5 Pemain Norwegia yang Pernah Bela City Sebelum Erling Haaland

Erling Haaland jadi nama terbaru!

Setelah menjadi buruan banyak tim besar Eropa dalam beberapa waktu lalu, Erling Haaland akhirnya memilih Manchester City sebagai klub barunya musim depan. Dikutip dari Sky Sports (10/5/2022), Erling Haaland berhasil diboyong dengan banderol sebesar 75 juta euro atau setara dengan Rp1,148 triliun.

Bergabungnya Haaland bersama Manchester City, tentu akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi klub berjuluk the Cityzens tersebut. Pasalnya, Manchester City nampak merindukan sosok penyerang tajam setelah hengkangnya Sergio Aguero ke Barcelona.

Faktanya, Erling Haaland bukanlah satu-satunya pemain berkebangsaan Norwegia yang pernah bermain di Manchester City. Sebelum Haaland, terdapat lima pemain asal Norwegia di skuad The Cityzens. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya!

1. Age Hareide

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bela City Sebelum Erling HaalandAge Hareide (skysports.com)

Pesepak bola Norwegia pertama yang membela Manchester City adalah Age Hareide yang saat ini telah menjadi pelatih top di wilayah Skandinavia. Age Hareide datang ke Manchester City pada tahun 1981 dari Molde FK.

Pemain yang berposisi sebagai sweeper ini tidak pernah bermain di Liga Inggris dalam format English Premier League. Pasalnya, ia hanya bertahan dua tahun di Manchester City. Pada tahun 1983, Age Hareide akhirnya pindah ke Norwich City.

2. Kare Ingebrigtsen

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bela City Sebelum Erling HaalandKare Ingebrigtsen (tv2.no)

Sepuluh tahun setelah kepergian Age Hareide, Manchester City kembali merekrut pesepak bola asal Norwegia. Dia adalah Kare Ingebrigtsen yang didatangkan dari Rosenborg BK pada bulan Januari 1993. Kala itu, tidak disebutkan berapa nilai transfer Kare Ingebrigtsen.

Namun, Kare Ingebrigtsen hanya memiliki kerja sama singkat bersama Manchester City. Pasalnya, enam bulan kemudian ia kembali untuk bergabung bersama Rosenborg BK. Kare ngebrigtsen hanya mencatatkan 15 penampilan selama berseragam The Cityzens.

Baca Juga: Erling Haaland Ikuti Jejak Sang Ayah saat Gabung ManCity

3. Egil Östenstad

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bela City Sebelum Erling HaalandEgil Ostenstad (vikingfotball.no)

Pada bulan Januari 2001, Manchester City mendatangkan Egil Ostenstad yang berposisi sebagai penyerang. Ia didatangkan dari Blackburn Rovers dengan status pemain pinjaman. Egil sebetulmnya merupakan striker yang tajam saat masih bermain di Viking Stavanger dan Southampton.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku saat ia membela Blackburn dan Manchester City. Saat membela The Cityzens, Egil tidak pernah mencetak gol sekalipun. Egil juga hanya mencatatkan empat pertandingan untuk klub asal Manchester ini.

4. Alf-Inge Haaland

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bela City Sebelum Erling HaalandAlf Inge Haaland (skysports.com)

Pengalaman yang dimiliki Alf-Inge Haaland di Manchester City bisa mungkin saja menjadi salah satu faktor Erling Haaland lebih memilih Manchester City. Ayah dari Erling Braut Haaland ini pernah bermain untuk Manchester City dari tahun 2000 hingga 2003.

Kala itu, ia didatangkan dari Leeds United dengan banderol sebesar 3,75 juta euro atau setara dengan Rp57 miliar. Karier Alf-Inge Haaland sebetulnya berjalan sangat baik di Manchester City pada musim pertama. Namun, cedera mengerikan yang ia derita akibat terjangan Roy Keane, harus merusak kebersamaan Alf-Inge Haaland di kota Manchester.

5. Abdisalam Ibrahim

5 Pemain Norwegia yang Pernah Bela City Sebelum Erling HaalandAbdisalam Ibrahim (skysports.com)

Abdisalam Ibrahim menjadi satu-satunya pesepak bola Norwegia yang mampu promosi ke tim utama Manchester City dari tim akademi. Ibrahim, sempat menimba ilmu di akademi Manchester City selama tiga musim, tepatnya pada tahun 2007 hingga 2010.

Akan tetapi, Ibrahim kalah bersaing dan lebih sering dipinjamkan ke tim lain. Ibrahim hanya mencatatkan tiga penampilan untuk Manchester City. Laga tersebut dilakukannya pada musim 2009/2010 dan 2010/2011.

 

Kedatangan Erling Haaland akan sangat membantu Manchester City musim depan. Dengan kemampuan yang ia miliki saat ini, mampukah Haaland bersinar di Etihad Stadium?

Baca Juga: Erling Haaland Bikin Lini Depan Man City Lebih Berwarna

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya