8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024

Salah satu penyumbang pemain terbanyak #EURO2024

Intinya Sih...

  • Borussia Dortmund menjadi runner-up Liga Champions Eropa 2023/2024, mengantarkan delapan pemain dipanggil untuk Euro 2024.
  • Proyeksi penampilan delapan pemain Borussia Dortmund di Euro 2024, termasuk peluang bermain dan posisi di tim nasional masing-masing.
  • Sebagian besar pemain Borussia Dortmund akan membela Timnas Belanda dan Jerman, dengan satu pemain masing-masing untuk Turki, Swiss, dan Austria.

Meski tak terlalu gemilang di Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund tampil cukup mentereng di kompetisi Eropa. Klub berjuluk The Yellow Wall ini keluar sebagai runner-up Liga Champions Eropa 2023/2024.

Itu memberikan pengaruh baik bagi para pemain Borussia Dortmund. Delapan di antaranya pun berhasil dipanggil dan akan bermain di Euro 2024 bersama negaranya masing-masing.

Lantas, seperti apa proyeksi penampilan delapan pemain Borussia Dortmund tersebut?

1. Nico Schlotterbeck harus bekerja keras untuk menembus tempat utama Timnas Jerman

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Nico Schlotterbeck (dfb.de)

Julian Nagelsmann tampaknya akan memasang duet Jonathan Tah dan Antonio Ruediger sebagai palang pintu Timnas Jerman. Oleh karena itu, Nico Schlotterbeck harus bekerja keras untuk mendapatkan posisi tersebut. Jika dibandingkan berdasarkan performa musim ini, Schlotterbeck memang kalah performa dibanding Ruediger dan Tah. Meski begitu, Schlotterbeck punya kans besar untuk jadi pemain utama.

2. Niclas Fuellkrug sejauh ini terpaksa harus jadi pelapis Kai Havertz di Timnas Jerman

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Nicklas Fuellkrug (fifa.com)

Pemain Borussia Dortmund lain yang dipanggil Timnas Jerman untuk Euro 2024 adalah Niclas Fuellkrug. Penyerang tengah berusia 31 tahun ini tampaknya akan menjadi pemain pelapis. Sebab, Julian Nagelsmann lebih sering memainkan Kai Havertz sebagai false nine dalam beberapa laga terakhir Timnas Jerman. Fuellkrug tampaknya akan berfungsi sebagai supersub.

3. Emre Can (Jerman) dipanggil untuk menggantikan Aleksandar Pavlovic

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Emre Can (dfb.de)

Pada awalnya, Emre Can tak dipanggil untuk membela Timnas Jerman. Namun, ia akhirnya mendapatkan satu tempat di skuad Der Panzer akibat Aleksandar Pavlovic yang mengalami sakit. Gelandang serba bisa berusia 30 tahun ini pun dipanggil sebagai pemain pengganti. Can diprediksi akan menjadi pemain pelapis di skuad Jerman untuk Euro 2024.

4. Gregor Kobel masih berada di bawah bayang-bayang Yann Sommer di Timnas Swiss

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Gregor Kobel (instagram.com/gregorkobel)

Perlu diakui jika penampilan Gregor Kobel bersama Borussia Dortmund sangat mentereng. Namun, hal tersebut belum cukup untuk membawanya menjadi kiper utama Timnas Swiss. Sebab, posisi tersebut masih menjadi milik seorang Yann Sommer. Kobel harus bersabar untuk bisa mendapat posisi yang ia inginkan.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda dengan Assist Terbanyak di Euro

5. Ian Maatsen dipanggil untuk menggantikan Frenkie de Jong di Timnas Belanda

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Ian Maatsen (instagram.com/maatsen_)

Ian Maatsen sempat dipanggil Timnas Belanda untuk mengisi skuad sementara yang berisi 30 pemain. Pada 29 Mei 2024, Maatsen terpaksa dicoret karena skuad Belanda dikerucutkan menjadi 26 pemain. Namun, pada 11 Juni 2024, Maatsen kembali ke Timnas Belanda. Ia dipilih sebagai pengganti dari Frenkie de Jong yang mengalami cedera.

6. Donyell Malen memiliki saingan berat di Timnas Belanda

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Donyell Malen (twitter.com/EURO2024)

Penampilan mentereng Donyell Malen bersama Borussia Dortmund membawanya ke Euro 2024 bersama Timnas Belanda. Malen dipilih sebagai salah satu opsi winger De Oranje. Akan tetapi, Malen memiliki saingan yang berat di posisinya. Ia harus bersaing dengan Steven Berwijn, Memphis Depay, Cody Gakpo, hingga Xavi Simons untuk mengisi satu posisi di sisi penyerang sayap.

7. Marcel Sabitzer diprediksi jadi tulang punggung Timnas Austria

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Marcel Sabitzer (twitter.com/EURO2024)

Marcel Sabitzer tampaknya menjadi satu-satunya pemain Borussia Dortmund yang memiliki jaminan tempat utama di Euro 2024. Sabitzer diproyeksikan akan menjadi gelandang utama di skuad Timnas Austria. Hal tersebut dilihat berdasarkan kemampuan, performa, serta pengalaman yang Sabitzer miliki. Selain itu, Sabitzer juga cukup versatile dan bisa bermain di banyak posisi berbeda.

8. Salih Ozcan jadi tandem yang pas untuk Hakan Calhanoglu di Timnas Turki

8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024Salih Ozcan (bvb.de)

Salih Ozcan merupakan gelandang bertahan Borussia Dortmund yang tampil gemilang musim ini. Dengan hal tersebut, Ozcan layak untuk menembus skuad utama Timnas Turki. Sebagai seorang gelandang bertahan, Ozcan tampaknya sudah siap untuk berduet dengan sang senior, Hakan Calhanoglu, di lini tengah. Namun, ia waspada terhadap Okay Yokuslu dan Ismail Yuksek yang sewaktu-waktu bisa mengambil posisinya.

Borussia Dortmund menjadi salah satu klub yang paling banyak menyumbang pemainnya di Euro 2024. Kebanyakan dari mereka membela Timnas Belanda dan Timnas Jerman. Sedangkan, yang lainnya terbagi ke tiga negara berbeda, yakni Turki, Swiss, dan Austria.

Baca Juga: 3 Rekor Apik Luka Modric Selama Tampil dalam 4 Edisi Euro

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya