5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 8 Sebelum Sandro Tonali

Banyak yang menganggap ia titisan Pirlo dan Gattuso!

Sejak didatangkan dari Brescia pada 2020, Sandro Tonali telah menunjukan dirinya sebagai bagian penting dari tim AC Milan. Berkat penampilan apiknya selama semusim, AC Milan akhirnya sukses jadi juara Serie A 2021/2022.

Kemampuannya untuk menyambungkan lini pertahanan dan lini serang jadi kekuatan utama yang ia miliki. Sandro Tonali juga sudah pantas disebut sebagai salah satu pemegang nomor punggung 8 terbaik dalam sejarah AC Milan.

Sebagai perbandingan, mari simak daftar lima pemain AC Milan yang pernah menggunakan nomor punggung 8, tepat sebelum Sandro Tonali. Siapa saja?

1. Roberto Donadoni

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 8 Sebelum Sandro TonaliRoberto Donadoni (skysports.com)

Jauh sebelum digunakan oleh Sandro Tonali, nomor punggung 8 di AC Milan pernah digunakan oleh gelandang legendaris Italia, Roberto Donadoni. Pemain yang kini berkarier sebagai pelatih ini pernah 12 tahun membela AC Milan.

Dalam kurun waktu tersebut, Donadoni sering kali bergonta-ganti nomor punggung. Sebelum hengkang ke klub Arab Saudi, Ittihad, pada tahun 1999, Donadoni sempat gunakan nomor punggung 8 selama setahun.

Selam berkarier untuk AC Milan, Donadoni sukses persembahkan belasan trofi dari total 390 laga yang ia mainkan di seluruh ajang untuk I Rossoneri.

2. Gennaro Gattuso

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 8 Sebelum Sandro TonaliGennaro Gattuso (skysports.com)

Nomor punggung 8 di AC Milan sangat erat dengan seorang Gennaro Gattuso. Hal ini cukup beralasan karena Gattuso bermain selama 12 musim di salah satu era terbaik AC Milan dengan terus menggunakan nomor punggung 8.

Kombinasi Gattuso di lini tengah bersama Andrea Pirlo sukses torehkan banyak gelar baik untuk AC Milan, maupun Timnas Italia. Selama 12 musim membela AC Milan, Gattuso sukses catatkan 467 laga dengan torehan 11 gol dan 20 assists.

Baca Juga: Sandro Tonali, Pewaris Nomor 8 AC Milan

3. Antonio Nocerino

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 8 Sebelum Sandro TonaliAntonio Nocerino (skysports.com)

Setelah 12 musim digunakan Gattuso, nomor punggung 8 AC Milan akhirnya diakuisisi oleh Antonio Nocerino pada musim 2012/2013. Nomor punggung 8 merupakan nomor kedua yang ia gunakan di AC Milan setelah nomor 22 yang digunakannya pada 2011/2012.

Ia hanya menggunakan nomor punggung 8 pada musim 2012/2013. Bermain sangat apik pada musim pertamanya di AC Milan, penampilan Nocerino justru menurun pada dua musim selanjutnya. Dalam kurun waktu 3 musim, Nocerino sukses catatkan 96 penampilan dengan sumbangan 13 gol dan 6 assists.

4. Riccardo Saponara

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 8 Sebelum Sandro TonaliRiccardo Saponara (skysports.com)

Riccardo Saponara pernah bermain untuk AC Milan selama 2 musim (2013—2015). Ia diboyong dari Empoli dan langsung menggunakan nomor punggung 8. Sayangnya, performa Saponara di AC Milan tak sebaik tiga nama sebelumnya.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini hanya catatkan 8 penampilan selama 2 musim membela tim asal wilayah Lombardia tersebut. Alhasil ia pun dipulangkan kembali ke Empoli pada 2015.

5. Suso

5 Pemain AC Milan yang Pakai Nomor 8 Sebelum Sandro TonaliSuso (skysports.com)

Pemain terakhir yang menggunakan nomor punggung 8 AC Milan sebelum Sandro Tonali adalah Suso. Pemain asal Spanyol ini didatangkan dari Liverpool pada 2015 dan langsung mengambil alih nomor punggung 8 yang ditinggalkan Riccardo Saponara.

Sebelum pindah ke Sevilla pada 2020, Suso bermain cukup baik di lini serang AC Milan. Dalam kurun waktu 5 tahun, Suso sukses mencatatkan 153 laga dengan torehan 25 gol dan 36 assists. Catatan tersebut merupakan torehan terbaiknya selama jadi pesepak bola profesional.

 

Dengan usia yang masih muda, Sandro Tonali akan sangat menjanjikan sebagai investasi jangka panjang AC Milan. Permainannya yang tangguh dan kreatif disebut-sebut seperti campuran gaya main dari Andrea Pirlo dan Gennaro Gattuso. Setuju?

Baca Juga: 10 Potret Sandro Tonali, Andalan AC Milan yang Dijuluki The Next Pirlo

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya