5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 22 Juventus Sebelum Federico Chiesa

Chiesa sudah jadi pemain andalan Si Nyonya Tua

Setelah melewati masa peminjaman selama dua musim, Federico Chiesa akhirnya akan dipermanenkan Juventus pada 1 Juli mendatang. Anak dari Enrico Chiesa ini sukses membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain bintang.

Pemain bernomor punggung 22 ini mampu tampil hebat dan jadi pemain penting bagi skuad Juventus. Jika dibandingkan dengan para pendahulunya yang sama-sama pernah menggunakan nomor punggung 22, Chiesa sudah bisa disebut berada di level tertinggi.

Untuk mengetahui hal tersebut, mari simak ulasan mengenai performa lima pemain Juventus yang menggunakan nomor punggung 22, tepat sebelum Federico Chiesa.

1. Emanuele Belardi

5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 22 Juventus Sebelum Federico ChiesaEmanuele Belardi (skysports.com)

Nomor punggung 22 di Juventus dulunya diperuntukan bagi pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang. Emanuele Belardi menjadi kiper terakhir yang menggunakan nomor punggung 22 di Juventus secara berurutan.

Belardi menggunakan nomor punggung tersebut pada musim 2006/2007 sebagai pemain ponjaman dari Reggina. Kokohnya posisi Gianluigi Buffon sebagai penjaga gawang utama Juventus, membuat Belardi jarang dimainkan. Selama berseragam Juventus, Belardi hanya bermain dalam sembilan laga.

2. Mohamed Sissoko

5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 22 Juventus Sebelum Federico ChiesaMohamed Sissoko (skysports.com)

Nomor punggung 22 merupakan nomor yang paling sering digunakan oleh Mohamed Sissoko dalam kariernya. Saat bergabung dengan Juventus pada pertengahan musim 2007/2008, Sissoko langsung mengambil alih nomor punggung 22.

Hal tersebut membuat Belardi terpaksa mengambil nomor punggung 12. Sissoko bermain selama 3,5 musim untuk I Bianconeri. Dalam kurun waktu tersebut, Sissoko sukses catatkan 100 laga dengan kontribusi 3 gol dan 5 assist.

3. Arturo Vidal

5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 22 Juventus Sebelum Federico ChiesaArturo Vidal. (bleacherreport.com)

Arturo Vidal merupakan pertanda kebangkitan Juventus di Serie A. Permainan apiknya sukses membuat Juventus tampil perkasa di Serie A dan juga Champions League. Saat pertama kali didatangkan dari Bayer Leverkusen pada awal musim 2011/2012, Vidal langsung menggunakan nomor 22.

Akan tetapi, tiga musim setelahnya, gelandang asal Chile ini memutuskan untuk mengganti nomor punggungnya menjadi 23. Selama berseragam ‘Si Nyonya Tua’, Vidal berhasil mencatatkan 170 penampilan dengan kontribusi 48 gol dan 25 assists.  

4. Kwadwo Asamoah

5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 22 Juventus Sebelum Federico ChiesaKwadwo Asamoah (skysports.com)

Setelah nomor punggung 22 dilepas oleh Arturo Vidal, nomor tersebut akhirnya diambil alih oleh Kwadwo Asamoah. Winger asal Ghana ini bergabung dengan Juventus pada awal musim 2012/2013 dari Udinese.

Asamoah cukup sering bermain untuk Juventus selama enam musim. Asamoah berhasil catatkan 5 gol dan 19 assists dari 154 laga yang membantuk Juventus meraih 13 gelar juara yang didapat dari 3 kompetisi berbeda. Ia pun hengkang ke Inter Milan pada awal musim 2018/2019.

5. Mattia Perin

5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 22 Juventus Sebelum Federico ChiesaMattia Perin (juventus.com)

Digadang-gadang akan jadi pengganti dari Gianluigi Buffon di Juventus dan Timnas Italia, Mattia Perin justru tak tampil sesuai harapan. Perin bergabung dengan Juventus pada musim 2018/2019 dari Genoa dan langsung mengambil nomor punggung 22.

Perin hanya menggunakan nomor tersebut selama semusim. Permainannya yang dianggap tak konsisten membuat Perin akhirnya kalah saing dari Wojciech Szczesny dalam perebutan posisi utama kiper Juventus.

 

Jika dibandingkan dengan lima nama di atas, Federico Chiesa masih membutuhkan waktu untuk menunjukan dirinya sebagai yang terbaik. Prestasinya di Juventus belum sebanyak Arturo Vidal atau Kwadwo Asamoah. Mampukah Chiesa membuktikan hal tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Juventus secara Bebas Transfer

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya