Comscore Tracker

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih

Sang juara dunia 2006

Tahun 2006 bisa disebut sebagai tahunnya Italia di sepak bola. Hal ini sangat beralasan karena Italia berhasil menjuarai Piala Dunia yang menjadi kompetisi antarnegara paling bergengsi di dunia. Selain itu, keberhasilan Fabio Cannavaro meraih gelar Ballon d’Or semakin menyempurnakan pencapaian Italia di tahun tersebut.

Tidak terasa 15 tahun telah berlalu. Kini hanya tersisa Gianluigi Buffon yang masih aktif bermain sebagai pesepak bola. Sisanya mayoritas telah melanjutkan kariernya sebagai pelatih di sepak bola.

Tahun ini setidaknya ada 7 pemain dari skuad juara Italia di Piala Dunia 2006 yang menjadi seorang pelatih. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Gennaro Gattuso

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatihmalaymail.com

Nama pertama dalam daftar ini ialah Gennaro Gattuso yang menjadi andalan di posisi gelandang bertahan di skuad Timnas Italia 2006. Sebelum pensiun tahun 2013, Gattuso sudah terlebih dahulu diangkat sebagai player-manager di klub terakhirnya, FC Sion.

Kemudian, tahun 2019 Gattuso sudah mulai melatih Napoli untuk menggantikan mantan pelatihnya di AC Milan, Carlo Ancelotti. Walaupun kini Napoli tercecer di posisi kelima klasemen sementara Serie A, Gattuso dinilai berhasil memberikan performa hebat dan cukup konsisten bersama Napoli.

2. Filippo Inzaghi

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatihjuvefc.com

Setelah dinilai gagal menangani AC Milan di awal masa kepelatihannya, Filippo Inzaghi akhirnya mencoba mencari pengalaman dengan menangani klub Italia lain yang lebih kecil. Setelah mencoba melatih Venezia dan Bologna, Inzaghi akhirnya menemukan racikan terbaiknya bersama Benevento Calcio.

Musim lalu Pippo berhasil membawa Benevento menjuarai Serie B sekaligus promosi ke Serie A musim 2020/2021. Namun, hingga pekan ke-29 Serie A musim ini, Benevento masih bertengger di urutan ke-15 dan hanya berjarak 7 poin dari dasar klasemen.

Di akhir musim ini kontrak Inzaghi bersama Benevento akan habis. Menarik untuk ditunggu apakah musim depan Inzaghi akan kembali menangani Benevento atau mencari klub baru sebagai pelabuhannya.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunya

3. Fabio Cannavaro

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatihchina.org.cn

Kapten Timnas Italia di Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro, kini menjalani musim ketiganya bersama tim Chinese Super League, Guangzhou Evergrande. Sebelum menangani Guangzhou, Cannavaro juga sempat menjadi asisten pelatih di Al-Ahli dan menjadi pelatih kepala di Al-Nassr dan Tianjin Tianhai.

Cannavaro bisa disebut sebagai pelatih tersukses dari angkatan skuad Italia di Piala Dunia 2006. Gelar juara Chinese Super Cup di musim 2017/2018 dan gelar juara Chinese Super League adalah bukti dari kehebatan sang kapten sebagai seorang pelatih.

4. Andrea Pirlo

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatihjuvefc.com

Pada awal musim 2020/2021, secara mengejutkan Andrea Pirlo ditunjuk sebagai pelatih kepala Juventus untuk menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat sebelumnya. Dalam penunjukannya sebagai pelatih Juventus, banyak sekali pihak yang meragukan kualitas dari seorang Andrea Pirlo.

Pasalnya, ini adalah pengalaman pertama Pirlo untuk melatih sebuah tim sehingga banyak pihak menilai bahwa Pirlo belum siap untuk melatih tim sebesar Juventus. Keraguan tersebut semakin memuncak kala Juventus tampil tidak stabil di awal musim dan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions oleh FC Porto Maret lalu.

Menarik untuk ditunggu akankah Pirlo dipertahankan oleh manajemen Juventus untuk musim depan atau akan digantikan oleh pelatih baru yang lebih matang dan kaya pengalaman.

5. Fabio Grosso

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatihgianlucadimarzio.com

Pencetak gol penentu kemenangan italia di pertandingan final kontra Prancis, Fabio Grosso, baru saja melatih Frosinone di Serie B. Pada bulan Maret lalu, Grosso ditunjuk untuk menggantikan kompatriotnya yang juga berada di skuad Piala Dunia 2006, Alessandro Nesta, untuk menjadi pelatih kepala.

Grosso hanya dikontrak hingga akhir musim. Keputusan untuk memperpanjang kontrak nantinya akan bergantung terhadap performa Grosso selama Ia melatih Frosinone di sisa musim ini.

6. Alberto Gilardino

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatihmomentidicalcio.com

Eks striker AC Milan dan Fiorentina, Alberto Gilardino, merupakan salah satu striker yang dibawa oleh Marcelo Lippi ke Piala Dunia 2006. Gilardino telah pensiun sebagai pesepak bola pada tahun 2018 bersama Spezia dan kini melanjutkan kariernya sebagai seorang pelatih.

Di musim ini Gilardino melatih tim Serie D, Siena, sejak bulan September 2020. Beban yang cukup berat ada di pundak Gilardino musim ini. Pasalnya, dengan skuad seadanya dan baru saja bangkit dari kebangkrutan, Gilardino harus mampu membawa Siena untuk promosi ke Serie C di akhir musim nanti.

7. Marco Amelia

7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatihskysports.com

Kiper ketiga Timnas Italia di Piala Dunia 2006, Marco Amelia, juga menjabat sebagai pelatih musim ini. Pada bulan Maret lalu, Amelia baru saja ditunjuk untuk menggantikan Alessandro Dal Canto di posisi kepelatihan Livorno di Serie C.

Tugas Marco Amelia memang sangat sulit setelah ditinggal Alessandro Dal Canto. Kini Marco Amelia bersama Livorno terdampar di jurang klasemen Serie C dan terancam degradasi ke Serie D.

 

Itulah 7 pemain Italia di Piala Dunia 2006 yang menjadi pelatih saat ini. Selain nama-nama tersebut, masih banyak pemain lain yang juga melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Namun, karena urusan kebutuhan tim, para juara ini terpaksa untuk menunggu sambil meracik formula terbaik untuk calon timnya nanti. Adakah pemain favoritmu?

Baca Juga: Reinkarnasi Timnas Italia di Piala Dunia 2006 Dalam Diri PSM

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya