6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor Timnas

Bukti kualitas Serie A!

Sejak lama Serie A menjadi salah satu liga paling menarik di benua Eropa. Bahkan, kompetisi domestik Negeri Pizza ini termasuk sebagai salah satu dari lima liga top Eropa. Walaupun dalam kurun waktu dua dekade terakhir pamornya kalah oleh La Liga dan EPL, namun Serie A masih pantas untuk diikuti.

Bicara soal kualitas pemain, Serie A juga masih jadi yang terbaik. Bahkan 6 pemain aktif Serie A saat ini, tercatat sebagai top skor di tim nasionalnya masing-masing. Lantas, siapa sajakah pemain-pemain tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Zlatan Ibrahimovic

6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor TimnasZlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Nama yang pertama ialah striker veteran milik AC Milan, Zlatan Ibrahimovic. Pemain yang telah berusia 39 tahun ini merupakan top skor dari timnas Swedia dengan koleksi 62 gol dari 118 pertandingan di seluruh ajang.

Catatan ini terpaut cukup jauh dari pemain aktif lain, yakni Marcus Berg yang baru mengoleksi 24 gol saja. Selain catatan golnya yang luar biasa, Zlatan Ibrahimovic memang sangat pantas disebut sebagai pesepak bola Swedia terbaik sepanjang masa. Dua belas kali penghargaan pemain terbaik Swedia merupakan bukti mengapa Ia pantas menyandang gelar tersebut.

2. Edin Dzeko

6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor TimnasEdin Dzeko (repubblica.it)

Top skor sepanjang masa Bosnia & Herzegovina saat ini masih dipegang oleh kapten mereka, Edin Dzeko. Striker yang baru pindah ke Inter Milan ini telah mencetak 60 gol dari 116 pertandingan untuk Bosnia.

Sama seperti Zlatan, angka tersebut juga rasanya sulit untuk dikejar oleh pemain aktif lain. Pasalnya, Miralem Pjanic dan Edin Visca belum berhasil menembus angka 20 gol. Padahal, kedua nama tersebut menjadi pemain aktif Bosnia Herzegovina yang memiliki urutan terdekat dari Edin Dzeko dalam urusan ini.

Baca Juga: 9 Pemain Dunia Ini Pernah Jadi Top Skor Sepak Bola Olimpiade

3. Alexis Sanchez

6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor TimnasAlexis Sanchez (goal.com)

Nama Marcelo Salas dan Ivan Zamorano mungkin menjadi nama yang paling ikonik di Chile. Namun untuk urusan torehan gol, Alexis Sanchez adalah pemuncaknya. Kini, winger milik Inter Milan ini telah mencetak 46 gol dari 139 pertandingan untuk timnas Chile.

Angka tersebut juga terhitung ke dalam kontribusinya saat membawa timnas Chile juara 2 kali Copa America. Walaupun telah menjadi pemuncak top skor Chile sejak lama, namun Alexis Sanchez perlu waspada karena Eduardo Vargas kini membuntutinya dengan torehan 40 gol.

4. Goran Pandev

6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor TimnasGoran Pandev (theathletic.com)

Di Makedonia Utara, gelar top skor sepanjang masa timnas masih dimiliki oleh Goran Pandev. Striker Genoa ini telah mencetak 31 gol dari 114 pertandingan untuk Makedonia Utara. Angka ini sebenarnya tidak akan bertambah, karena Pandev telah memutuskan untuk pensiun dari timnas pasca berakhirnya Piala Eropa 2020.

Torehan Pandev ini menjadi yang paling mungkin disalip ketimbang nama lainnya dalam daftar ini. Pasalnya, torehan 31 gol Pandev hanya terpaut 13 gol saja dari torehan Aleksandar Trajkoovski yang saat ini baru berumur 29 tahun dan masih aktif bermain untuk timnas.

5. Henrikh Mkhitaryan

6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor TimnasHenrikh Mkhitaryan (football.london)

Tak ada yang mengalahkan popularitas seorang Henrikh Mkhitaryan dalam dunia sepak bola Armenia. Hal ini sangat beralasan, karena Mkhitaryan menjadi satu-satunya pesepak bola aktif Armenia yang bermain untuk tim besar di liga top Eropa dan telah meraih 10 kali penghargaan pemain terbaik Armenia.

Gelandang serang AS Roma ini juga tercatat sebagai top skor timnas Armenia sepanjang masa. Sejauh ini, Mkhitaryan telah mencetak 31 gol dari 91 pertandingan dan terpaut cukup jauh dari seniornya, Gevorg Ghzaryan yang baru mencetak 14 gol.

6. Vedat Muriqi

6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor TimnasVedat Muriqi (90min.com)

Nama yang terakhir datang dari salah satu negara berdaulat termuda di dunia, yakni Kosovo. Negara yang merdeka di tahun 2008 ini baru melakukan pertandingan sepak bola resminya pada tahun 2014. Sehingga tak heran, jika torehan gol dari top skor negara ini masih sangat sedikit.

Dan hingga sejauh ini striker Lazio, Vedat Muriqi, menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak untuk negara Kosovo. Ia telah mencetak 17 gol dari 33 pertandingan untuk negara pecahan dari Yugoslavia ini. Angka tersebut berpotensi akan terus bertambah banyak, mengingat umur Muriqi yang baru menginjak 27 tahun dan masih dalam top perform-nya.

 

Itulah 6 pemain aktif Serie A yang menjadi top skor di negaranya masing-masing. Dengan bukti yang ada, Serie A memang masih bisa disebut yang terbaik di Eropa. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Pemain Piala Eropa 2020 yang Jadi Top Skor Sepanjang Masa Timnas

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya