5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier League

Luis Diaz jadi yang terbaru!

Nomor punggung 23 merupakan nomor yang sangat lazim digunakan di sepak bola. Beberapa pemain hebat seperti David Beckham, Andrei Arshavin dan Arturo Vidal sangat terkenal dengan nomor ini.

Namun hanya ada 5 pemain saja yang pernah menggunakan nomor punggung 23 di Liverpool, sepanjang mereka ikut serta dalam format baru English Premier League (EPL). Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftarnya!

1. Robbie Fowler

5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier LeagueRobbie Fowler (skysports.com)

Pemain pertama yang menggunakan nomor punggung 23 Liverpool di era EPL ialah Robbie Fowler. Striker legendaris timnas Inggris ini mulai menggunakan nomor punggung 23 pada paruh kedua musim 1993/1994.

Total 3 musim ia menggunakan nomor punggung tersebut. Setelah itu, ia sempat menggunakan nomor punggung 12, 11 dan nomor punggung 9 yang menjadi ciri khasnya di Liverpool. Fowler tampil sangat tajam ketika membela Liverpool.

Ia berhasil menorehkan 369 pertandingan dengan torehan 183 gol dan 49 pertandingan dari total 8,5 musim membela Livepool yang terbagi dalam dua kesempatan.

2. Jamie Carragher

5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier LeagueJamie Carragher (liverpoolfc.com)

Jamie Carragher merupakan pemain Liverpool yang paling lama menggunakan nomor punggung 23. Maklum saja karena seluruh karier Carragher di sepak bola, ia dedikasikan seluruhnya untuk kota kelahirannya tersebut.

Sejak mulai dipromosikan ke tim utama pada musim 1995/1996, bek yang kini menjadi pundit di Sky Sports ini selalu menggunakan nomor 23. Dengan total 17 musim membela Liverpool, Carragher berhasil menorehkan 737 penampilan dan berkontribusi untuk 11 gelar juara bagi The Reds.

Baca Juga: [BREAKING] Liverpool Akhirnya Daratkan Luis Diaz

3. Emre Can

5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier LeagueEmre Can (liverpoolfc.com)

Setelah Jamie Carragher pensiun di akhir musim 2013/2014, nomor punggung 23 langsung diwariskan kepada Emre Can yang kala itu baru didatangkan dari Bayer Leverkusen. Gelandang Jerman yang memiliki garis keturunan Turki ini mampu tampil memuaskan dan menjadi idola baru publik Merseyside.

Emre Can dikenal sebagai pemain versatile yang kuat dan memiliki tendangan keras. Emre Can menghabiskan 4 musim bersama Liverpool dengan mencatatkan 167  pertandingan dengan kontribusi 14 gol dan 12 assists.    

4. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier LeagueXherdan Shaqiri (liverpoolfc.com)

Xherdan Shaqiri bergabung dengan Liverpool pada musim panas tahun 2018 dari Stoke City yang kala itu harus terdegradasi. Shaqiri dianggap sebagai pembelian cemerlang yang dilakukan Liverpool kala itu.

Namun sayang, Shaqiri gagal menembus tempat utama di skuad Liverpool. Ia lebih sering menjadi pelapis dari duet Mo Salah dan Sadio Mane di sisi sayap Liverpool. Kendati demikian, penampilan Shaqiri sebagai pemain cadangan sangatlah disukai oleh fans Liverpool.

Pasalnya, ia sering kali mencetak gol penentu kemenangan atau memberikan pengaruh besar setelah dimasukkan ke lapangan oleh Jurgen Kloop. Untuk menambah menit bermain, Shaqiri akhirnya hengkang ke Lyon pada awal musim ini.

5. Luis Diaz

5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier LeagueLuis Diaz (skysports.com)

Pemain terbaru yang akan menggunakan nomor punggung 23 ialah Luis Diaz yang baru didatangkan pada 30 Januari 2022 lalu. Luis Diaz diboyong dari FC Porto dengan harga 45 juta euro atau setara dengan Rp723 miliar.

Kedatangan winger berkebangsaan Kolombia ini jelas akan lebih memperketat dan memperkuat daya gedor Liverpool yang telah diisi banyak pemain top. Pertanyaannya, mampukah Luis Diaz bersaing dengan Mo Salah, Sadio Mane, Diogo Jota, Roberto Firmino, Divock Origi atau bahkan Takumi Minamino?

 

Faktor lamanya masa bakti Jamie Carragher menjadi alasan nomor punggung 23 di Liverpool hanya baru digunakan oleh 5 pemain saja. Lantas siapa pemilik nomor punggung 23 yang paling kamu ingat di sepak bola?

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Gunakan Nomor Punggung 6 Sebelum Thiago

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya