5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 6 Chelsea sebelum Thiago Silva

Thiago Silva punya peran besar di skuad Chelsea!

Meski tak lagi muda, Thiago Silva merupakan seorang bek yang memiliki kualitas layaknya pemain yang masih berada di usia emas. Bahkan di tim besar seperti Chelsea, Thiago Silva masih dipilih sebagai opsi utama dibanding beberapa bek yang lebih muda darinya.

Tak heran jika bek Brasil yang menggunakan nomor punggung 6 ini sangat mentereng. Jika dibandingkan dengan lima pendahulunya yang sama-sama menggunakan nomor punggung 6 di Chelsea, Thiago Silva lebih unggul dari segi prestasi dan performa.

Lalu, siapa saja pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 6 di Chelsea sebelum Thiago Silva? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Ricardo Carvalho

5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 6 Chelsea sebelum Thiago SilvaRicardo Carvalho (twitter.com/chelseafc)

Belasan tahun sebelum Thiago Silva menggunakan nomor ini di Chelsea, nomor punggung 6 merupakan milik Ricardo Carvalho. Tak jauh berbeda dengan Thiago Silva, Ricardo Carvalho juga memiliki reputasi sebagai bek tangguh ketika berseragam Chelsea.

Carvalho merupakan salah satu pemain yang paling diandalkan Jose Mourinho. Selama enam musim (2004—2010) membela Chelsea, Carvalho selalu memakai nomor punggung 6. Dalam kurun waktu tersebut, Carvalho sukses mencatatkan 210 laga dengan sumbangan 11 gol dan 6 assists.

2. Oriol Romeu

5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 6 Chelsea sebelum Thiago SilvaOriol Romeu (twitter.com/ChelseaFC)

Sempat kosong selama semusim, nomor punggung 6 di Chelsea kembali digunakan pada musim 2011/2012. Oriol Romeu yang kala itu didatangkan dari Barcelona menjadi pemain yang mewarisi nomor punggung tersebut.

Romeu hanya aktif bermain selama 2 musim dari 4 tahun kebersamaannya bersama Chelsea. Pasalnya, ia pernah dipinjamkan ke Valencia dan VfB Stuttgart masing-masing setahun. Gelandang asal Spanyol ini hanya mencetak 1 gol dari 33 laga untuk Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 9 Chelsea sebelum Pierre-Emerick Aubameyang

3. Nathan Ake

5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 6 Chelsea sebelum Thiago SilvaNathan Ake (twitter.com/chelseafc)

Nathan Ake merupakan pemain jebolan akademi Chelsea yang saat ini menjadi bek tangguh dari Manchester City. Selama membela Chelsea, Ake juga sangat sering dipinjamkan ke tim lain.

Selama membela Chelsea, Ake hanya dua musim menggunakan nomor punggung 6, yakni pada musim 2014/2015 dan 2016/2017. Untuk Chelsea, pemain asal Belanda ini hanya mencatat 17 pertandingan dengan sumbangan 2 assists.

4. Abdul-Rahman Baba

5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 6 Chelsea sebelum Thiago SilvaAbdul Rahman Baba (skysports.com)

Chelsea memiliki banyak sekali pemain yang sering bolak-balik dipinjamkan. Salah satu nama yang kerap dipinjamkan Chelsea setiap musimnya adalah Abdul-Rahman Baba, bek kiri berkebangsaan Ghana yang kini dipinjamkan ke Reading.

Selama tujuh tahun menjadi bagian dari tim Chelsea, Baba baru bermain dalam 23 laga yang seluruhnya dicatatkan pada musim 2015/2016. Pada musim tersebutlah, Baba menggunakan nomor punggung 6 di Chelsea.

5. Danny Drinkwater

5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 6 Chelsea sebelum Thiago SilvaDanny Drinkwater (premierleague.com)

Danny Drinkwater memiliki karier yang cukup cemerlang ketika masih membela Leicester City. Namun, kariernya justru anjlok kala ia pindah ke Chelsea pada awal musim 2017/2018.

Drinkwater hanya aktif dua musim membela Chelsea (2017—2019). Sedangkan sisanya, sering ia habiskan di masa peminjaman. Drinkwater yang menggunakan nomor 6 di Chelsea ini hanya mencatatkan 1 gol dari 23 laga.

 

Dari lima nama dalam daftar ini, hanya Ricardo Carvalho yang memiliki karier yang hebat. Sejauh ini, Thiago Silva sudah bermain cukup baik bersama Chelsea dan bisa menjadi pemimpin bagi rekan-rekan setimnya, meski tidak berstatus sebagai kapten.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap Terlupakan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya