6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023

Mengakhiri puasa gelar selama 48 tahun

Setelah menunggu 48 tahun, West Ham United kembali meraih gelar juara di kompetisi resmi. UEFA Conference League 2022/2023 menjadi momen di mana The Hammers mengakhiri puasa gelar tersebut. Hal ini jelas sangat membanggakan bagi seluruh pihak yang mendukung West Ham, termasuk pemain, penggemar, dan manajemen.

Perjalanan West Ham meraih gelar juara tak mudah. Mereka melewati masa sulit dari babak kualifikasi, fase grup, hingga fase gugur. Begitu pula pada babak final kontra Fiorentina, saat drama terjadi hingga menit akhir. Namun, skor 2-1 menjadi angka pembeda antara West Ham dan Fiorentina pada partai puncak tersebut.

Dalam perjalanannya, beberapa pemain West Ham United dinilai menonjol dan layak disebut sebagai kunci permainan tim. The Hammers tampaknya harus lebih banyak berterima kasih kepada pemain-pemain ini. Siapa sajakah pemain kunci West Ham saat juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023?

1. Nayef Aguerd

6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023Nayef Aguerd (whufc.com)

David Moyes benar-benar memanfaatkan rekrutan barunya dengan baik. Di jantung pertahanan, Nayef Aguerd yang didatangkan dari Rennes pada awal musim ini tampil selama 708 menit dari 8 pertandingan. Catatan tersebut menjadi yang terbanyak di antara bek tengah West Ham United lain, semacam Angelo Ogbonna, Craig Dawson, dan Thilo Kehrer. Penampilannya yang terbilang konsisten dan tangguh membuat David Moyes gemar memainkan Aguerd di lini belakang.

2. Alphonse Areola

6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023Alphonse Areola (premierleague.com)

Mulai 2022/2023, Alphonse Areola mendapatkan menit bermain lebih di bawah mistar West Ham United. Kiper asal Prancis ini diproyeksikan sebagai suksesor Lukasz Fabianski yang saat ini mendekati masa pensiun karena usia. Keputusan David Moyes memilih Areola sebagai kiper inti The Hammers ternyata tepat. Sebab, ia bermain apik di berbagai kompetisi, termasuk Liga Konferensi Eropa.

3. Jarrod Bowen

6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023Jarrod Bowen (premierleague.com)

Jarrod Bowen mencetak 5 gol dan 3 assist dari 11 pertandingan di Liga Konferensi Eropa. Catatan gol tersebut sudah termasuk sumbangan satu golnya pada babak final kontra Fiorentina. Selain karena statistiknya, Bowen pun menjadi penentu kemenangan yang mengakhiri puasa gelar West Ham United. Pria asal Inggris ini patut berbangga dengan prestasinya, sebab akan masuk buku sejarah West Ham yang masyhur.

Baca Juga: Perjalanan West Ham Melaju ke Final Liga Konferensi Eropa 2022/2023

4. Said Benrahma

6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023Said Benrahma (premierleague.com)

Untuk menemani Jarrod Bowen di sisi sayap, David Moyes sering memasang Said Benrahma di pos winger kiri. Pria asal Aljazair ini terbukti cukup ampuh dan sangat berkontribusi dalam keberhasilan The Hammers meraih gelar juara Liga Konferensi Eropa musim ini. Jika dilihat dari statistik, Benrahma mampu mencatat 3 gol dan 1 assist dari 11 laga yang dijalaninya selama 709 menit.

5. Lucas Paqueta

6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023Lucas Paqueta (whufc.com)

Gelar raja assist West Ham United di Liga Konferensi Eropa jatuh kepada seorang Lucas Paqueta. Gelandang serang asal Brasil ini mencetak 1 gol dan 4 assist hanya dalam 617 menit. Hal itu membuat  pria asal Brasil ini tampak produktif dan efektif di lini tengah. Di samping itu, Paqueta memang memiliki kemampuan menawan dalam menggiring bola yang membuat pemain lawan waspada.

6. Michail Antonio

6 Pemain Kunci West Ham saat Juara Liga Konferensi Eropa 2022/2023Michail Antonio (premierleague.com)

Meski membeli penyerang baru pada awal musim 2022/2023, David Moyes tetap mengandalkan Michail Antonio. Hal ini terbukti kala West Ham United tampil di ajang Liga Konferensi Eropa. Penyerang asal Inggris keturunan Jamaika ini mencatat 6 gol dan 2 assist dari 9 pertandingan. Torehan golnya merupakan yang terbanyak di antara pemain West Ham lain di Liga Konferensi Eropa musim ini.

Keberhasilan West Ham United mengakhiri puasa gelar akan sangat dibanggakan. Terlebih, West Ham menjadi tim Inggris pertama yang berhasil meraih gelar juara di Liga Konferensi Eropa. Dengan keberhasilannya ini, West Ham pun patutnya waspada karena beberapa pemain andalan mereka mungkin akan pindah karena diincar klub besar.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Inggris Termahal yang Berseragam West Ham United

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya