Comscore Tracker

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021

Mengubah stereotip dan sejarah

Disadari atau tidak, tim-tim asal Inggris jarang sekali melakukan ekspor pemain keluar liga lokal mereka. Pemain-pemain asal Inggris cenderung lebih betah untuk bermain di negara mereka. Pemain asal Inggris selalu dicap sebagai pesepak bola yang tidak berani keluar kandang dan selalu rindu rumah. Jadi, tak heran banyak klub luar Inggris menjadi enggan dan jarang untuk meminang pemain dari negara tersebut.

Fakta menyebutkan bahwa hanya ada dua pemain muda asal Inggris yang meniti karier di luar Inggris sejak usia muda sebelum tahun 2010, yakni Owen Hargreaves bersama Bayern Munchen dan Eric Dier bersama Sporting Lisbon. Kini fakta tersebut perlahan berubah.

Sudah banyak pemain muda Inggris yang mulai membuka jalan karier mereka di luar liga lokal mereka. Di musim ini, setidaknya ada 7 pemain muda asal Inggris yang bermain di luar Inggris, khususnya untuk tim-tim Bundesliga. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Kenapa Jadon Sancho Urung ke Manchester United? Kami Punya Jawabnya!

1. Jadon Sancho (Borussia Dortmund)

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021skysport.com

Kedatangan Jadon Sancho ke Borussia Dortmund pada musim 2017/2018 seakan-akan membuka keran para pemain muda Inggris untuk berbondong-bondong ke Bundesliga. Performa Sancho dua musim terakhir sangat ciamik dan berhasil menarik perhatian tim-tim besar Eropa untuk meminangnya. Tak heran jika kini banyak pemain muda asal Inggris yang tertarik untuk menjajal Bundesliga dan menyamai raihan yang didapatkan Sancho tersebut.

Walau sempat mandek di awal musim, kini Sancho perlahan kembali ke performa terbaiknya. Sancho diyakini akan terus bersinar selama dirinya bisa menunjukkan performa yang konsisten.

2. Jamal Musiala (Bayern Munchen)

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021goal.com

Yang kedua ialah Jamal Musiala. Pada tahun 2019, Jamal Musiala yang berposisi sebagai gelandang serang datang ke Bayern Munchen U-17 dari akademi Chelsea dengan status bebas transfer. Pada musim ini, Musiala resmi diorbitkan ke tim utama Bayern Munchen untuk bergabung dengan Thomas Muller dan kawan-kawan.

Pada 19 September lalu, Musiala berhasil memecahkan rekor sebagai pencetak gol termuda di skuad Die Roten pada usia 17 tahun dan 205 hari dengan melewati rekor yang selama ini dipegang seorang Roque Santa Cruz. Sejauh ini, Jamal Musiala telah mencetak 3 gol dari 399 menit penampilannya.

3. Reece Oxford (FC Augsburg)

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021skysport.com

Selanjutnya ada nama Reece Oxford. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini pertama kali datang ke klub Bundesliga pada musim 2017/2018 bersama Borussia Monchengladbach dengan status pemain pinjaman. Di musim selanjutnya, Oxford dipinjamkan ke klub Bundesliga lain, FC Augsburg. Pada musim 2019/2020, Oxford akhirnya dipermanenkan oleh FC Augsburg dari West Ham United dengan banderol 4 juta euro.

Performa Oxford di awal kedatangannya ke Bundesliga cukup mengesankan banyak pihak. Namun, musim ini pemain berusia 22 tahun ini mulai tergeser dan baru tampil sebanyak 12 kali di gelaran liga. Oxford harus lebih berusaha dan berjuang lebih giat lagi untuk mendapatkan posisi utama di skuad klub asal Bavaria ini.

4. Jude Bellingham (Borussia Dortmund)

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021skysport.com

Musim ini Borussia Dortmund resmi mendatangkan pemain muda asal Birmingham bernama Jude Bellingham. Bellingham diboyong ke Signal Iduna Park dengan banderol 23 juta euro di umur 16 tahun. Kedatangannya ini menjadi sebuah hal yang sulit direlakan oleh para fans dan manajemen klub Birmingham. Pasalnya, pemain berposisi gelandang ini memiliki peran yang sangat penting bagi tim.

Namun, manajemen Birmingham percaya bahwa Borussia Dortmund dapat meningkatkan skill dan karier seorang Bellingham. Dengan profesionalitas dan jasanya yang besar terhadap klub, kini nomor 22 yang digunakan Bellingham kala bermain bersama Birmingham telah dipensiunkan oleh pihak klub. Kini, peran Bellingham di lini tengah Die Borussian cukup baik dan menjadi salah satu pemain penting dalam tim.

5. Ryan Sessegnon (TSG 1899 Hoffenheim)

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021transfermarkt.com

Kedatangan Sergio Reguilon ke Tottenham Hotspur musim ini membuat Ryan Sessegnon harus mencari tim lain guna mendapat waktu bermain yang cukup. Hoffenheim menjadi destinasi selanjutnya dari karier Sessegnon. Pemain berusia 20 tahun ini datang ke Hoffenheim dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Semenjak pindah ke Tottenham, karier Sessegnon memang agak terhambat. Hal ini disebabkan Sessegnon kalah bersaing dengan bek-bek yang lebih senior di skuad The Lilywhites. Padahal, kala masih bermain bersama Fulham di Championship, Sessegnon berhasil mengemas 15 gol dan 6 asisst dengan posisi sebagai bek kiri.

Bersama Hoffenheim, performa Sessegnon mulai membaik dan menunjukkan kinerja yang hebat. Kini, Sessegnon telah mengemas 2 gol dan 2 assist dalam 11 pertandingan untuk Hoffenheim dengan posisinya sebagai bek kiri.

6. Clinton Mola (VfB Stuttgart)

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021metro.co.uk

Selanjutnya ada nama Clinton Mola. Pemain berumur 19 tahun ini telah pindah secara permanen dari skuad Chelsea U-23 ke VFB Stuttgart di pertengahan musim 2019/2020.

Ia turut membantu Stuttgart untuk promosi ke Bundesliga musim lalu. Namun sayang, musim ini Mola belum sekali pun tampil di ajang Bundesliga karena dibekap cedera.

7. Demarai Gray (Bayer Leverkusen)

7 Pemain Inggris yang Bermain di Tim Bundesliga Musim 2020/2021skysports.com

Baru-baru ini Bayer Leverkusen resmi mendatangkan seorang talenta muda asal Inggris, Demarai Gray. Pemain berusia 24 tahun ini didatangkan dari Leicester City dengan banderol 2 juta euro dengan durasi kontrak 1,5 tahun.

Gray yang berposisi sebagai sayap kanan merupakan bagian dari skuad juara Leicester pada musim 2015/2016. Namun, musim ini Gray kurang mendapatkan menit bermain karena kalah bersaing dengan pemain lain, seperti Cengiz Under dan Marc Albrighton. Kepindahan Demarai Gray ke Bayer Leverkusen diharapkan bisa memberikan sumbangan tenaga bagi Bayer Leverkusen yang sedang berjuang di papan atas klasemen sementara Bundesliga.

 

Itulah 7 pemain muda asal negeri Ratu Elizabeth yang membela tim Bundesliga musim ini. Kepindahan para pemain Inggris ini seakan-akan menjadi cikal bakal masa depan pemain Inggris lain untuk bisa ke luar kandang dan berkarier di luar negeri mereka. Menurutmu bagaimana?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Membawa Leicester City Juara Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya