanda ini?

Baca Juga: 5 Pelatih yang Sukses Juara Liga Champions Bersama Dua Klub Berbeda

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya