5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 17 sebelum Marcos Alonso 

Semuanya tak lama memakai nomor 17

Marcos Alonso menjadi salah satu pemain baru yang didatangkan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022. Setelah melalui berbagai rumor, Marcos Alonso pun datang dan menggunakan nomor punggung 17 di Barcelona. 

Nomor punggung tersebut bukanlah sebuah hal yang baru bagi Alonso. Pasalnya, ia sering menggunakannya kala bermain untuk Timnas Spanyol. Lalu, siapa sajakah lima pemain terakhir yang pernah memakai nomor punggung 17 Barcelona sebelum Marcos Alonso? Inilah daftarnya.

1. Antoine Griezmann

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 17 sebelum Marcos Alonso Antoine Griezmann (en.atleticodemadrid.com)

Saat pertama kali berseragam Barcelona pada musim 2019/2020, Antoine Griezmann sempat menggunakan nomor punggung 17. Namun, pada musim selanjutnya, Griezmann kembali memakai nomor punggung favoritnya, yakni nomor punggung 7.

Griezmann hanya dua musim berseragam Barcelona. Ia resmi kembali ke Atletico Madrid pada awal musim 2021/2022 sebagai pemain pinjaman yang kini telah dipermanenkan. Selama berseragam Barcelona, Griezmann bermain dalam 102 laga dengan torehan 35 gol dan 17 assist.

2. Francisco Trincao

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 17 sebelum Marcos Alonso Fransisco Trincao (wolves.co.uk)

Setelah dilepas oleh Griezmann, nomor punggung 17 di Barcelona kemudian diakuisisi oleh Fransisco Trincao. Hingga sekarang, Trincao masih berstatus sebagai pemain Barcelona. Akan tetapi, ia sedang dipinjamkan ke Sporting CP.

Trincao sendiri berseragam Barcelona pada musim 2020/2021. Pada musim tersebut, Trincao hanya mampu mencetak 3 gol dan 2 assist dari 42 pertandingan sebagai seorang winger. Hal ini cukup wajar karena Trincao lebih sering bermain sebagai pemain pengganti.

Baca Juga: 10 Potret Francisco Trincao, Wonderkid Menawan Barcelona Asal Portugal

3. Rey Manaj

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 17 sebelum Marcos Alonso Rey Manaj (fcbarcelona.com)

Tak banyak penggemar Barcelona yang mengingat kiprah Rey Manaj di klub kesayangannya ini. Penyerang asal Albania ini promosi dari La Masia pada awal musim 2021/2022 dengan menggunakan nomor punggung 17.

Namun, nomor tersebut justru diganti menjadi 14 setelah seorang pemain meminta nomor tersebut. Rey Manaj sendiri tak pernah bermain dalam laga resmi bersama Barcelona. Pasalnya, ia justru dipinjamkan pada musim tersebut dan dilepas secara gratis pada musim panas 2022.

4. Luuk de Jong

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 17 sebelum Marcos Alonso Luuk de Jong (fcbarcelona.com)

Pemain yang meminta nomor punggung dari Rey Manaj adalah Luuk de Jong. Pada musim 2021/2022, penyerang asal Belanda ini pernah bermain di Barcelona sebagai pemain pinjaman dari Sevilla.

Saat berseragam Barcelona, Luuk de Jong tak terlalu tajam dengan torehan 7 gol dan 1 assist yang ia ciptakan dari 29 pertandingan. Ia pun tak jadi dipermanenkan dan justru dilepas secara gratis oleh Sevilla pada musim panas 2022.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 17 sebelum Marcos Alonso Pierre Aubameyang (fcbarcelona.com)

Didatangkan pada pertengahan musim 2021/2022 dari Arsenal, Aubameyang merupakan angin segar bagi buntunya lini serang Barcelona kala itu. Pada musim pertamanya berseragam Blaugrana, Aubameyang sukses tampil cemerlang.

Ia sukses mencatatkan 13 gol dan 1 assist dari 24 laga. Kala itu, Aubameyang masih menggunakan nomor 25. Menjelang musim 2022/2023, penyerang asal Gabon ini mengganti nomor punggungnya menjadi 17.

Namun sayang, Aubemeyang hanya sekali menggunakan nomor ini dalam pertandingan resmi. Pasalnya, ia memilih pindah ke Chelsea pada deadline bursa transfer musim panas 2022.

 

Dengan berbagai alasan, nama-nama dalam daftar ini tak memiliki waktu yang lama untuk memakai nomor punggung 17 di Barcelona. Dalam sejarah Barcelona, Pedro Rodriguez merupakan sosok yang paling lama menggunakan nomor ini (2009—2013).

Baca Juga: Aubameyang Ungkap Kenangan Pahit Selama di Arsenal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya