5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo Dalot

Kehadiran Erik ten Hag membuat Dalot sering main

Telah bergabung bersama Manchester United sejak musim 2018/2019, Diogo Dalot nampaknya akan mencatat musim terbaiknya pada kesempatan kali ini. Dalot sukses mendapatkan kepercayaan besar dari Erik ten Hag untuk mengisi pos bek kanan.

Dalot jadi pengguna nomor punggung 20 di Manchester United saat ini. Pertanyaannya, apakah Dalot merupakan pewaris nomor punggung 20 terbaik di Manchester United? Simak ulasannya berikut ini.

1. Gary Neville

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo DalotGary Neville (manutd.com/)

Gary Neville merupakan sosok legenda yang sangat besar di Manchester United. Seluruh kariernya di sepak bola, Gary habiskan hanya untuk membela klub masa kecilnya tersebut. Saat berseragam Setan Merah, Gary sangat ikonik dengan nomor punggung 20.

Padahal, Gary cukup sering bergonta-ganti nomor punggung saat masih muda. Salah satunya ialah nomor punggung 20 yang pernah ia gunakan pada musim 1995/1996. Selama 19 tahun membela Manchester United, Gary sukses mempersembahkan banyak gelar juara yang didapat dari 600 laga yang ia jalani.

2. Ole Gunnar Solskjaer

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo DalotOle Gunnar Solskjaer (manutd.com)

Selama 12 tahun, nomor punggung 20 Manchester United selalu digunakan oleh Ole Gunnar Solskjaer. Sehingga tak heran jika penyerang yang pernah menjadi pelatih Manchester United ini sangat ikonik dengan nomor punggung tersebut.

Ole bermain untuk Manchester United dari musim 1996/1997 hingga akhirnya pensiun pada musim 2007/2008. Selama berkarier sebagai pesepak bola, Ole dikenal sebagai salah satu super-sub terbaik sepanjang masa. Sumbangan satu gol yang ia cetak pada final Champions League 1999 adalah salah satu buktinya.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Digaet Manchester United

3. Fabio da Silva

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo DalotFabio da Silva (twitter.com/ofabio3)

Nomor punggung 20 peninggalan Ole Gunnar Solskjaer kemudian diwariskan kepada Fabio da Silva. Bersama saudara kembarnya, Rafael da Silva, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini promosi ke tim utama Manchester United pada awal musim 2008/2009.

Meski pernah disanjung karena permainan apiknya, tapi Fabio tak benar-benar menjadi pemain hebat bersama Setan Merah. Dari total 6 musim, Fabio hanya mampu mencatatkan 3 gol dari 56 laga untuk Manchester United.

4. Robin van Persie

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo DalotRobin van Persie (premierleague.com)

Kepindahan Robin van Persie ke Manchester United pada musim terakhir Sir Alex Ferguson menjabat sebagai manajer sempat membuat heboh sepak bola Inggris. Pasalnya, ia pindah dari Arsenal yang notabene merupakan rival Manchester United.

Sempat bermain apik pada dua musim pertamanya, Robin van Persie perlahan tersingkirkan akibat pergantian pelatih. Selama tiga musim (2012—2015), Robn van Persie sukses mencetak 58 gol dan 21 assists dari 105 laga di seluruh ajang yang diikuti Manchester United.

5. Sergio Romero

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo DalotSergio Romero (premierleague.com)

Nama yang terakhir adalah Sergio Romero, kiper berkebangsaan Argentina yang bermain selama 5 musim (2015—2021) untuk Manchester United. Pada 3 musim pertamanya, Sergio Romero sempat menggunakan nomor punggung 20.

Namun, ia kerap dikirim ke tim muda Manchester United sehingga nomor punggung tersebut akhirnya diambil oleh Diogo Dalot pada 2018. Setelah itu, Romero menggunakan nomor punggung 22.

Selama berseragam Setan Merah, Romero harus puas menjadi cadangan dari David De Gea. Ia hanya mencatatkan 61 laga dengan torehan 39 nirbobol.

 

Jika melihat dari ulasan di atas, Diogo Dalot jelas belum menjadi yang terbaik. Dengan segala dedikasinya, nama Ole Gunnar Solskjaer masih dinilai menjadi pewaris nomor punggung 20 terbaik di Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain Pertama yang Didatangkan Manchester United dari Eredivisie

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya