Comscore Tracker

5 Pemain Barcelona yang Menggunakan Nomor Punggung 10 sebelum Messi

Nomor 10 yang sangat identik dengan Messi

Sejak musim panas tahun 2008, untuk pertama kalinya Lionel Messi resmi mengganti nomor punggungnya. Tidak dimungkiri lagi bahwa Lionel Messi sangat identik dengan nomor punggung 10 di Barcelona. Padahal, sebelumnya ia sempat menggunakan nomor punggung 30 dan 19.

Kontribusi hebat dan penampilannya yang impresif menjadikan nomor punggung 10 di Barcelona memang sangatlah lekat dengan Messi. Sebelum Messi, terdapat banyak sekali pemain top yang menggunakan nomor ini. Romario, Diego Maradona, hingga Ronaldinho juga pernah menggunakannya.

Lantas, siapa saja pemain yang menggunakan nomor punggung 10 sebelum Lionel Messi? Berikut kami sajikan 5 pemain Barcelona terakhir yang pernah menggunakan nomor punggung 10 sebelum Lionel Messi. Check this out!

1. Angel Cuellar 

5 Pemain Barcelona yang Menggunakan Nomor Punggung 10 sebelum Messim-api.allfootballapp.com

Mungkin jarang ada yang mengetahui bahwa nomor punggung 10 Barcelona pernah digunakan oleh seorang pemain bernama Angel Cuellar. Ia merupakan pemain berkebangsaan Spanyol yang berposisi sebagai penyerang. Penampilannya sebelum bergabung dengan Barcelona memang sangat mentereng.

Kala itu Cuellar diboyong dari Real Betis dengan banderol sebesar 3 juta euro atau sekitar Rp51,2 miliar pada bulan Juli 1995. Namun, kariernya di Barcelona tidak sementereng kala membela Real Betis. Dalam 2 musim, Cuellar hanya sanggup mencetak 2 gol dan 3 assist dari 28 pertandingan sebelum kembali lagi ke Real Betis pada 1997.

2.Giovanni Silva

5 Pemain Barcelona yang Menggunakan Nomor Punggung 10 sebelum Messiocuriosodofutebol.com.br

Giovanni Silva merupakan striker berkebangsaan Brazil yang didatangkan Barcelona pada bulan Juli 1996 dari Santos. Sebelum Angel Cuellar kembali ke Real Betis tahun 1997, nomor punggung 10 miliknya sebenarnya telah mulai digunakan oleh Giovanni.

Selama berseragam Blaugrana, penampilan Giovanni bisa dibilang cukup baik. Ia berhasil mencatatkan 35 gol dan 9 assist dari 107 pertandingan serta berhasil mempersembahkan 2 gelar juara LaLiga dan 2 gelar Copa Del Rey selama 3 musim membela Barcelona. Pada tahun 1999, Giovanni Silva hengkang ke klub Yunani, Olympiacos Piraeus, dengan biaya 12 juta euro atau sekitar dengan Rp205 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Memakai Nomor Punggung 10 Sebelum Paulo Dybala

3. Rivaldo

5 Pemain Barcelona yang Menggunakan Nomor Punggung 10 sebelum Messibesoccer.com

Pada bulan Juli 1997, Barcelona mendatangkan pemain berkebangsaan Brazil lain, yakni Rivaldo dari Deportivo La Coruna dengan biaya 23,5 juta euro Rp401 miliar. Namun, saat Rivaldo datang, ia tidak langsung menggunakan nomor punggung 10.

Rivaldo menggunakan nomor punggung 11 karena nomor punggung 10 Barcelona kala itu masih digunakan oleh Giovanni. Saat Giovanni hengkang, Rivaldo mulai menggunakannya pada musim 2000/2001. Bicara soal torehan gol, Rivaldo juga lebih unggul ketimbang Giovanni.

Selama 5 musim membela Barcelona, Rivaldo mengemas 69 gol dan 22 assist dari 144 pertandingan. Pada bursa transfer musim panas tahun 2002, Rivaldo hengkang ke AC Milan dengan status free transfer.

4. Juan Roman Riquelme

5 Pemain Barcelona yang Menggunakan Nomor Punggung 10 sebelum Messi90min.com

Senior dan mentor Lionel Messi di Timnas Argentina, Juan Roman Riquelme, juga pernah menggunakan nomor punggung 10 Barcelona. Kala itu Riquelme didatangkan dari Boca Juniors pada bulan Agustus 2003 untuk menggantikan peran Rivaldo di posisi gelandang serang.

Namun, karena gaya permainan Riquelme yang cenderung santai dan jarang mengejar bola, Louis van Gaal, pelatih Barcelona saat itu, tidak menyukai cara bermainnya. Hal tersebut tentu berpengaruh pada karier Riquelme di Barcelona. Di tahun keduanya bersama Barcelona, Riquelme dipinjamkan ke Villarreal. Ia dipermanenkan Villarreal di musim selanjutnya.

5. Ronaldinho

5 Pemain Barcelona yang Menggunakan Nomor Punggung 10 sebelum Messigoal.com/GettyImages

Sebelum Messi menggunakan nomor punggung 10, ia juga sempat menggunakan nomor punggung 30 dan 19 dalam jangka waktu yang lama. Hal itu disebabkan nomor punggung 10 adalah milik seorang Ronaldinho.

Pada tahun 2003, Barcelona memboyong Ronaldinhho dari Paris Saint-Germain dengan banderol 32 juta euro atau sekitar Rp547 miliar. Uang besar yang dikeluarkan Barcelona untuk Ronaldinho tidak sia-sia. Ronaldinho merupakan salah satu aktor utama keberhasilan Barcelona meraih 2 gelar juara LaLiga dan gelar juara Liga Champions 2006.

Selama 5 musim berseragam Los Cules, Ronaldinho mengemas 94 gol dan 71 assists dari 207 pertandingan. Pada tahun 2008 Ronaldiho dijual ke AC Milan dan nomor punggung 10-nya digunakan oleh Lionel Messi hingga saat ini.

 

Itulah 5 pemain Barcelona yang pernah memakai nomor punggung 10 sebelum Lionel Messi. Dengan kontribusi dan kehebatannya, apakah Lionel Messi layak disebut sebagai pemain terbaik yang menggunakan nomor punggung 10 di Barcelona?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Terkenal dengan Nomor Punggung Teraneh, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya