Comscore Tracker

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Manchester City

Penerus estafet Belgia di kota Manchester

Berbicara soal pencapaian Manchester City dalam beberapa tahun terakhir, kita akan berbicara tentang efektivitas penyerangan mereka. Banyaknya gol yang berhasil mereka ciptakan merupakan andil besar dari seorang Kevin De Bruyne yang punya visi tinggi dan umpat yang akurat.

Kevin De Bruyne merupakan salah satu bakat terbaik dari generasi emas yang berhasil dihasilkan oleh Timnas Belgia. Manchester City merupakan klub yang beruntung bisa menggunakan jasanya.

Namun, tidak hanya De Bruyne saja pesepak bola berkebangsaan Belgia yang pernah berseragam biru langit Kota Manchester ini. Setidaknya, ada 5 pemain berkebangsaan Belgia yang pernah membela Manchester City sejak pertama kali didirikan pada tahun 1880. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar lengkapnya, check this out!

1. Daniel van Buyten

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Manchester Citymanchestereveningnews.co.uk/GettyImages

Pemain berkebangsaan Belgia pertama yang menjadi bagian dari skuad Manchester City adalah Daniel van Buyten. Sebelum terkenal sebagai bek tangguh kala bermain bersama Bayern Munchen, van Buyten pernah mencicipi atmosfer Premier League dengan bergabung dengan Manchester City tahun 2004.

Kala itu van Buyten didatangkan dari Marseille dengan status pemain pinjaman yang berdurasi setengah musim. Dalam kurun waktu tersebut, van Buyten hanya bisa tampil sebanyak 6 kali sebelum akhirnya dikembalikan lagi ke Marseille dan dilepas ke Hamburg secara permanen di tahun yang sama.

Baca Juga: 5 Pemain Top Argentina yang Pernah Merumput Bersama Manchester City

2. Emile Mpenza

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Manchester Citymirror.co.uk/GettyImages

Nama berikutnya adalah mantan striker Timnas Belgia keturunan Republik Demokratik Kongo, Emile Mpenza. Setelah kontraknya habis bersama klub Qatar Stars League, Al-Rayyan SC, pada awal tahun 2007, Emile Mpenza direkrut oleh Manchester City dengan status free transfer.

Bersama klub berjuluk The Sky Blues ini Mpenza hanya bermain 1,5 musim dengan torehan 6 gol dan 3 assists dari 28 pertandingan. Pada bulan Agustus 2008, Mpenza akhirnya dilepas ke Plymouth Argyle yang kala itu berlaga di Championship.

3. Vincent Kompany

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Manchester Citythekoptimes.com

Vincent Kompany memang dikenal sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester City. Kompany didatangkan pada bulan Agustus tahun 2008 sebelum Sheikh Mansour bin Zayed mengakuisisi Manchester City dari Thaksin Sinawatra.

Saat banyak pemain yang keluar-masuk klub, Vincent Kompany menjadi salah satu pemain yang terus dipertahankan dan setia bersama Manchester City. Selama beberapa tahun berseragam Manchester City, Kompany juga dipercaya untuk menjadi kapten tim karena dinilai sebagai pemain yang berpengalaman dan punya kebijaksanaan dalam memimpin.

Banyak gelar yang berhasil ia berikan selama 11 tahun bermain untuk Manchester City. 4 gelar juara Premier League dan 2 gelar juara Piala FA adalah beberapa di antaranya. Setelah berhasil membawa Manchester City menjuarai Premier League musim 2018/2019, Vincent Kompany akhirnya memutuskan untuk kembali ke klub pertamanya, Anderlecht, dengan status free transfer.

4. Dedryck Boyata

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Manchester Citymanchestereveningnews.co.uk

Kapten Hertha Berlin musim ini, Dedryck Boyata, juga pernah membela Manchester City. Boyata merupakan produk asli akademi Manchester City. Pada tahun 2010, Boyata dipromosikan ke tim utama untuk menjadi pelapis dari Vincent Kompany, Kolo Toure, dan Joleon Lescott di lini pertahanan The Citizens.

Di usianya yang sangat muda dan minim pengalaman kala itu, Dedrick Boyata lebih banyak dipinjamkan ke tim lain daripada bermain di skuad utama Manchester City. Selama 5 tahun berada di tim utama City, Boyata hanya tampil sebanyak 23 kali dan kebanyakan dari bangku cadangan. Akhirnya Boyata dilepas ke Glasgow Celtic dengan banderol 2 juta euro atau setara dengan Rp34,2 miliar pada pertengahan tahun 2015.

5. Kevin De Bruyne

5 Pemain Berkebangsaan Belgia yang Pernah Membela Manchester Cityskysports.com

Setelah tampil impresif bersama VFL Wolsburg di musim 2014/2015, Kevin De Bruyne akhirnya diboyong oleh Manchester City dengan banderol yang sangat mahal, yakni 76 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliyun pada bulan Agustus 2015.

Beruntung bagi Manchester City, uang besar yang mereka keluarkan untuk memboyong Kevin De Bruyne ternyata berbuah manis. Kini De Bruyne dikenal sebagai salah satu playmaker terbaik dunia yang punya umpan akurat dan juga punya insting gol hebat.

Kontribusi besar yang selalu ia berikan di setiap pertandingan yang dimainkan Manchester City adalah bukti dari kehebatannya. Hingga sejauh ini De Bruyne telah mengemas 64 gol dan 105 assists dalam 253 pertandingan selama membela Manchester City sejak tahun 2015.

 

Itulah 5 pemain Belgia yang pernah membela Manchester City. Dari deretan nama tersebut, hanya tersisa Kevin De Bruyne di skuad The Cityzens saat ini. Menurutmu, apakah akan ada lagi pemain Belgia yang akan direkrut Manchester City? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela KRC Genk, Ada De Bruyne!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya