Comscore Tracker

5 Pemain Berkebangsaan Kosovo yang Pernah Membela Klub Serie A

Bakat sepak bola dari salah satu negara termuda dunia

Dari 7 negara pecahan Yugoslavia, Kosovo merupakan negara termuda di antara semuanya. Kosovo baru memerdekakan diri dari Serbia pada tahun 2008. Tak heran jika negara satu ini masih membangun dan menyiapkan segala aspek kehidupannya hingga saat ini.

Untuk sektor olahraga, terutama sepak bola, mereka baru pertama kali melaksanakan pertandingan resmi pada tahun 2014 dengan berisikan materi pemain keturunan yang sebelumnya sempat membela negara lain, seperti Albania, Swiss, ataupun Montenegro.

Namun, untuk urusan kualitas pesepak bola, Kosovo merupakan salah satu yang diperhitungkan. Hingga saat ini, terhitung ada 5 pemain berkebangsaan Kosovo yang pernah mentas dan merumput di liga Serie A Italia. Siapa saja mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Samir Ujkani

5 Pemain Berkebangsaan Kosovo yang Pernah Membela Klub Serie Atransfermarkt.com

Samir Ujkani merupakan kiper utama sekaligus kapten dari tim nasional Kosovo. Sebelum menjadi pemain Timnas Kosovo, Ujkani terlebih dahulu membela Timnas Albania hingga tahun 2016 dengan catatan 20 penampilan.

Total ada 8 tim Liga Italia dari seluruh kasta yang pernah Ujkani bela sejak kedatangannya ke Palermo tahun 2009. Namun, hanya Chievo Verona, Palermo, Genoa, dan Torino yang benar-benar Samir Ujkani bela saat bermain di Serie A.

Selama berkarier di Serie A, Ujkani telah memainkan 48 laga dengan catatan 12 clean sheets dari 4 tim yang pernah ia bela. Sejak musim lalu, Samir Ujkani telah bermain untuk Torino dan tercatat sebagai kiper ketiga dari tim berjuluk Il Toro ini.

2. Valon Berisha

5 Pemain Berkebangsaan Kosovo yang Pernah Membela Klub Serie Agazzetta.it/Getty Images

Valon Berisha bisa disebut sebagai pemain Kosovo terbaik yang pernah membela klub Serie A. Gelar juara Copa Italia tahun 2019 dan gelar juara Piala Super Italia tahun 2020 untuk Lazio merupakan raihan terbesar yang pernah pemain Kosovo raih di Serie A.

Pemain yang dulunya membela Timnas Norwegia ini datang ke Lazio dari RB Salzburg di jendela transfer musim panas 2018. Namun, permainannya bersama Lazio tidak konsisten dan cenderung angin-anginan. Dari dua musim, Valon Berisha hanya mampu berkontribusi dalam 1 assist dari 22 pertandingan yang ia mainkan sebagai seorang gelandang. Setelah sempat dipinjamkan ke Fortuna Dusseldorf, Valon Berisha akhirnya dijual ke Stade Reims pada awal musim ini.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropa

3. Amir Rrahmani

5 Pemain Berkebangsaan Kosovo yang Pernah Membela Klub Serie Ailmionapoli.it

Nama selanjutnya adalah kapten kedua Timnas Kosovo, Amir Rrahmani. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini pertama kali datang ke Serie A pada bulan Juli 2019 untuk bergabung bersama Hellas Verona dari Dinamo Zagreb.

Permainan gemilangnya bersama Hellas Verona membuat Napoli kepincut untuk merekrutnya. Dengan mahar 14,2 juta euro atau sekitar Rp248 miliar, Amir Rrahmani akhirnya pindah ke Napoli setahun berselang.

Kini, di bawah arahan Gennaro Gattuso, Rrahmani baru memainkan 14 laga dan masih harus membutuhkan usaha ekstra guna merebut posisi utama di pos jantung pertahanan Napoli yang diisi bek-bek tangguh, seperti Kalidou Koulibaly, Kostas Manolas, dan Nikola Maksimovic.

4. Vedat Muriqi

5 Pemain Berkebangsaan Kosovo yang Pernah Membela Klub Serie Athelaziali.com

Vedat Muriqi masih tercatat sebagai pemain termahal yang didatangkan dari Super Lig Turki. Pada awal musim ini, Vedat Muriqi didatangkan oleh Lazio dari Fenerbahce dengan banderol sebesar 18,5 juta euro atau setara dengan Rp323 miliar.

Namun, hingga pekan ke-34 Serie A, Vedat Muriqi masih sulit untuk menemukan ketajamannya kembali. Hingga saat ini Muriqi masih terlihat kesulitan untuk menggeser peran Ciro Immobile dari posisi penyerang utama klub berlogo burung Elang tersebut.

5. Margim Vojvoda

5 Pemain Berkebangsaan Kosovo yang Pernah Membela Klub Serie Asinjali.com

Selain Samir Ujkani, Mergim Vojvoda juga menjadi bagian dari skuad Torino musim ini. Pemain dengan caps terbanyak bersama Timnas Kosovo ini didatangkan oleh Torino dari Standard Liege, Belgia, di awal musim.

Dibandingkan performa 4 nama sebelumnya, Vojvoda bisa dikatakan lebih baik secara kontribusi tim. Ia telah memainkan 21 laga dengan total 1.133 menit bermain. Salah satu hambatannya musim ini ialah cedera. Karena alasan tersebut, Vojvoda sempat absen sebanyak 9 laga dengan alasan cedera bahu.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Kosovo yang pernah merumput di Serie A Italia. Dengan bakat yang ada saat ini, mampukah Kosovo mencapai level teratas dalam 10 tahun ke depan?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Asal Kosovo yang Bermain di Klub Besar Eropa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya udah di-acc. Horeee!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya