Comscore Tracker

5 Pemain Kelahiran Brasil yang Pernah Menjuarai Piala Eropa

Brazil sebagai gudangnya pesepak bola berkelas!

Dalam dunia sepak bola, Brasil dikenal sebagai salah satu gudangnya pesepak bola berbakat dunia. Kemampuan para pesepak bola Brasil dalam memainkan sepak bola indah yang biasa disebut jogo bonito menjadi salah satu ciri khas yang mereka punya dan dikenal di mata dunia.

Banyaknya talenta sepak bola yang ada di Brasil menjadikan level kesulitan untuk bergabung bersama tim nasional menjadi lebih sulit. Alhasil, banyak pemain kelahiran Brasil yang akhirnya merantau dan dinaturalisasi oleh negara lain, demi bisa tampil di kancah internasional.

Dan benua Eropa menjadi salah satunya. Bahkan faktanya, ada beberapa nama pemain kelahiran Brasil yang pernah mencicipi menjadi juara Piala Eropa bersama negara lain. Siapa sajakah mereka? Check this out!

1. Marcos Senna

5 Pemain Kelahiran Brasil yang Pernah Menjuarai Piala EropaMarcos Senna (si.com)

Marcos Senna tercatat sebagai pemain kelahiran Brasil pertama yang menjadi juara Piala Eropa. Pada gelaran Piala Eropa 2008, Senna merupakan bagian penting dari lini tengah timnas Spanyol yang dikomandoi duet Xavi dan Iniesta.

Pemain kelahiran kota Sao Paolo ini pertama kali datang ke Spanyol untuk bergabung bersama Villarreal di tahun 2002. Kemudian pada tahun 2006, Senna memutuskan untuk menjadi warga negara Spanyol dan mencatatkan debutnya pada 1 Maret 2006. Kala membawa Spanyol juara Piala Eropa di tahun 2008, Senna memainkan 5 laga tanpa pernah digantikan sekalipun.

2. Pepe

5 Pemain Kelahiran Brasil yang Pernah Menjuarai Piala EropaPepe (eurosport.com)

Keberhasilan timnas Portugal meraih gelar juara Piala Eropa di tahun 2016 merupakan salah satu kejutan terbesar dalam sejarah penyelenggaraan Piala Eropa. Pasalnya, Portugal kala itu tidak dijagokan dan tampil pincang kala berada di fase grup. Belum lagi, Prancis yang menjadi lawan mereka di final menjadi unggulan pertama turnamen.

Namun berkat kegigihan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan, Portugal berhasil meraih gelar juara Piala Eropa pertamanya. Salah satu pemain yang memegang peran penting ialah Pepe yang menjadi jenderal di lini pertahanan Portugal.

Pada Piala Eropa 2016, pemain kelahiran kota Macelo, Brasil, ini mencatatkan 6 kali penampilan tanpa pernah sekalipun digantikan. Selama turnamen, Pepe hanya absen satu kali, kala Portugal berhasil mengalahkan Wales di semifinal.

Baca Juga: 5 Sosok Baru dalam Skuad Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2022

3. Jorginho Frello

5 Pemain Kelahiran Brasil yang Pernah Menjuarai Piala EropaJorginho (goal.com)

Jorginho Frello lahir di Imbituba, Brasil pada 20 Desember 1991. Namun sejak usianya 15 tahun, Jorginho pindah ke Italia dan menimba ilmu di sekolah sepak bola Hellas Verona dari tahun 2007 hingga 2010. Walaupun lahir di Brasil, namun Jorginho memilih untuk menjadi bagian dari timnas Italia sejak 24 Maret 2016.

Dorongan besar dari mantan pelatih Italia, Gian Piero Ventura menjadi alasan besar Jorginho memilih Italia ketimbang tanah kelahirannya. Pilihannya tersebut ternyata berbuah manis, karena Jorginho sekarang menjadi pilar utama timnas Italia dan berhasil memenangkan Piala Eropa 2020.

Pada gelaran Piala Eropa tahun ini, Jorginho jelas punya andil besar. Terutama dalam menjaga keseimbangan lini tengah Italia. Jorginho pun tidak pernah absen pada gelaran Piala Eropa tahun ini.

4. Emerson Palmieri

5 Pemain Kelahiran Brasil yang Pernah Menjuarai Piala EropaEmerson Palmieri (goal.com)

Selain Jorginho, Emerson Palmieri juga menjadi pemain yang berhasil mengawinkan gelar juara Piala Eropa dan gelar juara Liga Champions tahun ini. Di ajang Piala Eropa, Emerson diplot sebagai pelapis dari Leandro Spinazzola di pos bek kiri Italia.

Karena cederanya Spinazzola di babak 8 besar, Emerson akhirnya dipercaya untuk mejadi bek utama bagi timnas Italia di babak semi final dan babak final. Walaupun jarang bermain di level klub, namun penampilan Emerson di dua laga tersebut sama sekali tidak memalukan.

Salah satu fakta yang jarang orang ketahui tentang Emerson ialah asal muasalnya. Emerson lahir di kota Santos dan besar di negara Brasil. Namun sejak tahun 2014, Emerson pindah ke Italia untuk bergabung bersama Palermo.Dan pada tahun 2018, Emerson akhirnya memutuskan untuk membela timnas Italia yang kala itu telah dilatih oleh Roberto Mancini. 

5. Rafael Toloi

5 Pemain Kelahiran Brasil yang Pernah Menjuarai Piala EropaRafael Toloi (beinsports.com)

Selain Jorginho dan Emerson, Italia juga memiliki pemain kelahiran Brasil lain dalam skuadnya saat ini, yakni Rafael Toloi. Kapten Atalanta Bergamo ini memang lahir di kota Gloria D’Oeste, Brasil dan baru pindah ke Italia pada tahun 2014 untuk bergabung dengan AS Roma.

Rafael Toloi pun tidak pernah sama sekali memikirkan untuk membela timnas sebelumnya. Namun berkat penampilan hebatnya kala membela Atalanta, tawaran pun datang pada 31 Maret 2021 untuk membela timnas Italia.

Dan di Piala Eropa 2020, Toloi mencatatkan 4 penampilan dengan rincian 157 menit penampilan. Meskipun demikian, Toloi berhak menerima medali gelar juara bersama Italia di Piala Eropa tahun ini.

 

Itulah 5 pemain kelahiran Brasil yang berhasil menjuarai Piala Eropa. Banyaknya bakat-bakat hebat di Negeri Samba membuat para pemainnya sulit untuk menembus timnas. Sehingga, tawaran naturalisasi dari negara lain menjadi jalan mereka untuk bisa tampil di kancah internasional.

Baca Juga: 5 Pemain Kelahiran Brasil yang Tampil di Piala Eropa 2020

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya udah di-acc. Horeee!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya