Comscore Tracker

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor 16 sebelum Edouard Mendy

Scott Sinclair, Marco van Ginkel, dan Kenedy Sering dipinjamkan

Hanya ada sepuluh pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 16 dalam sejarah Chelsea. Edouard Mendy mungkin menjadi nama terbaik dari sembilan nama lain dalam hal ini.

Pasalnya, kiper asal Senegal ini telah memberikan kontribusi besar bagi kekuatan lini pertahanan Chelsea. Sebagai bentuk perbandingan, inilah lima pemain terakhir yang menggunakan nomor punggung 16 Chelsea sebelum Edouard Mendy.

1. Arjen Robben

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor 16 sebelum Edouard MendyArjen Robben (chelseafc.com)

Chelsea merupakan tim besar pertama yang dibela Arjen Robben ketika keluar dari PSV Eindhoven pada musim panas 2004. Winger asal Belanda ini menggunakan nomor punggung 16 ketika tiga musim (2004—2007) membela The Blues.

Dengan kapasitasnya sebagai winger cepat, Robben tampil cukup apik selama berseragam Chelsea. Ia berhasil mecetak 19 gol dan 21 assist dari 106 laga selama berkarier di tanah Britania Raya. Setelah itu, Robben hengkang ke Real Madrid pada 2007.

2. Scott Sinclair

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor 16 sebelum Edouard MendyScott Sinclair (mobile.twitter.com/Scotty_Sinclair)

Scott Sinclair merupakan pemain jebolan akademi Chelsea yang promosi pada tahun 2006. Saat berseragam Chelsea, Sinclair pernah menggunakan beberapa nomor punggung, yakni 49, 17, 19, dan 16.

Sinclair tak begitu mentereng di Chelsea. Pasalnya, ia sering kali dipinjamkan ke tim lain, seperti Crystal Palace, Charlton Athletic, dan Plymouth Argyle. Pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini hanya mencatat 14 laga dengan torehan 1 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor 32 sebelum Marc Cucurella

3. Raul Meireles

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor 16 sebelum Edouard MendyRaul Meireles (twitter.com/chelseafc)

Bermain sangat apik ketika berseragam Liverpool selama setahun membuat Raul Meireles diboyong Chelsea pada awal musim 2011/2012. Meireles langsung mengambil alih nomor punggung 16 di Chelsea.

Gelandang asal Portugal ini terhitung cukup diandalkan. Ia sukses mencatatkan 48 penampilan dengan sumbangan 6 gol dan 6 assist. Namun, kebersamaannya dengan Chelsea hanya bertahan selama semusim sebelum ia hengkang ke Fenerbahce.

4. Marco van Ginkel

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor 16 sebelum Edouard MendyMarco van Ginkel (twitter.com/chelseafc)

Lebih dari sedekade terakhir, Chelsea dikenal sebagai depot pemain pinjaman. Salah satu pemain yang sering dipinjamkan oleh Chelsea adalah Marco van Ginkel. Menjadi bagian dari skuad Chelsea selama sebelas tahun, Ginkel hanya efektif bermain selama tiga musim.

Ia pernah menggunakan nomor punggung 16 ketika musim 2013/2014 dan 2017/2018. Selama berseragam Chelsea, gelandang asal Belanda ini hanya mencatatkan empat pertandingan.

5. Kenedy

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor 16 sebelum Edouard MendyKenedy (chelseafc.com)

Tak jauh berbeda dengan Scott Sinclair dan Marco van Ginkel, Kenedy juga sangat sering dipinjamkan oleh Chelsea ke klub lain. Pemain asal Brasil ini hanya bermain di Chelsea pada musim 2015/2016, 2017/2018, 2019/2020, dan 2021/2022.

Dari empat musim tersebut, Kenedy menggunakan nomor punggung 16 dalam tiga musim. Hingga akhirnya pindah ke Real Valladolid secara permanen pada musim panas 2022, Kenedy hanya sanggup membukukan 30 laga dengan sumbangan 3 gol dan 4 assist.

 

Selain enam nama yang telah dipaparkan dalam artikel ini, terdapat Roberto Di Matteo, David Rocastle, David Hopkin, dan Robert Fleck yang pernah menggunakan nomor 16 di Chelsea. Dari sekian nama yang ada, Edouard Mendy tampaknya jadi yang terbaik.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum Marquinhos

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya