Comscore Tracker

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di EPL 2021/2022

Pemain Liverpool mendominasi

Assist menjadi salah satu torehan statistik penting dalam sepak bola. Serangan tim yang terorganisasi bisa terlihat dari torehan gol dan assist yang tercipta.

Pada gelaran English Premier League (EPL) 2021/2022, beberapa nama besar muncul sebagai raja assist. Siapa sajakah pemain yang memiliki jumlah assist terbanyak di kasta tertinggi Liga Inggris itu?

1. Mohamed Salah

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di EPL 2021/2022Mohamed Salah (liverpoolfc.com)

Walau gagal membawa Liverpool menjadi juara Premier League, musim ini cukup istimewa bagi Mohamed Salah. Selain menjadi raja gol EPL, winger asal Mesir ini juga sukses menjadi raja assist.

Pada musim ini, Salah mengoleksi 14 assist dari total 35 pertandingan dengan rincian 2.762 menit bermain. Catatan ini juga menjadi bukti bahwa sang pemain tidak egois seperti disebutkan khalayak.

2. Trent Alexander-Arnold

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di EPL 2021/2022Trent Alexander Arnold (skysports.com)

Meski berposisi sebagai bek kanan, Trent Alexander-Arnold diakui sebagai salah satu playmaker hebat di Eropa. Dalam beberapa musim terakhir, ia kerap jadi sumber assist The Reds.

Hal tersebut juga berlaku musim ini. Alexander-Arnold sukses mencetak 12 assist dari 32 penampilan untuk Liverpool di Premier League. Dua dari dua belas assist tersebut berhasil ia torehkan kala menghadapi Arsenal pada November 2021 lalu.

3. Jarrod Bowen

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di EPL 2021/2022Jarrod Bowen (skysports.com)

Jarrod Bowen menjadi salah satu pemain yang sangat impresif dan mengejutkan di Premier League 2021/2022. Selama musim ini, Bowen sukses mencetak 12 gol dan 12 assist dari 36 laga untuk West Ham United.

Performa apiknya tersebut sukses membawa West Ham United berada di papan atas klasemen EPL hingga akhirnya finis di posisi ketujuh. Ia juga menjadi salah satu nominasi Premier League Player of the Season meski gagal memenanginya.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Premier League 2021/2022

4. Harvey Barnes

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di EPL 2021/2022Harvey Barnes (skysports.com)

Dari kubu Leicester City, Harvey Barnes muncul sebagai sumber umpan bagi para pencetak gol klub berjuluk The Foxes tersebut. Dari 32 laga yang ia mainkan musim ini, Barnes sukses mencetak sepuluh assist.

Harvey Barnes juga memberikan kontribusi dalam bentuk enam gol sebagai seorang pemain sayap. Sayangnya, catatan tersebut tak mampu membawa Leicester City bermain di kompetisi Eropa musim depan.

5. Mason Mount

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di EPL 2021/2022Mason Mount (skysports.com)

Sama seperti Harvey Barnes, Mason Mount sukses mencetak sepuluh assist di Premier League 2021/2022. Gelandang serang Chelsea ini juga menyumbang 11 gol dari 32 pertandingan.

Berkat kontribusi besarnya tersebut, Mount sukses membawa Chelsea bertengger di posisi ketiga klasemen akhir. Catatan terbaiknya pada musim ini tampak saat Chelsea mengalahkan Norwich City dengan skor 7-0. Saat itu, Mount berhasil mencetak 3 gol dan 1 assist.

6. Andrew Robertson

6 Pemain dengan Jumlah Assist Terbanyak di EPL 2021/2022Andrew Robertson (skysports.com)

Pemain Liverpool lain yang masuk dalam jajaran pemain dengan jumlah assist terbanyak di Premier League musim ini adalah Andrew Robertson. Bek kiri asal Skotlandia ini juga mencatakan sepuluh assist musim ini.

Robertson hanya bermain dalam 29 pertandingan untuk Liverpool. Pasalnya, ia sempat beberapa kali absen karena rotasi dan akumulasi kartu. Kendati demikian, Robertson sanggup mencetak 3 gol dan 10 assist untuk Liverpool.

Meski gagal menjadi juara, Liverpool membuktikan jika organisasi permainan dalam tim berjalan dengan baik. Torehan gol dan assist dari pemainnya menjadi bukti kehebatan klub asal Merseyside ini.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier League 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya