5 Pemain Bundesliga yang Membela Timnas Kroasia pada Piala Dunia 2022

Mampukah mereka bantu Kroasia raih kejutan?

Berhasil menjadi finalis Piala Dunia 2018 lalu, Kroasia menjadi tim yang diunggulkan di edisi 2022 kali ini. Skuad mereka kini dikombinasi oleh pemain muda dan senior.

Pemain dari Bundesliga Jerman menjadi yang paling mendominasi skuad Timnas Kroasia untuk Piala Dunia 2022 dari segi jumlah. Terdapat 5 pemain Bundesliga yang dipanggil ke Timnas Kroasia yang berisi 26 pemain.

Padahal faktanya, terdapat sebelas pemain Kroasia yang pada musim 2022/2023 yang berlaga di Bundesliga. Lantas, siapa sajakah lima pemain Bundesliga yang dipanggil Timnas Kroasia ke Piala Dunia 2022? Inilah daftar dan ulasannya

1. Josip Stanisic

5 Pemain Bundesliga yang Membela Timnas Kroasia pada Piala Dunia 2022Josip Stanisic (twitter.com/fcbayernen)

Nama yang pertama ialah Josip Stanisic, bek kanan berusia 22 tahun yang sejak musim lalu menjadi bagian dari skuad Bayern Munich. Hingga menjelang Piala Dunia 2022, Josip Stanisic masih terhitung jarang bermain bersama Bayern Munich.

Sebab, perannya dalam tim hanya lebih sering menjadi pelapis dari Benjamin Pavard atau Noussair Mazroui. Meski begitu, Josip Stanisic masih dipanggil Zlatko Dalic dan dipersiapkan sebagai salah satu regenerasi Kroasia untuk masa depan.

2. Andrej Kramaric

5 Pemain Bundesliga yang Membela Timnas Kroasia pada Piala Dunia 2022Andrej Kramaric (twitter.com/euro2024)

Andrej Kramaric menjadi pemain paling senior asal Kroasia yang saat ini berlaga di Bundesliga. Penyerang berusia 31 tahun ini telah berkarier di Bundesliga sejak awal tahun 2016 bersama TSG Hoffenheim, tim yang masih ia bela hingga sekarang.

Pensiunnya Mario Mandzukic membuka peluang bagi Andrej Kramaric untuk menjadi pilihan utama di lini serang Kroasia. Sebab, Kramaric notabene lebih unggul dari segi pengalaman dan kualitas dibanding penyerang lain di skuad Timnas Kroasia untuk Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Kroasia Rilis Skuad Resmi untuk Piala Dunia 2022

3. Borna Sosa

5 Pemain Bundesliga yang Membela Timnas Kroasia pada Piala Dunia 2022Borna Sosa (vfb.de)

Borna Sosa akan diproyeksikan sebagai pemain utama di posisi bek kiri Kroasia untuk Piala Dunia 2022. Kemampuan dalam bertahan dan menyerang yang sama baiknya membuat Sosa layak dapat kepercayaan tersebut.

Di klubnya, VfB Stuttgart, Borna Sosa sanggup tampilkan permainan terbaik dengan menyumbang banyak assist. Borna Sosa adalah tipe bek sayap modern yang kuat dalam transisi menyerang dan bertahan.

4. Josko Gvardiol

5 Pemain Bundesliga yang Membela Timnas Kroasia pada Piala Dunia 2022Josko Gvardiol (rbleipzig.com)

Josko Gvardiol mungkin jadi nama yang paling ditunggu kiprahnya di antara nama-nama lain dalam daftar ini. Pasalnya, Gvardiol termasuk sebagai salah satu pemain muda terbaik dunia saat ini dan dipercaya akan jadi bek papan atas di masa depan.

Permainan ciamik dan solid yang ia tampilkan di RB Liepzig menjadi alasan ia harus mendapat tempat utama di skuad Timnas Kroasia. Dejan Lovren, Josip Stalo, Damagoj Vida, dan Martin Erlic menjadi beberapa nama yang bisa berduet dengannya di lini pertahanan Timnas Kroasia.

5. Kristijan Jakic

5 Pemain Bundesliga yang Membela Timnas Kroasia pada Piala Dunia 2022Kristijan Jakic (en.eintracht.de)

Kristijan Jakic menambah opsi Zlatko Dalic sebagai salah satu gelandang berkualitas yang bisa dimainkan Kroasia pada Piala Dunia 2022. Jakic yang berposisi sebagai gelandang bertahan bisa bersaing ketat dengan Marcelo Brozovic dari Inter Milan.

Jika dilihat dari peformanya bersama Eintracht Frankfurt musim ini, Jakic sangat layak untuk mendapatkan tempat utama. Sebab, ia jadi salah satu pemain reguler yang punya banyak menit bermain di Frankfurt musim ini. Hal tersebut jelas membantunya di Timnas Kroasia.

 

Terdapat enam pemain Bundesliga lain yang gagal menembus skuad Kroasia untuk Piala Dunia 2022. Mereka adalah Josip Brekalo, Bratol Franjic, Ivans Sunjic, Filip Uremovic, Hrvoje Smolcic, dan Nikola Soldo. Mampukah skuad timnas Kroasia beri kejutan lagi di Piala Dunia seperti di edisi 2018?

Baca Juga: Kiprah Timnas Kroasia di Ajang Piala Dunia, Debutan Terbaik!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya