Comscore Tracker

6 Pemain Non-Spanyol yang Pernah Membela Athletic Bilbao

Athletic Bilbao, klub Spanyol yang kental dengan tradisi

Athletic Bilbao merupakan salah satu klub terbesar dalam sepanjang sejarah LaLiga. Klub yang berasal dari wilayah Basque ini menjadi satu dari 3 klub LaLiga yang tidak pernah mengalami degradasi, selain Barcelona dan Real Madrid.

Salah satu fakta unik dari Bilbao yang selalu menjadi perbincangan ialah tradisi klub yang selalu menggunakan pemain yang berasal dari Basque sebagai bagian dari timnya. Tradisi ini tetap terjaga sejak tahun 1912 hingga kini. Tak heran bila kebanyakan pemain Athletic Bilbao merupakan pemain yang memiliki kebangsaan Spanyol dan membela La Furia Roja.

Walaupun tradisi tersebut sangatlah kuat, ada ketentuan lain yang memperbolehkan pemain luar Basque dan Spanyol untuk dapat bermain untuk tim ini. Ketentuan tersebut adalah diperbolehkannya pemain yang memiliki keturunan orang Basque diluar Spanyol untuk bisa membela Athletic Bilbao.

Lantas, siapa sajakah pemain non Spanyol yang pernah membela Athletic Bilbao? Berikut daftarnya, check this out!

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Athletic Bilbao, Bawa Untung Besar!

1. Bixente Lizarazu

6 Pemain Non-Spanyol yang Pernah Membela Athletic Bilbaodreamteamfc.com

Pemain non-Spanyol pertama yang membela Athletic Bilbao ialah Bixente Lizarazu. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini merupakan bagian dari tim juara Prancis di Piala Dunia 1998.

Lizarazu kala itu datang ke Athletic Bilbao dari Bordeaux dengan status free transfer pada tahun 1996. Namun sayang, kiprah Lizarazu di Bilbao tidak berlangsung lama. Setahun berselang Lizarazu hijrah ke Bayern Munich dan menjadi salah satu legenda di klub asal Bavaria tersebut.

2. Fernando Amorebieta

6 Pemain Non-Spanyol yang Pernah Membela Athletic Bilbaoexpress.co.uk

Salah satu bek legendaris Athletic Bilbao, Fernando Amorebieta, ternyata bukanlah pemain yang memiliki kebangsaan Spanyol. Amorebieta merupakan pemain yang lahir di Venezuela dan juga memiliki kebangsaan negara tersebut.

Walaupun lahir di Venezuela, Amorebieta merupakan produk asli akademi Athletic Bilbao. Amorebieta berhasil tampil sebanyak 253 kali bersama Athletic Bilbao dari tahun 2005 hingga 2013 dan dianggap sebagai salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki oleh klub asal Basque ini.

3. Jonas Ramalho

6 Pemain Non-Spanyol yang Pernah Membela Athletic Bilbaosportsfinding.com

Sempat dicap sebagai klub rasis karena tidak pernah memiliki pemain di luar bangsa Hispanik, Athletic Bilbao menjawab keraguan publik dengan mendatangkan seorang Jonas Ramalho dari Basconia pada tahun 2011. Jonas Ramalho merupakan pemain berkulit hitam pertama yang bermain untuk Athletic Bilbao.

Walaupun memiliki kebangsaan Angola, Ramalho sebenarnya lahir di kota Barakaldo di wilayah Basque. Selain itu, Ramalho juga merupakan produk akademi Bilbao sejak tahun 2003. Namun sayang, bersama tim senior Bilbao, Ramalho hanya berhasil tampil 8 kali sebelum akhirnya hijrah ke Girona pada tahun 2016.

4. Aymeric Laporte

6 Pemain Non-Spanyol yang Pernah Membela Athletic Bilbaomundodepotivo.com

Bek andalan Timnas Prancis dan Manchester City, Aymeric Laporte, juga pernah bermain untuk Athletic Bilbao sejak tahun 2012 hingga 2018. Sama seperti Amorebieta dan Ramalho, Laporte juga merupakan produk akademi Bilbao.

Bersama Bilbao, Laporte berhasil tampil cemerlang sehingga dilirik oleh klub-klub besar kala itu. Akhirnya pada tahun 2018, Manchester City memberanikan diri untuk memboyongnya dengan banderol 65 juta euro sekaligus menjadikan pemain ini sebagai pemain termahal yang pernah dijual oleh Athletic Bilbao.

5. Cristian Ganea

6 Pemain Non-Spanyol yang Pernah Membela Athletic Bilbaobesoccer.com

Datang dari klub Rumania, Vitorul Contasta dengan banderol 1 juta euro pada tahun 2018, Cristian Ganea menjadi pemain non-Spanyol kelima yang bergabung dengan Athletic Bilbao. Bek sayap berkebangsaan Rumania ini hanya tampil 2 kali bersama Bilbao.

Penampilan solid Oscar de Marcos di posisi inti bek sayap Bilbao membuat Ganea sulit untuk mendapatkan waktu bermain bersama Athletic Bilbao. Hal ini membuat Ganea lebih banyak dipinjamkan ke klub lain sebelum akhirnya bergabung ke Aris Salonika dengan status free transfer pada tahun 2020.

6. Kenan Kodro

6 Pemain Non-Spanyol yang Pernah Membela Athletic Bilbaoathletic-club.eus

Nama terakhir dalam daftar ini ialah Kenan Kodro yang memiliki kebangsaan Bosnia & Herzegovina. Walaupun berkebangsaan Bosnia, Kodro yang berposisi sebagai striker ternyata lahir di San Sebastian yang merupakan wilayah Basque.

Kenan Kodro didatangkan dari Copenhagen pada tahun 2019. Kini Kodro sedang dipinjamkan ke klub LaLiga lain, yakni Real Valladolid. Menarik untuk ditunggu apakah musim depan Kodro akan kembali bermain untuk Athletic Bilbao atau akan kembali dipinjamkan ke klub lain.

 

Itulah 6 pemain non-Spanyol yang pernah membela Athletic Bilbao yang terkenal dengan tradisi pemain asal Basque-nya tersebut. Tahun ini ada nama Inaki Williams yang menjadi pemain di luar bangsa Hispanik yang bermain untuk Bilbao. Namun, Inaki pernah membela Timnas Spanyol sehingga sulit kemungkinan untuk Inaki Williams bisa bermain bagi negara leluhurnya, yakni Liberia.

Baca Juga: 5 Fakta Athletic Bilbao, Sang Juara Piala Super Spanyol 2021

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya