5 Pemain yang Pernah Didatangkan Chelsea dari Benfica, Enzo Terbaru!

Didominasi gelandang

SL Benfica dikenal sebagai tim besar Portugal yang sangat ahli mencetak pemain berbakat. Tak heran klub-klub raksasa Eropa hadir sebagai tim langganan yang kerap mendatangkan pemain dari Benfica.

Salah satunya ialah Chelsea yang hingga saat ini telah mendatangkan lima pemain, termasuk Enzo Fernandez yang jadi transfer terbaru. Selain Enzo Fernandez, siapa sajakah empat nama yang dimaksud? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Tiago Mendes

5 Pemain yang Pernah Didatangkan Chelsea dari Benfica, Enzo Terbaru!Tiago Mendes (twitter.com/footballport)

Bermain sangat apik kala berseragam Benfica membuat Tiago Mendes akhirnya diboyong oleh Chelsea pada awal musim 2004/2005. Gelandang asal Portugal tersebut menjadi pemain pertama yang didatangkan Chelsea dari Benfica.

Kala berseragam Chelsea, Tiago Mendes cukup diandalkan dengan mencatat 4 gol dan 3 assist dari 52 pertandingan. Namun sayang, masa kebersamaanya di English Premier League bersama The Blues hanya bertahan semusim.

2. Ramires

5 Pemain yang Pernah Didatangkan Chelsea dari Benfica, Enzo Terbaru!Ramires (chelseafc.com)

Masih dari pemain yang beroperasi di lini tengah, nama selanjutnya adalah Ramires Nascimento. Pemain asal Brasil ini dibawa ke Stamford Bridge pada awal musim 2010/2011 dengan banderol 22 juta euro (Rp362 miliar).

Sebetulnya tak ada yang ikonik dari karier Ramires di Chelsea, kecuali sumbangan satu golnya di babak semifinal UEFA Champions League 2012. Secara keseluruhan, Ramires bermain selama 5 tahun dengan mencatatkan 34 gol dan 25 assist dari 251 laga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Punya Kontrak Panjang Bersama Chelsea, Ada Nama Baru!

3. David Luiz

5 Pemain yang Pernah Didatangkan Chelsea dari Benfica, Enzo Terbaru!David Luiz (chelseafc.com)

Memiliki bakat yang luar biasa sebagai bek tengah yang punya kemampuan menembak luar biasa, David Luiz jadi sorotan kala berseragam Benfica. Chelsea pun menjadi klub yang akhirnya bisa mendatangkan David Luiz pada pertengahan musim 2007/2008.

Dalam karier sepak bolanya, David Luiz punya dua masa membela Chelsea. Momen pertama terjadi pada 2011—2014, sedangkan momen kedua terjadi dari 2016—2019. Dari dua momen tersebut, David Luiz sukses mencatat 18 gol dan 12 assist dari 248 laga. Catatan yang cukup produktif bagi seorang bek tengah.

4. Nemanja Matic

5 Pemain yang Pernah Didatangkan Chelsea dari Benfica, Enzo Terbaru!Nemanja Matic (twitter.com/chelseafc)

Dibanding berseragam Benfica, Nemanja Matic justru lebih dahulu berseragam Chelsea. Pasalnya, Matic pertama kali bergabung Chelsea pada awal musim 2009/2010 sebelum akhirnya dibeli oleh Befica pada awal musim 2011/2012.

Akan tetapi, permainan impresifnya sukses kembali menarik perhatian Chelsea sehingga ia kembali dibeli pada musim dingin 2014. Secara keseluruhan, Matic hanya efektif bermain selama 2,5 musim (2011—2014) dengan catatan 154 laga dengan sumbangan 7 gol dan 19 assist.

5. Enzo Fernandez

5 Pemain yang Pernah Didatangkan Chelsea dari Benfica, Enzo Terbaru!Enzo Fernandez (fifa.com)

Setelah sempat menolak tawaran sebelumnya, Benfica akhirnya menerima tawaran Chelsea untuk menggaet Enzo Fernandez. Menurut laporan Fabrizio Romano, Enzo Fernandez ditebus dengan mahar 120 juta euro (Rp1,97 triliun).

Angka tersebut jelas sangat besar bagi seorang pemain muda yang baru terbukti kehebatannya pada satu ajang saja (Piala Dunia 2022). Akan tetapi, menejemen Chelsea sangat yakin bahwa Enzo Fernandez bisa berkembang dan jadi seorang gelandang berkelas.

 

Selain mendatangkan pemain dari Benfica, Chelsea juga pernah mengirimkan pemainnya ke klub asal Portugal tersebut. Namun, hal tersebut hanya terjadi tiga kali, kala mereka meminjamkan Alcides (2004) dan menjual Scott Minto (1997) dan Nemanja Matic (2011).

Baca Juga: Enzo Fernandez, Pemain Muda Minim Pengalaman yang Bersinar

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya