6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpool

Akankah Diogo Jota menjadi yang terbaik?

Perlu diakui, memang Liverpool tidak terlalu mempunyai hubungan yang erat dengan para pesepak bola Portugal. Tidak seperti para pemain dari Spanyol ataupun Brazil yang selalu punya cerita indah semasa berseragam The Reds, para pemain berkebangsaan Portugal kebanyakan punya cerita buruk kala berlaga di Anfield.

Dan di musim ini, ada Diogo Jota yang sejauh ini berhasil tampil cemerlang dan berhasil menjadi salah satu pemain andalan Jurgen Klopp di lini depan Liverpool. Hingga sejauh ini, sudah ada 6 pemain berkebangsaan Portugal yang pernah berseragam Liverpool termasuk Jota.

Lantas, siapa sajakah keenam pemain tersebut? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Abel Xavier

6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpoolfourfourtwo.com

Bek sayap yang dikenal mempunyai gaya rambut nyentrik, Abel Xavier, menjadi pemain berkebangsaan Portugal pertama yang menicicipi atmosfer Anfield. Pada bulan Januari tahun 2002, Xavier menyebrang dari Everton untuk bergabung dengan rival sekota mereka, Liverpool dengan banderol sebesar 1,2 juta euro atau setara dengan Rp20,4 miliar.

Bersama The Reds, Xavier hanya bermain sebanyak 21 kali dengan sumbangan 2 gol dan 2 assists dalam 2 tahun membela Liverpool. Xavier juga sempat dipinjamkan oleh Liverpool ke Galatasaray selama setengah musim di tahun 2003. Pada awal tahun 2004, Abel Xavier akhirnya dilepas ke Hannover dengan status free transfer.

2. Raul Meireles

6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpoolwatfordobserver.co.uk

Penampilan hebatnya selama bermain bersama FC Porto, membuat Roy Hodgson yang kala itu baru ditunjuk sebagai pelatih Liverpool kepincut untuk merekrutnya. Pemain yang dikenal dengan gaya rambut mohawk ini diboyong dengan harga 13 juta euro atau senilai Rp221 miliar pada bulan Agustus 2010.

Secara penampilan, Meireles memang tampil sangat memuaskan bersama Liverpool. Ia selalu menjadi pemain andalan Hodgson di lini tengah Liverpool.

Namun, penampilan ciamiknya tersebut juga menarik perhatian Chelsea. Setahun berselang, Raul Meireles akhirnya dilepas oleh Liverpool ke Chelsea pada bulan Agustus 2011.

Baca Juga: 10 Top Skor Liverpool Sepanjang Masa, Ada Dua Pemain yang Masih Aktif!

3. Tiago Ilori

6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpoolliverpoolfc.com

Nama berikutnya ada Tiago Ilori yang direkrut Liverpool dari Sporting Lisbon pada tahun 2013. Kala itu pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini diboyong dengan banderol 7,5 juta euro atau senilai Rp127,9 miliar di umurnya yang baru menginjak 20 tahun.

Tiago Ilori sangat diharapkan bisa menjadi bek masa depan Liverpool yang mempunyai prospek cerah di masa depan. Namun sulitnya menembus tim utama Liverpool, membuat ekspektasi tersebut berubah. Ilori lebih sering dipinjamkan ketimbang dimainkan di skuad utama.

Dan akhirnya pada transfer musim dingin 2017, Ilori dilepas ke Reading dengan banderol sebesar 4,3 juta euro atau setara dengan Rp73,3 miliar guna menyelamatkan kariernya.

4. Joao Carlos Teixeira

6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpoolempireofthekop.com

Sama halnya dengan Raul Meireles, Joao Carlos Teixiera juga berposisi sebagai gelandang tengah. Teixiera direkrut saat masih berstatus sebagai bagian dari skuad U19 Sporting Lisbon. Kala itu Ia dibeli seharga 1,2 juta euro atau setara dengan Rp.20,4 miliar dan ditempatkan di tim U23 Liverpool.

Untuk menambah jam terbang, Teixiera juga sempat dipinjamkan 2 kali ke klub Championship, yakni Brentford dan Brighton Hove Albion. Penampilannya kala membela tim muda dan Brighton Hove Albion membuat manajemen yakin bahwa Teixeira bisa menjadi penerus dari Steven Gerrard yang kala itu semakin menua.

Namun kala dipromosikan ke tim utama, penampilan Teixeira justru tidak berkembang dan cenderung stagnan. Akhirnya pada tahun 2016, Teixeira menolak untuk perpanjangan kontrak dan memilih untuk hijrah ke FC Porto.

5. Rafael Camacho

6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpoolliverpoolfc.com

Rafael Camacho merupakan penyerang sayap asal Portugal yang pernah membela Liverpool selama dua musim. Rafael Camacho juga merupakan produk asli akademi Liverpool yang baru dipromosikan pada musim 2018/2019.

Lagi-lagi, sulitnya menembus tim utama adalah masalah terbesar bagi para pemain muda yang membela tim-tim besar seperti Liverpool. Camacho hanya tampil sebanyak 2 kali bersama tim utama Liverpool, sebelum akhirnya hengkang ke Sporting Lisbon di tahun 2019.

5. Diogo Jota

6 Pemain Berkebangsaan Portugal yang Pernah Membela Liverpoolblazetrends.com

Satu-satunya pemain berkebangsaan Portugal yang masih aktif bermain bersama Liverpool di musim ini ialah Diogo Jota. Di awal musim, secara mengejutkan Liverpool mendatangkan Diogo Jota dari Wolverhampton Wanderers dengan banderol sebesar 45 juta euro atau setara dengan Rp767 miliar.

Walaupun didatangkan untuk menjadi pelapis dari trio penyerang Liverpool, namun Diogo Jota malah tampil melebihi ekspektasi. Jota malah sering tampil sebagai pemain kunci yang bisa memecahkan kebuntuan.

Total 10 gol dan 1 asissts berhasil Jota berikan hingga sejauh ini. Menarik untuk ditunggu bagaimana perkembangan Jota kedepannya.

 

Itulah 6 pemain berkebangsaan Portugal yang pernah membela Liverpool. Dengan rasio gol yang cukup tinggi, semoga saja dapat bersinar dan bisa memberikan lebih banyak gelar bagi klub berjuluk The Reds ini.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Liverpool dalam Sedekade Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya