5 Pemain Asal Belanda yang Membela Klub LaLiga Musim 2020/2021

Total football di negeri matador

Bicara soal sepak bola Eropa, Belanda adalah salah satu tempatnya. Setiap tahun generasi muda asal Negeri Kincir Angin ini selalu bermunculan dengan bakat dan skill yang mumpuni.

Walaupun selalu sial di turnamen mayor, pengaruh total football Belanda di Euro 1988 memanglah mendunia. Meskipun Eredivisie tidak sehebat dan tidak setenar liga top lain, seperti Premier League, LaLiga, Bundesliga, ataupun Serie A, Belanda merupakan salah satu pengekspor terbanyak pemain berkualitas di 4 liga top Eropa tersebut.

Di musim ini saja setidaknya ada 5 pesepak bola berkebangsaan Belanda yang merumput bersama tim di La Liga. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Jasper Cillessen

5 Pemain Asal Belanda yang Membela Klub LaLiga Musim 2020/2021getfootballnewsspain.com

Musim ini menjadi musim ke-5 dari kiper utama tim nasional Belanda, Jasper Cillessen, berkarier di LaLiga. Cilessen pertama kali datang ke LaLiga pada bulan Agustus 2016 untuk bergabung dengan Barcelona dari Ajax Amsterdam. Namun, ia kalah saing dari Marc-Andre Ter Stegen yang berhasil tampil hebat dan konsisten.

Pada tahun 2019, Cillessen pindah ke Valencia dengan banderol sebesar 35 juta euro atau setara dengan Rp601 miliar. Di waktu yang sama Barcelona juga membeli kiper Valencia, Neto, untuk menggantikan posisi dari Cillessen yang pindah ke Valencia.

Di musim pertamanya bersama Valencia, Cillessen memang sering dipilih sebagai pemain utama. Namun sayang, di musim ini ia harus tergeser oleh Jaume Domenech yang tampil semakin baik. Hingga kini Cillessen baru tampil sebanyak 4 kali di LaLiga dengan catatan 1 clean sheet.

2. Frenkie de Jong

5 Pemain Asal Belanda yang Membela Klub LaLiga Musim 2020/2021irishmirror.ie/Reuters

Playmaker andalan tim nasional Belanda, Frenkie de Jong, juga bermain di kompetisi La Liga bersama Barcelona. Setelah tampil luar biasa pada musim 2018/2019 bersama Ajax, Barcelona memberanikan diri untuk memboyong Frenkie dengan banderol sebesar 86 juta euro atau yang setara dengan Rp1,47 triliyun pada bulan Juli 2019.

Sejak musim lalu, Frenkie sudah dipercaya menjadi pengatur alur permainan di skuad Blaugrana. Di bawah arahan Ronald Koeman di musim ini, Frenkie semakin mendapatkan tempat dan telah berhasil tampil sebanyak 40 kali di semua ajang dengan torehan 6 gol dan 6 assists.

Baca Juga: 10 Potret Frenkie de Jong, Gelandang Muda Andalan Barcelona

3. Luuk de Jong

5 Pemain Asal Belanda yang Membela Klub LaLiga Musim 2020/2021sevillafc.es

Sama seperti Frenkie de Jong, Luuk de Jong juga pertama kali datang ke LaLiga pada tahun 2019. Penyerang utama tim nasional Belanda ini didatangkan dari PSV Eindhoven oleh Sevilla dengan mahar sebesar 12,5 juta euro atau sekitar Rp214 miliar.

Luuk de Jong selalu mempunyai tempat di lini serang tim asal Andalusia ini hingga sekarang. Di musim lalu, ia berhasil tampil sebanyak 46 kali dengan sumbangan 10 gol dan 4 assists, sekaligus berhasil mempersembahkan trofi Europa League ke-6 bagi Sevilla.

4. Karim Rekik

5 Pemain Asal Belanda yang Membela Klub LaLiga Musim 2020/2021estadiodeportivo.com

Rekan setim Luuk de Jong di Timnas Belanda dan Sevilla, Karim Rekik, menjadi nama berikutnya dalam daftar ini. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini baru didatangkan pada awal musim ini oleh Sevilla dari tim Bundesliga, Hertha Berlin dengan biaya 2 juta euro atau yang setara dengan Rp34,3 miliar.

Namun, tidak seperti Luuk de Jong, Karim Rekik justru hanya dijadikan pelapis dari benteng kuat Sevilla yang sudah dihuni oleh Diego Carlos dan Jules Kounde. Hingga jornada ke-27, Rekik baru tampil sebanyak 9 kali.

5. Bobby Adekanye

5 Pemain Asal Belanda yang Membela Klub LaLiga Musim 2020/2021cadizcf.com

Nama yang terakhir ini adalah produk akademi Liverpool yang dilepas ke Lazio pada tahun 2019, yakni Bobby Adekanye. Karena sulitnya menembus tim utama di Lazio, akhirnya Bobby dipinjamkan ke klub lain. Musim ini Ia dipinjamkan ke klub promosi LaLiga, Cadiz CF.

Bersama Cadiz, Bobby baru tampil sebanyak 5 kali dengan jumlah 152 menit bermain. Namun, dalam klausul peminjaman Bobby Adekanye ke Cadiz, hanya tercantum kontrak 6 bulan peminjaman sehingga di paruh kedua musim ini Bobby kembali dipinjamkan ke klub lain, yakni ADO Den Haag di Eredivisie.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Belanda yang musim ini bermain di LaLiga. Dengan kualitas dan bakat yang selalu lahir setiap tahunnya, Belanda selalu setia menjadi salah satu pengekspor terbaik para pemain hebat bagi tim-tim top Eropa. Apakah Eredivisie akan bisa setara dengan 5 liga top Eropa ataukah hanya diam di tempat? Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Eredivisie Belanda, Siapa Memimpin?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya