Comscore Tracker

5 Pemain Bosnia Dan Herzegovina yang Membela Klub Serie A di Musim Ini

Penerus warisan Yugoslavia di Serie A

Sejak dulu Serie A sudah dihuni oleh banyak pemain dari luar Italia, termasuk Yugoslavia yang merupakan negara yang besar di Eropa. Davor Jozic, Sinisa Mihajlovic, dan Zvonimir Boban adalah beberapa pemain hebat dari Yugoslavia yang punya catatan baik di Serie A. Pemain dari Yugoslavia sangat diminati di masa lalu karena kualitas dan etos kerjanya yang tinggi.

Namun, kini Yugoslavia sudah tidak lagi menjadi sebuah negara. Wilayah ini telah terpecah menjadi 7 negara yang kini telah merdeka dan berdiri masing-masing, termasuk Bosnia & Herzegovina yang juga mewarisi kekuatan dan kehebatan sepak bola khas Yugoslavia dari masa lalu.

Musim ini, setidaknya ada 5 pemain berkebangsaan Bosnia & Herzegovina yang mentas dan membela tim-tim di Serie A. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya, check this out!

1. Edin Dzeko

5 Pemain Bosnia Dan Herzegovina yang Membela Klub Serie A di Musim Inithesefootballtimes.co

Sulitnya menggeser Sergio Aguero dan kedatangan Raheem Sterling dari Liverpool musim 2015/2016 menjadi alasan Edin Dzeko akhirnya hengkang ke Serie A. Dzeko pertama kali datang ke Serie A untuk bergabung dengan AS Roma dengan status pinjaman pada bulan Agustus 2015.

Penampilan hebatnya berhasil menarik perhatian manajemen AS Roma untuk merekrutnya. Alhasil, pada tahun 2016, Dzeko akhirnya dipermanenkan oleh AS Roma dengan banderol 11 juta euro.

Tahun ini menjadi musim ke-5-nya berseragam Serigala Ibukota. Dengan usia yang telah menginjak 34 tahun, Edin Dzeko masih dipercaya sebagai andalan di lini serang AS Roma hingga sekarang.

Baca Juga: 10 Pemain Bosnia-Herzegovina dengan Banderol Termahal Saat Ini

2. Amer Gojak

5 Pemain Bosnia Dan Herzegovina yang Membela Klub Serie A di Musim Initransfermarkt.com

Nama selanjutnya adalah Amer Gojak yang berposisi sebagai gelandang serang. Musim ini adalah tahun pertamanya bermain di Serie A bersama Torino. Gojak didatangkan dari Dinamo Zagreb dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Namun sayang, bersama Torino, Gojak minim menit bermain. Hingga pekan ke-26 Serie A, Gojak baru bermain sebanyak 357 menit dengan sumbangan 1 gol dan 1 assists. Semoga saja ke depannya Gojak bisa memberikan lebih banyak kontribusi bagi tim asal kota Turin ini.

3. Senad Lulic

5 Pemain Bosnia Dan Herzegovina yang Membela Klub Serie A di Musim Initheguardian.com

Tahun ini menjadi musim ke-10 bagi pemain sayap senior Bosnia & Herzegovina, Senad Lulic membela Lazio. Senad Lulic diboyong dari Young Boys, Swiss, pada bulan Juli 2011 dengan banderol 3,25 juta euro atau yang setara dengan Rp55,9 miliar.

Sejauh ini, Lulic telah berhasil mempersembahkan 2 gelar juara Coppa Italia bagi Lazio, yakni pada tahun 2013 dan 2019. Kini usia Lulic telah menginjak 35 tahun dan memiliki rencana untuk pensiun di Lazio bila kontraknya tidak diperpanjang di akhir musim ini.

4. Rade Krunic

5 Pemain Bosnia Dan Herzegovina yang Membela Klub Serie A di Musim Initransfermarkt.com

Berikutnya adalah Rade Krunic yang telah membela 3 tim berbeda selama berkarier di Serie A. Musim ini, Krunic membela AC Milan. Sejauh ini, Krunic telah menyumbang 2 gol dan 1 assists dari 26 penampilan di seluruh kompetisi yang AC Milan ikuti.

Sebelum bergabung dengan I Rossoneri, Krunic terlebih dahulu membela Hellas Verona pada tahun 2014 hingga 2015 dan Empoli dari 2015 hingga 2019. Musim ini adalah musim keduanya bersama AC Milan sejak diboyong dari Empoli dengan banderol 9,4 juta euro tahun 2019.

5. Mato Jajalo

5 Pemain Bosnia Dan Herzegovina yang Membela Klub Serie A di Musim Inigoal.com/GettyImages

Sama seperti Rade Krunic, Mato Jajalo juga telah lama malang melintang di Liga Italia. Mato Jajalo pertama datang ke Italia pada tahun 2010 dan bergabung dengan Siena. Setelah berpindah-pindah klub, pada tahun 2015 Jajalo akhirnya bergabung dengan Palermo dengan status free transfer.

Musim ini adalah musim kedua bagi Mato Jajalo untuk membela Udinese. Gelandang bertahan berusia 32 tahun ini datang ke Udinese dengan status free transfer dari Palermo pada tahun 2019.

Namun sayang, permainan Jajalo bersama Udinese musim ini sangat terhambat. Jajalo baru bermain dua kali karena mengalami cedera ligamen sejak awal musim.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Bosnia & Herzegovina yang musim ini bermain di Liga Serie A Italia. Dengan bakat yang selalu hadir setiap tahunnya, bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak pemain Bosnia yang berprestasi di Serie A layaknya Hasan Salimhamidzic, Miralem Pjanic, ataupun Senad Lulic.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya