Comscore Tracker

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Borussia Dortmund

Deretan nama-nama besar

Dekatnya letak geografis antara Belgia dan Jerman menjadi salah satu alasan mengapa banyak pesepak bola Belgia yang berkarier di Bundesliga, terutama sejak meningkatnya kualitas sepak bola Belgia melalui generasi yang disebut the golden generation.

Sejak hadirnya the golden generation, semakin banyak tim-tim Bundesliga yang akhirnya merekrut pemain dari Belgia. Begitu juga Borussia Dortmund yang baru mencoba mendatangkan pesepak bola Belgia pada tahun 2015.

Kini total sudah ada 5 pemain berkebangsaan Belgia yang pernah berseragam Die Borussen. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Adnan Januzaj

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Borussia Dortmundexpress.co.uk/Getty Images

Mantan wonderkid Manchester United, Adnan Januzaj, menjadi pemain berkebangsaan Belgia pertama yang memperkuat Borussia Dortmund. Pada awal musim 2015/2016, Januzaj datang ke Signal Iduna Park dengan status pinjaman dari Manchester United.

Tujuan dipinjamkannya Januzaj ke Borussia Dortmund adalah untuk mengembalikan performanya yang hilang kala tampil buruk bersama Manchester United di musim 2014/2015. Namun, sayangnya saat dipinjamkan ke Die Borussen, Januzaj hanya dimainkan sebanyak 12 kali tanpa sekali pun mencetak gol.

2. Michy Batshauyi

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Borussia DortmundGoal.com

Sama seperti Adnan Januzaj, Michy Batshuayi juga datang ke Borussia Dortmund dengan status pinjaman. Pada bulan Januari 2018, Batshuayi dipinjamkan oleh Chelsea ke Borussia Dortmund dengan durasi setengah musim.

Berbeda dengan Januzaj yang tampil mengecewakan kala bersama Borussia Dortmund, Batshuayi justru tampil gemilang di masa pinjamannya yang cukup singkat tersebut. Dalam 14 laga, Batshuayi mampu mencetak 9 gol dan 1 assists sebelum akhirnya kembali ke Chelsea pada bulan Juni 2018.

Baca Juga: Batshuayi Lakukan Selebrasi Konyol Saat Belgia Taklukkan Inggris

3. Axel Witsel

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Borussia Dortmundgoal.com/Getty Images

Setelah sempat berkelana ke Chinese Super League untuk bermain bersama Tianjin Tianhai, Axel Witsel akhirnya kembali ke Eropa pada bulan Agustus 2018 untuk membela Borussia Dortmund. Gelandang bertahan yang identik dengan rambut afronya ini dibeli seharga 20 juta euro atau sekitar Rp347 miliar.

Hingga saat ini Axel Witsel masih bermain dan menjadi andalan di lini tengah Borussia Dortmund. Namun sayang, kariernya di musim ini harus terganggu karena ia mengalami cedera pecah tendon achilles yang mengharuskannya menepi selama 5 bulan.

4. Thorgan Hazard 

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Borussia Dortmundsempreinter.com

Adik dari Eden Hazard, Thorgan Hazard, juga menjadi pemain Belgia yang musim ini masih membela Borussia Dortmund. Penampilan gemilangnya bersama Borussia Mochengladbach membuat Lucien Favre akhirnya kepincut untuk merekrutnya.

Thorgan diboyong dengan banderol sebesar 25,5 juta uero atau sekitar Rp443 miliar pada awal musim lalu. Di musim tersebut, Thorgan berhasil menorehkan 7 gol dan 13 assists dari 33 pertandingan.

Sama seperti Witsel, perjalanan karier Thorgan di musim ini agak sedikit terganggu. Ia telah mengalami cedera sebanyak 3 kali dan membuatnya harus absen hingga 19 laga musim ini.

5. Thomas Meunier 

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Borussia Dortmundlesoir.be

Bek andalan Timnas Belgia, Thomas Meunier, menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Setelah kontraknya habis bersama Paris Saint Germain, Thomas Meunier akhirnya bergabung dengan Borussia Dortmund pada awal musim ini.

Penampilan Meunier di musim ini cukup menjanjikan. Hingga saat ini Meunier telah memainkan 29 laga dan menjadi andalan di posisi bek kanan skuad Die Borussen. Menarik untuk ditunggu apakah Meunier akan bertahan lama bersama Borussia Dortmund atau ia hanya singgah sebelum akhirnya bergabung ke tim yang lebih besar.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Belgia yang pernah membela Borussia Dortmund. Musim ini ada 3 pemain berkebangsaan Belgia yang berada di skuad Borussia Dortmund. Menurutmu, apakah ketiga pemain ini mempunyai pengaruh yang besar bagi tim?

Baca Juga: 5 Pemain Berkebangsaan Prancis yang Pernah Membela Borussia Dortmund

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya