5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben Dias

Ruben Dias paling gemilang!

Ruben Dias sangat pantas disebut sebagai salah satu bek tengah terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Pemain berkebangsaan Portugal ini merupakan bek utama dari Manchester City dan Timnas Portugal.

Walaupun Pep Guardiola sering melakukan rotasi pemain, faktanya Ruben Dias merupakan bek yang paling sering dimainkan di Manchester City. Bek yang menggunakan nomor punggung 3 ini pernah menjadi pemain terbaik English Premier League pada musim 2020/2021.

Torehan tersebut setidaknya telah menunjukan kualitas dari seorang Ruben Dias. Jika dibandingkan dengan lima pendahulunya sesama pengguna nomor 3 Manchester City, namanya jelas lebih mentereng. Lalu, siapa sajakah kelima nama tersebut dan bagaimana kiprahnya di Manchester City? Berikut kami sajikan ulasannya!

1. Michael Ball

5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben DiasMichael Ball (skysports.com)

Michael Ball merupakan gambaran pemain Manchester City sebelum memasuki era Sheikh Mansour bin Zayed. Bek kiri berkebangsaan Inggris ini didatangkan dari PSV Eindhoven pada awal tahun 2007 dan langsung menggunakan nomor punggung 3.

Pada dua musim pertamanya, Ball masih sering bermain secara regular bersama skuad Manchester City. Namun, kedatangan pemain-pemain berkelas setelah kepemilikan Mansour bin Zayed tak mampu disainginya. Alhasil, ia pun jarang dimainkan pada musim 2008/2009 dan akhirnya dilepas secara gratis pada akhir musim tersebut.

2. Wayne Bridge

5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben DiasWayne Bridge (90min.com)

Wayne Bridge merupakan 1 dari 5 pemain pertama yang didatangkan Manchester City di awal kepemilikan Sheikh Mansour bin Zayed. Bridge didatangkan dari Chelsea pada 2 Januari 2009. Akan tetapi, ia terlebih dahulu memakai nomor 25 karena nomor punggung 3 masih menjadi milik Michael Ball.

Setelah setengah musim, Bridge memutuskan untuk mengambil alih nomor punggung 3 peninggalan Ball. Bridge juga tak memiliki karier yang cukup baik di Manchester City. Ia kalah saing oleh beberapa pemain  baru. Selama tiga musim, Bridge hanya bermain dalam 52 penampilan.

Baca Juga: 5 Bintang EPL dengan nomor punggung 29, Nomor 1 Pemain Chelsa

3. Maicon

5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben DiasMaicon (skysports.com)

Mungkin tak banyak yang ingat bahwa Douglas Maicon pernah berseragam Manchester City. Momen tersebut terjadi pada musim 2012/2013 ketika ia diboyong dari Inter Milan. Kedatangan bek senior sekelas Maicon seharusnya dapat membantu banyak skuad Manchester City.

Akan tetapi, Maicon justru kalah saing di sektor bek kanan Manchester City. Roberto Mancini yang saat itu menjadi pelatih lebih memilih untuk memainkan Pablo Zabaleta sebagai bek utama. Alhasil, Maicon pun hanya mencatatkan 13 penampilan di musim tersebut.

4. Bacary Sagna

5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben DiasBacary Sagna (skysports.com)

Berbekal performa yang sangat apik ketika membela Arsenal, Bacary Sagna akhirnya diboyong oleh Manchester City pada awal musim 2014/2015. Bek kanan berkebangsaan Prancis ini memiliki karier yang tak konsisten ketika membela Manchester City.

Dari tiga musimnya di Etihad Stadium, Sagna hanya sering bermain pada musim 2015/2016. Konsistensi yang dimiliki Pablo Zabaleta di sektor kanan Manchester City juga menjadi alasan Sagna jarang mendapatkan menit bermain yang bagus. Selama kurun waktu tersebut, Sagna hanya mencatat 86 laga.

5. Danilo

5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben DiasDanilo (skysports.com)

Bek kanan lain yang juga menggunakan nomor punggung 3 di Manchester City ialah Danilo. Bek berkebangsaan Brasil ini dibeli dari Real Madrid pada awal musim 2017/2018. Danilo memang telah mampu untuk menggantikan posisi Pablo Zabaleta di sektor kanan.

Akan tetapi, Danilo memiliki saingan baru di sektor bek kanan, yakni Kyle Walker yang didatangkan dalam waktu yang hampir bersamaan dengannya. Danilo pun jarang diandalkan oleh Pep Guardiola karena keberadaan Kyle Walker. Alhasil, ia pun hanya bertahan selama dua musim.

 

Dengan catatan statistik dan prestasi individu serta tim yang telah ia torehkan, Ruben Dias layak disebut sebagai pewaris nomor punggung 3 terbaik di Manchester City. Asalkan memiliki penampilan yang konsisten, bukan tidak mungkin Ruben Dias akan melegenda seperti Vincent Kompany.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya