5 Pemain Paling Diandalkan Roberto Martinez saat Melatih Timnas Belgia

Tiada Lukaku, De Bruyne, maupun Hazard

Roberto Martinez resmi melepas jabatan pelatih Timnas Belgia pada 31 Desember 2022. Ia dinilai gagal memberikan prestasi signifikan untuk generasi emas mereka. Prestasinya sebatas peringkat tiga Piala Dunia 2018 Rusia.

Martinez sendiri memegang jabatan pelatih Timnas Belgia selama 6 tahun (2016—2022). Dalam kurun waktu tersebut, puluhan pemain pernah ia mainkan. Lima di antaranya menjadi pemain paling diandalkan Roberto Martinez saat melatih Timnas Belgia.

1. Toby Alderweireld

5 Pemain Paling Diandalkan Roberto Martinez saat Melatih Timnas BelgiaToby Alderweireld (premierleague.com)

Toby Alderweireld adalah pemain paling diandalkan Roberto Martinez saat melatih Timnas Belgia. Bek yang saat ini menjabat sebagai kapten Royal Antwerp tersebut selalu dipanggil sang pelatih meski usianya tak lagi muda.

Permainan impresif dan solid yang selalu ditampilkan Alderweireld menjadi daya tarik. Itu membuat Martinez kerap memainkannya. Secara keseluruhan, Alderweireld memainkan 65 laga dengan sumbangan 3 gol dan 5 assist.

2. Jan Vertonghen

5 Pemain Paling Diandalkan Roberto Martinez saat Melatih Timnas BelgiaJan Vertonghen (premierleague.com)

Bek tengah lain yang masuk dalam daftar ini adalah Jan Vertonghen. Duetnya bersama Toby Alderweireld di lini belakang Timnas Belgia cukup menakutkan dan kompak.

Hal ini cukup beralasan. Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld pernah berduet cukup lama kala berseragam Tottenham Hotspur. Jan Vertonghen sendiri sukses mencetak 3 gol dan 1 assist dari 61 pertandingan bersama Roberto Martinez di Timnas Belgia.

Baca Juga: Roberto Martinez Kini Jadi Pelatih Portugal

3. Dries Mertens

5 Pemain Paling Diandalkan Roberto Martinez saat Melatih Timnas BelgiaDries Mertens (twitter.com/euro2024)

Bukan Eden Hazard, Kevin de Bruyne, maupun Romelu Lukaku yang jadi pemain paling sering dimainkan Roberto Martinez di lini serang Timnas Belgia. Sang pelatih justru lebih sering memainkan Dries Mertens.

Penyerang Galatasaray itu telah memainkan 58 laga dengan catatan 13 gol dan 18 assist. Catatan tersebut cukup banyak.

Mertens sendiri hadir bersama generasi emas Belgia asuhan Martinez sejak awal. Namun, pada akhir masa jabatan sang pelatih, ia mengalami penurunan jumlah menit bermain.

4. Thibaut Courtois

5 Pemain Paling Diandalkan Roberto Martinez saat Melatih Timnas BelgiaThibaut Courtois (realmadrid.com)

Thibaut Courtois juga telah menjadi bagian dari generasi emas Belgia sejak kedatangan Roberto Martinez. Ia selalu menjadi kiper utama The Red Devils, mengalahkan Simon Mignolet, Koen Casteels, dan Matz Sels.

Di bawah arahan Martinez, Courtois bermain sangat apik. Ia sempat menjadi kiper terbaik di Piala Dunia 2018.

Secara keseluruhan, Courtois memainkan 57 pertandingan. Ia menjadi salah satu pemain paling diandalkan Roberto Martinez saat melatih Timnas Belgia.

5. Youri Tielemans

5 Pemain Paling Diandalkan Roberto Martinez saat Melatih Timnas BelgiaYouri Tielemans (twitter.com/euro2024)

Untuk posisi gelandang yang melindungi lini tengah, Roberto Martinez paling percaya kepada Youri Tielemans. Gelandang Leicester City ini bermain dalam 57 laga dengan sumbangan 5 gol dan 10 assist.

Catatan tersebut lebih besar dari beberapa gelandang top Belgia, seperti Axel Witsel, Kevin De Bruyne, dan Leander Dendoncker. Ketenangan, kreativitas, dan tendangannya yang keras jadi atribut yang disukai Martinez dari Youri Tielemans.

Meski dibilang gagal membawa kejayaan untuk generasi emas Timnas Belgia, Roberto Martinez tetap punya kualitas. Oleh karena itu, Timnas Portugal percaya jika Martinez mampu menggantikan Fernando Santos.

Baca Juga: 5 Penalti yang Berhasil Digagalkan Thibaut Courtois Sepanjang 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya