5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 5 sebelum Thomas Partey

Menurutmu, siapa yang terbaik?

Sebagai pemain yang diboyong cukup mahal dari Atletico Madrid, kualitas Thomas Partey di lini tengah Arsenal sudah cukup terbukti. Meski belum berada di level teratas, kontribusinya cukup terasa. Musim ini merupakan musim kedua bagi Partey berada di Arsenal.

Saat pertama kali bergabung dengan The Gunners, ia mengambil nomor 18 sebagai nomor punggung yang ia gunakan. Pada musim ini, nomor 5 yang merupakan nomor favoritnya di Timnas Ghana akhirnya ia pilih untuk digunakan di Arsenal.

Jika dibandingkan dengan pengguna nomor punggung 5 lain di Arsenal, Thomas Partey masih belum berada di level tertinggi. Siapa saja pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 5 Arsenal? Berikut kami sajikan ulasan mengenai performa 5 nama terakhir yang memakai nomor ini.

1. Martin Keown

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 5 sebelum Thomas ParteyMartin Keown (skysports.com)

Jauh sebelum Thomas Partey menggunakannya, nomor punggung 5 di Arsenal pernah digunakan oleh Martin Keown. Selama berada di Arsenal, Keown kerap kali bergonta-ganti nomor punggung. Ia pernah menggunakan nomor 14, 4, 7, 6, 12, dan 5.

Di antara deretan nomor tersebut, nomor punggung 5 merupakan yang paling sering Keown gunakan. Keown telah dianggap sebagai legenda besar di Arsenal berkat penampilan hebatnya. Selama 12 musim membela Arsenal, Keown sukses mencatatkan 418 penampilan dan mempersembahkan 10 gelar juara dari 3 kompetisi domestik Liga Inggris.

2. Kolo Toure

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 5 sebelum Thomas Parteypotret Kolo Toure (skysports.com)

Sama seperti Martin Keown, Kolo Toure juga telah dianggap sebagai seorang legenda oleh fans Arsenal. Selama tujuh musim membela Arsenal, Kolo Toure lebih dikenal saat menggunakan nomor punggung 28 ketimbang nomor punggung 5.

Hal tersebut cukup beralasan karena Kolo menggunakan nomor punggung 28 saat ia memberikan banyak gelar juara untuk Arsenal. Nomor punggung 5 baru Kolo gunakan saat ia menjalani 3 musim terakhirnya di antara musim 2006/2007 hingga 2008/2009.

Baca Juga: 6 Eks Arsenal asal Spanyol yang Masih Aktif di Liga Top Eropa

3. Thomas Vermaelen

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 5 sebelum Thomas Parteypotret Thomas Vermaelen (arsenal.com)

Nama selanjutnya ialah Thomas Vermaelen. Bek asal Belgia ini dididatangkan Arsenal dari Ajax Amsterdam pada awal musim 2009/2010. Vermaelen langsung menggunakan nomor punggung 5 yang ditinggalkan Kolo Toure.

Vermaelen memiliki performa yang sangat baik ketika membela Arsenal. Ia dikenal sebagai bek tangguh dan sering menyumbangkan gol. Total ada 15 gol dan 6 assists yang disumbangkan Vermanelen untuk Arsenal dalam 150 laga yang dimainkan selama empat musim.

4. Gabriel Paulista

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 5 sebelum Thomas ParteyGabriel Paulista (skysports.com)

Nomor punggung 5 memang erat kaitannya dengan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Gabriel Paulista yang jadi nama selanjutnya dalam daftar ini juga menggunakan nomor punggung 5 saat 2,5 musim membela Arsenal.

Paulista didatangkan dari Villarreal pada paruh kedua musim 2014/2015. Meski tak sering bermain dengan waktu 90 menit, Gabriel Paulista masih terhitung sering bermain untuk Arsenal. Ia mencatatkan 64 penampilan dengan kontribusi 1 gol dan 1 assist.

5. Sokratis Papastathopoulos  

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 5 sebelum Thomas ParteySokratis Papastathopoulos (skysports.com)

Sokratis Papastathopoulos menjadi pemain terakhir yang menggunakan nomor punggung 5 Arsenal sebelum Thomas Partey. Bek berkebangsaan Yunani ini diboyong dari Borussia Dortmund pada tahun 2018. Selama berseragam Arsenal, Sokratis tampil cukup baik walaupun sering jadi kambing hitam.

Pasalnya, Sokratis sering kali melakukan blunder fatal yang membuat Arsenal kebobolan dan sering kali berakhir dengan hasil yang kurang memuaskan. Selama 2,5 musim membela Arsenal, Sokratis mencatatkan 69 pertandingan dengan kontribusi 6 gol dan 2 assists sebagai bek tengah.

 

Sejauh ini Thomas Partey tampil sangat baik di pos gelandang bertahan Arsenal. Akan tetapi, Partey sering kali absen karena cedera yang ia derita. Jika cedera tersebut membuat penampilannya menurun, posisi gelandang bertahan Arsenal mungkin akan terus jadi miliki Granit Xhaka ataupun Mohamed Elneny.

Baca Juga: 5 Kekalahan Terburuk Arsenal di Premier League Musim 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya