6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022

Ada dua pemain senior yang pernah menjelajah Eropa

Skuad Jepang di Piala Dunia 2022 cukup kental dengan nuansa Eropa. Pasalnya, 20 dari 26 pemain yang dipanggil Hajime Moriyasu merupakan pemain yang berlaga di liga Eropa, baik di Inggris, Jerman, Prancis, Portugal, Skotlandia, maupun Belgia.

Sementara itu, enam pemain lainnya berasal dari tim lokal Jepang yang berlaga di kasta tertinggi, J League. Siapa sajakah keenam pemain tersebut dan bagaimana kiprahnya di Timnas Jepang sejauh ini? Berikut ini ulasannya.

1. Shuichi Gonda

6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022Shuici Gonda (twitter.com/j_league_en)

Satu dari tiga kiper yang dibawa Timnas Jepang ke Qatar ternyata berasal dari tim J League. Sosok tersebut adalah Shuichi Gonda, kiper yang saat ini menjabat sebagai kapten dari Shimizu S-Pulse. Sepanjang kariernya, Gonda memang lebih sering membela klub J League.

Kendati demikian, ia juga pernah bermain di Eropa bersama SV Horn di Liga Austria serta Portimonese di Liga Portugal. Shuichi Gonda sendiri telah memiliki 33 caps dan punya peluang untuk jadi kiper utama Samurai Biru di Piala Dunia 2022.

2. Hiroki Sakai

6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022Hiroki Sakai (jfa.jp)

Setelah 9 tahun berkarier di Eropa (2012—2021) di Eropa bersama Hannover 96 dan Olympique Marseille, Hiroki Sakai akhirnya pulang ke Jepang. Pada awal musim 2021/2022, Sakai memilih untuk menjadi bagian dari tim Urawa Reds.

Sebagai pemain senior yang penuh pengalaman, tak sulit untuk Sakai bisa tampilkan permainan impresif. Hasilnya, Hiroki Sakai masih dipanggil oleh Hajime Moriyasu dan bisa menjadi pilar utama di posisi bek kanan Timnas Jepang.

3. Miki Yamane

6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022Miki Yamane (twitter.com/if2is)

Hiroki Sakai memiliki pesaing yang cukup berat untuk posisi bek kanan di Timnas Jepang. Sosok tersebut adalah Miki Yamane, bek kanan berusia 28 tahun yang saat ini berseragam Kawasaki Frontale.

Miki Yamane sendiri tak memiliki banyak pengalaman layaknya Hiroki Sakai sebab kariernya sejauh ini hanya berkutat di J League dan tak banyak catatkan laga di timnas. Meski begitu, Yamane punya kualitas untuk bermian di Piala Dunia.

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

4. Shogo Taniguchi

6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022Shogo Taniguchi (instagram.com/shogo_taniguchi_5)

Masih dari posisi pemain bertahan, nama selanjutnya berposisi sebagai bek tengah. Dia adalah Shogo Taniguchi, pemain berusia 31 tahun yang saat ini menjabat sebagai kapten dari Kawasaki Frontale.

Hampir serupa dengan Miki Yamane, Taniguchi juga tak pernah bermain di Eropa dan tak punya catatan penampilan yang banyak di timnas. Meski begitu, Taniguchi bisa menjadi bantuan bagi Jepang di posisi bek tengah.

5. Yuto Nagatomo

6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022Yuto Nagatomo (twitter.com/YutoNagatomo5)

Bukan lagi menjadi rahasia jika Yuto Nagatomo merupakan salah satu pemain Jepang yang sukses berkarier di Eropa. Ia pernah membela beberapa tim besar Eropa, seperti Inter Milan, Galatasaray, dan Olympique Marseille.

Pada awal musim 2021/2022, Yuto Nagatomo memilih untuk pulang ke Jepang dengan bergabung bersama FC Tokyo yang jadi timnya sekarang. Pada Piala Dunia 2022 mendatang, Nagatomo jadi salah satu bek kiri yang dipanggil oleh Hajime Moriyasu.

6. Yuki Soma

6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022Yuki Soma (twitter.com/j_league_en)

Di tengah gempuran kualitas winger Jepang yang berkarier di Eropa, Yuki Soma masih bertahan di J League bersama Nagoya Grampus.Soma sebetulnya punya kualitas sehingga ia bisa dibawa ke Piala Dunia 2022.

Bahkan, ia sukses membawa Nagoya Grampus menjadi juara J League musim ini. Masalahnya, mampukah Yuki Soma untuk menggeser beberapa nama besar untuk posisi serupa, seperti Kaoru Mitoma, Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Junya Ito, dan Takumi Minamino.

 

Skuad Jepang pada Piala Dunia 2022 cukup kental dengan nuansa Eropa. Itu artinya, sepak bola Jepang telah mengalami kemajuan pesat yang ditandai mulai banyaknya pemain Jepang yang berkarier di luar negerinya.

Baca Juga: 7 Pemain Lama di Skuad Timnas Jepang untuk Piala Dunia Qatar 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya