Comscore Tracker

5 Pemain Meksiko yang Pernah Bermain di Bundesliga Sedekade Terakhir

Chicharito Hernandez menjadi yang paling menonjol

Tidak sebanyak di LaLiga dan Eredivisie, kehadiran para pemain berkebangsaan Meksiko di Bundesliga justru masih bisa dihitung jari. Ricardo Osorio dan Pavel Pardo terhitung sebagai pemain Meksiko pertama yang memulai berkarier di Bundesliga, yakni pada tahun 2006.

Dalam sedekade terakhir, hanya ada 5 pemain berkebangsaan Meksiko yang pernah merumput bersama tim Bundesliga. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Fransisco Rodriguez

5 Pemain Meksiko yang Pernah Bermain di Bundesliga Sedekade Terakhirrecord.com.mx

Pada jendela transfer musim panas tahun 2011, Vfb Stuttgart mendatangkan seorang bek legendaris Meksiko bernama Fransisco Javier Rodriguez. Pemain yang biasa disapa Maza ini didatangkan dengan banderol sebesar 1,8 juta euro atau sekitar 31,2 miliar dari PSV Eindhoven.

Maza sebenarnya cukup diandalkan bersama Stuttgart. Kekuatan Maza dalam bola udara adalah hal yang paling dibutuhkan oleh tim berjuluk Die Schwaben ini. Namun, Maza hanya bermain sebanyak 1,5 musim di Bundesliga dengan torehan 2 gol dan 1 assist dari 40 pertandingan sebelum akhirnya hengkang ke Club America tahun 2013.

2. Andreas Guardado

5 Pemain Meksiko yang Pernah Bermain di Bundesliga Sedekade Terakhirrecord.com.mx

Kapten Timnas Meksiko, Andreas Guardado, juga sempat bermain di Bundesliga. Pada bulan Januari 2014, Andreas Guardado didatangkan oleh Bayer Leverkusen dari Valencia dengan status pemain pinjaman selama setengah musim.

Namun, dalam masa peminjamannya tersebut, Andreas Guardado gagal tampil maksimal sehingga ia tidak jadi dipermanenkan oleh Leverkusen. Guardado pun akhirnya dikembalikan ke Valencia pada akhir musim 2013/2014.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Javier Chicharito di Usia 32 Tahun, Awas Terpikat!

3. Javier Hernandez

5 Pemain Meksiko yang Pernah Bermain di Bundesliga Sedekade TerakhirJavier Hernandez (goal.com)

Selain Andreas Guardado, Javier 'Chicharito’ Hernandez juga pernah membela Bayer Leverkusen salama 2 musim. Jarang dimainkan oleh Manchester United, Chicharito akhirnya hengkang ke Bayer Leverkusen pada awal musim 2015/2016.

Selama berseragam Leverkusen, penampilan Chicharito sangatlah memuaskan. Ia mampu mencetak 28 gol dan 6 assists dari 54 pertandingan yang ia mainkan selama 2 musim bermain di sana. Pada tahun 2017 ia pun dijual ke West Ham United dengan mahar sebesar 17,8 juta euro atau setara dengan Rp309,3 miliar.

4. Marco Fabian

5 Pemain Meksiko yang Pernah Bermain di Bundesliga Sedekade TerakhirMarco Fabian (goal.com)

Marco Fabian dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh tim nasional Meksiko. Pada bulan Januari 2016, Fabian didatangkan oleh Eintracht Frankfurt dari Chivas Guadalajara dengan banderol sebesar 3,7 juta euro atau sekitar Rp64,3 miliar.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini dikenal punya umpan akurat dan bisa mengomando lini serang dengan baik. Dalam 3 musim bersama Frankfurt, Fabian mampu tampil sebanyak 50 laga dengan torehan 8 gol dan 7 assists.

Selain itu Ia juga berhasil mempersembahkan gelar juara DFB Pokal pada musim 2017/2018. Setelah kontraknya habis awal tahun 2019, Marco Fabian akhirnya hengkang ke MLS dengan bergabung bersama Philadelpia Union.

5. Carlos Salcedo

5 Pemain Meksiko yang Pernah Bermain di Bundesliga Sedekade TerakhirCarlos Salcedo (bundesliga.com)

Sama seperti Marco Fabian, Carlos Salcedo juga datang dari Chivas Guadalajara untuk membela Eintracht Frankfurt. Namun, berbeda dengan Fabian yang datang dengan status permanen, Salcedo justru datang dengan status pinjaman pada bulan Juli 2017.

Penampilannya di masa pinjaman memang cukup baik sehingga ia akhirnya dipermanenkan di akhir musim dengan banderol sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp86,8 miliar. Namun, tidak sampai setahun setelah dipermanenkan, Carlos Salcedo akhirnya kembali dilego ke klub MX Apertura Mexico, Tigres UANL, pada Januari 2019.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Meksiko yang pernah merumput bersama klub-klub Bundesliga dalama sedekade terakhir. Menurutmu, apakah para pemain Meksiko memang cocok dengan kultur sepak bola Jerman?

Baca Juga: Kota Meksiko Perbolehkan Suporter Kembali Masuk Stadion

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya