Comscore Tracker

5 Pemain Legendaris LaLiga yang Diabadikan Jadi Nama Gelar

Para legenda yang terus dikenang abadi!

LaLiga Spanyol merupakan salah satu kompetisi sepak bola profesional yang telah sangat lama bergulir. Musim pertama LaLiga dihelat pada musim 1928/1929 dengan jumlah sepuluh peserta.

Dengan usia kompetisi yang sangat tua, tak heran jika LaLiga punya deretan pemain legendaris. Beberapa di antaranya bahkan dikenang dan diabadikan sebagai nama penghargaan yang dikenal pada masa kini.

Siapa saja sosok legendaris tersebut dan gelar apa saja yang terinspirasi dari sosok mereka? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Ferenc Puskas

5 Pemain Legendaris LaLiga yang Diabadikan Jadi Nama GelarFerenc Puskas (kingfut.com)

Nama yang pertama ialah Ferenc Puskas, legenda sepak bola Hungaria yang pernah delapan tahun membela Real Madrid. Semasa masih jadi pesepak bola, Puskas termasuk sebagai salah satu pemain hebat pada eranya.

Total 4 gelar top skor, 3 gelar juara UCL dan 5 gelar juara LaLiga sukses ia torehkan. Torehan istimewa tersebut sukses ia dapatkan karena Puskas punya kualitas hebat sebagai penyerang tajam nan menghibur.

Nama besar Ferenc Puskas saat ini telah abadi sebagai nama penghargaan yang diberikan kepada pencetak gol terbaik selama setahun. Penghargaan ini diberikan oleh FIFA dan telah dimulai sejak tahun 2009.

2. Rafael 'Pichichi' Moreno

5 Pemain Legendaris LaLiga yang Diabadikan Jadi Nama GelarRafael 'Pichichi' Moreno (panenka.org)

Tak banyak penggemar sepak bola yang mengenal nama Rafael Moreno. Namun, ketika disebut nama El Pichichi, sebagian penggemar sepak bola mungkin menyadari jika nama tersebut sering mereka dengar.

Nama tersebut terinspirasi dari sosok penyerang tajam Athletic Bilbao bernama Rafael ‘Pichichi’ Moreno yang bermain di medio 1910—1922. Sejak tahun 1953, harian olahraga Marca di Spanyol menggunakan nama julukan Rafael Moreno, yakni El Pichichi sebagai penghargaan bagi top skor LaLiga dalam tiap musimnya.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Trofi LaLiga Terbanyak Sepanjang Sejarah, Legenda!

3. Miguel Munoz

5 Pemain Legendaris LaLiga yang Diabadikan Jadi Nama GelarMiguel Munoz (fifa.com)

Miguel Munoz cukup mentereng sebagai seorang pesepak bola profesional. Namun, masa terbaiknya dalam dunia sepak bola justru ditorehkan saat ia menjadi pelatih dari 1959—1989. Dalam kurun waktu tersebut, Munoz sukses raih banyak trofi bergengsi.

Sejak tahun 2006, Marca juga membuat sebuah penghargaan yang dengan nama Miguel Munoz Trophy. Penghargaan ini diberikan kepada pelatih LaLiga terbaik dalam semusim untuk divisi Primera maupun Segunda.

4. Ricardo Zamora

5 Pemain Legendaris LaLiga yang Diabadikan Jadi Nama GelarRicardo Zamora (football-emotion.skyrock.com)

Harian Marca juga memberikan penghargaan bagi seorang kiper yang dianggap tampil terbaik di LaLiga dalam semusim. Trofi yang mulai diperkenalkan pada 1958 ini diberi nama Zamora Trophy.

Nama tersebut diambil langsung dari kiper legendaris Spanyol asal Katalan, bernama Ricardo Zamora. Selama jadi pesepak bola profesional, Ricardo Zamora tampil sangat hebat bersama Barcelona, Espanyol dan Real Madrid di LaLiga.

5. Telmo Zarra

5 Pemain Legendaris LaLiga yang Diabadikan Jadi Nama GelarTelmo Zarra (sportmob.com)

Athletic Bilbao merupakan salah satu klub paling legendaris di LaLiga. Mereka memiliki seorang penyerang legendaris yang tercatat sukses torehkan 251 gol dari 277 pertandingan untuk klub asal Basque tersebut.

Dia adalah Telmo Zarra, penyerang berkebangsaan Spanyol yang saat ini diabadikan sebagai sebuah penghargaan dari Marca. Penghargaan ini diberikan kepada pemain lokal dengan jumlah gol terbanyak dalam semusim LaLiga.

Baik pemain divisi Primera maupun Segunda, mereka berhak untuk mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan yang diberi nama Zarra Trophy ini telah diadakan sejak musim 2005/2006.

 

Dengan kontribusi besar yang mereka hadirkan, para legenda ini akhirnya diabadikan sebagai sebuah penghargaan. Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Iker Casillas juga punya performa mengagumkan saat bermain di LaLiga. Akankah ketiga nama tersebut dijadikan sebagai sebuah nama penghargaan pada suatu hari nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Terakhir yang Mencetak Hattrick di LaLiga Spanyol

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya