6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023

Bayern Munich kembali jadi penguasa Jerman

Lewat drama pekan terakhir Bundesliga 2022/2023, Bayern Munich kembali menasbihkan diri sebagai penguasa Liga Jerman. Tim asal Bavaria ini memastikan gelar juara setelah menang atas FC Koeln dengan skor 2-1 pada pekan ke-34. Pada waktu yang hampir bersamaan, Borussia Dortmund ditahan imbang oleh Mainz 05.

Penampilan Bayern Munich di Bundesliga musim ini memang tak segarang musim-musim sebelumnya. Mereka sempat terseok-seok hingga diprediksi tak akan jadi juara. Akan tetapi, Die Bavaria mampu bangkit mengejar ketertinggalan sehingga bisa menjadi juara pada akhir musim.

Selama perjalanannya di Bundesliga 2022/2023, Bayern Munich perlu berterima kasih kepada beberapa pemain. Deretan pemain ini memiliki kontribusi besar dan bisa disebut sebagai kunci dari juaranya Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023. Siapa sajakah nama yang dimaksud dan seperti apa performanya?

1. Matthijs de Ligt

6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023Matthijs de Ligt (mobile.twitter.com/mdeligt_04)

Julian Nagelsmann maupun Thomas Tuchel sangat mempercayakan posisi bek tengah kepada Matthijs de Ligt. Bek asal Belanda ini mengalami kemajuan kualitas yang signifikan pada musim ini. Selain tangguh, De Ligt juga beberapa kali hadir sebagai penentu kemenangan. Pada 2022/2023 ini, ia mencatat 31 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 1 assist.

2. Benjamin Pavard

6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023Benjamin Pavard (fcbayern.com)

Selain Matthijs de Ligt, Benjamin Pavard pun sangat diandalkan di posisi bertahan. Bek asal Prancis ini merupakan pemain versatile. Ia bisa bermain sama bagusnya di posisi bek tengah dan bek sayap. Pavard mencatat 4 gol dan 1 assist selama 2.431 menit bermain dari 30 laga. Menit bermainnya merupakan yang terbanyak kedua di skuad Bayern Munich musim ini.

3. Joshua Kimmich

6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023Joshua Kimmich (twitter.com/ChampionsLeague)

Pemain yang paling sering dimainkan oleh Bayern Munich di Bundesliga 2022/2023 adalah Joshua Kimmich. Pemain serbabisa asal Jerman ini menyumbang 5 gol dan 6 assist dari 33 laga dengan rincian 2.814 menit bermain. Catatan tersebut membuktikan jika Kimmich memegang peranan penting di skuad Bayern Munich musim ini, terutama untuk posisi gelandang.

Baca Juga: 5 Klub Elite Eropa Berburu Joshua Kimmich, Barcelona Terfavorit

4. Thomas Mueller

6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023Thomas Mueller (fcbayern.com)

Cederanya Manuel Neuer membuat Thomas Mueller mengambil alih kepemimpinan tim. Pemain senior asal Jerman ini menjadi orang yang sangat berkontribusi dalam memimpin tim di lapangan dan memberikan motivasi kepada rekan setimnya. Selain itu, Mueller pun cukup mentereng soal statistik dengan mencetak 7 gol dan 8 assist dari 27 penampilan.

5. Jamal Musiala

6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023Jamal Musiala (twitter.com/championsleague)

Fenomenal menjadi kata yang pas untuk mendeskripsikan performa Jamal Musiala di Bundesliga musim ini. Gelandang serang berusia 20 tahun ini tampil mentereng dengan catatan gol dan assist yang merata. Ia mencetak 12 gol dan 13 assist di Bundesliga 2022/2023. Catatan golnya merupakan terbanyak kedua, sedangkan assist-nya merupakan torehan tertinggi untuk Bayern Munich di Bundesliga musim ini.

6. Serge Gnabry

6 Pemain Kunci yang Membawa Bayern Munich Juara Bundesliga 2022/2023Serge Gnabry (twitter.com/ChampionsLeague)

Perlu diakui jika kehilangan Robert Lewandowski adalah masalah bagi ketajaman Bayern Munich. Kendati demikian, pemain Bayern Munich bisa mencetak gol dengan torehan yang cukup merata. Dari sekian nama yang ada, Serge Gnabry menjadi yang paling mentereng soal gol. Pemain keturunan Pantai Gading ini mencetak 14 gol dan 6 assist dari 34 laga di Bundesliga 2022/2023

Jika bicara soal performa pada musim ini, tak ada pemain yang sangat menonjol di skuad Bayern Munich. Mereka tampil hampir merata dengan performa, kontribusi, dan permainan yang ditampilkan. Namun, keenam pemain di atas merupakan yang paling berperan. Selamat untuk kemenangan Bayern Munich di ajang Bundesliga 2022/2023!

Baca Juga: Kisah Serge Gnabry, Dibuang Arsenal namun Bersinar di Bayern Munchen!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya