5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke Liverpool

Mayoritas berposisi sebagai kiper

Jurgen Klopp telah melatih Liverpool sejak Oktober 2015. Kala itu ia menggantikan Brendan Rodgers. Puluhan pemain pernah didatangkan oleh Jurgen Klopp ke Liverpool. Mulai dari pemain muda dengan harga murah, hingga pemain top berharga fantastis.

Dari sekian banyak pemain yang didatangkan oleh Jurgen Klopp ke Liverpool, hanya ada lima pemain diboyong Jurgen Klopp gratis ke Liverpool hingga bursa transfer musim panas 2022 silam. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Alexander Manninger

5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke LiverpoolAlexander Manninger (liverpoolfc.com)

Pemain gratis pertama yang didatangkan oleh Jurgen Klopp ke Liverpool adalah seorang kiper. Dia adalah Alexander Manninger yang diboyong dari FC Augsburg pada bursa transfer musim panas 2016. Kiper asal Austria ini hanya semusim berseragam Liverpool.

Dengan usia yang tak lagi muda, Manninger jelas bukan pilihan utama Jurgen Klopp di bawah mistar gawang. Oleh karena itu, ia tak pernah mencatatkan pertandingan resmi bersama Liverpool hingga akhirnya pensiun pada akhir musim 2016/2017.

2. Joel Matip

5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke LiverpoolJoel Matip (premierleague.com)

Hingga tahun 2022, Joel Matip masih menjadi pemain gratis terbaik yang didatangkan Jurgen Klopp ke Liverpool. Matip didatangkan pada waktu yang hampir bersamaan dengan hadirnya sosok Manninger dari Schalke 04.

Matip menjadi satu-satunya pemain gratis yang selalu tampil secara reguler bersama Livepool. Posisinya sebagai duet Virgil van Dijk sangat sulit untuk tergantikan meski Liverpool kini juga memiliki sosok Ibrahima Konate. Matip punya peran besar dalam memenangkan tujuh gelar juara yang telah didapatkan Jurgen Klopp di Liverpool.

Baca Juga: Klopp Akui Liverpool Lakukan Kesalahan Tak Beli Gelandang

3. Dominic Solanke

5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke LiverpoolDominic Solanke (premierleague.com)

Pada musim panas 2017, Liverpool sukses mendatangkan pemain muda berbakat dari tim U-23 Chelsea. Dia adalah Dominic Solanke, penyerang berkebangsaan Inggris yang diboyong secara gratis.

Namun, sayang gelar pemain muda berbakatnya tak terlalu berpengaruh di Liverpool. Solanke kalah bersaing dengan beberapa pemain senior Liverpool. Oleh karena itu, ia jarang diturunkan dalam pertandingan.

Meski begitu, Liverpool mendapatkan keuntungan besar dari Solanke. Pasalnya, ketika dijual ke Bournemouth pada Januari 2019, Solanke laku dengan banderol 21,2 juta euro (Rp315 miliar).

4. Adrian San Miguel

5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke LiverpoolAdrian San Miguel (liverpoolfc.com)

Selain Joel Matip, Adrian San Miguel merupakan pemain gratis lain yang masih aktif bermain untuk Liverpool pada musim 2022/2023. Kiper berkebangsaan Spanyol ini didatangkan secara gratis pada awal musim 2019/2020 dari West Ham United.

Meski berstatus sebagai kiper pelapis, Adrian memiliki peran besar bagi keberhasilan Liverpool dalam beberapa laga. Terutama, pada pertandingan UEFA Super Cup 2020. Kala itu, Adrian menjadi pahlawan Liverpool pada drama adu penalti kontra Chelsea.

5. Andy Lonergan

5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke LiverpoolAndy Lonergan (liverpoolfc.com)

Kiper lain yang juga didatangkan Jurgen Klopp secara gratis adalah Andy Lonergan. Kiper berusia 38 tahun ini didatangkan secara gratis dari Middlesbrough pada waktu yang bersamaan dengan kehadiran Adrian ke Liverpool.

Sebagai kiper lapis ketiga, Andy Lonergan sulit untuk mendapatkan kesempatan bermain. Ia hanya bertahan selama semusim bersama Liverpool sebelum akhirnya dilepas gratis. Saat ini, ia menjadi kiper cadangan di Everton.

Joel Matip menjadi nama yang paling mentereng di antara pemain diboyong Jurgen Klopp gratis ke Liverpool tersebut. Apakah fakta ini jadi bukti kalau tim manajemen Liverpool kurang melakukan manuver pada setiap bursa transfer?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Ajax dan Liverpool

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya