6 Pemain dengan Performa Menonjol dari Negara Asia di Piala Dunia 2022

Tim Asia mampu menghasilkan kejutan!

Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, Australia menjadi perwakilan benua Asia untuk Piala Dunia 2022, ditambah Qatar yang menjadi tuan rumah. Meski sempat memberikan kejutan selama Piala Dunia 2022, namun pada akhirnya tak ada satu pun tim Asia yang sukses menembus babak 8 besar.

Dengan kejutan yang diberikan, beberapa pemain muncul sebagai perbincangan publik karena performanya. Berikut ini lima pemain dengan performa menonjol dan paling mentereng dari tiap tim Asia yang berlaga di Piala Dunia 2022. Siapa saja?

1. Mehdi Taremi

6 Pemain dengan Performa Menonjol dari Negara Asia di Piala Dunia 2022Mehdi Taremi (fifa.com)

Dengan catatan 2 gol dan 1 assist yang ia bukukan selama Piala Dunia 2022, Mehdi Taremi jadi sosok paling mentereng. Dua gol yang ia cetak ditorehkan kala Iran kala melawan Inggris pada laga pembuka. Sedangkan satu assist-nya, ia torehkan kala Iran menang atas Wales.

Dengan torehan tersebut, maka tak diragukan jika penyerang utama FC Porto ini paling mentereng di antara nama lain. Namun sayang, Iran gagal lolos ke babak fase gugur karena hanya menduduki posisi ketiga di grup B.

2. Mohamed Muntari

6 Pemain dengan Performa Menonjol dari Negara Asia di Piala Dunia 2022Mohamed Muntari (fifa.com)

Qatar menjadi satu-satunya negara tuan rumah yang gagal memperoleh poin dalam sejarah Piala Dunia. Mereka terbenam di dasar klasemen grup A, di bawah Belanda, Senegal, dan Ekuador tanpa mencetak poin.

Kendati demikian, Qatar perlu berbangga karena seorang pemainnya sukses mencatatkan sejarah. Dia adalah Mohamed Muntari yang tercatat sebagai satu-satunya pemain Qatar yang pernah mencetak gol di ajang Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Negara Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Piala Dunia

3. Cho Gue Sung

6 Pemain dengan Performa Menonjol dari Negara Asia di Piala Dunia 2022Cho Gue Sung (twitter.com/theKFA)

Bukan Son Heung Min ataupun Lee Kang In, pemain Korea Selatan yang paling mentereng di Piala Dunia, namun penghargaan tersebut justru layak disematkan pada Cho Gue Sung yang muncul sebagai penyerang utama Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

Dua gol yang ia cetak pada laga kontra Ghana membuat Cho Gue Sung sempat jadi soortan. Namun sayang, ia tak mencetak gol lagi di beberapa pertandingan selanjutnya. Pada Piala Dunia 2022, langkah Korea Selatan harus terhenti di babak 16 besar karena kalah dari Brasil.

4. Salem Al-Dawsari

6 Pemain dengan Performa Menonjol dari Negara Asia di Piala Dunia 2022Salem Al-Dawsari (fifa.com)

Arab Saudi sempat mengejutkan dunia dengan mengalahkan juara Piala Dunia 2022, Argentina, pada laga pembuka. Kala itu, gol Salem Al-Dawsari yang menghujam gawang Emiliano Martinez menjadi gol penentu.

Selain mencetak gol pada laga tersebut, Al-Dawsari juga mencetak gol pada laga kontra Meksiko. Catatan tersebut membuat Al-Dawsari jadi yang paling produktif di tim Arab Saudi pada Piala Dunia 2022.

5. Mathew Leckie

6 Pemain dengan Performa Menonjol dari Negara Asia di Piala Dunia 2022Mathew Leckie (fifa.com)

Tak banyak yang menduga jika Australia akan melangkah hingga babak 16 besar Piala Dunia 2022. Namun, mereka membalikkan prediksi dengan lolos sebagai runner-up grup D untuk menemani Prancis.

Sayangnya, langkah mereka terhenti oleh Argentina. Di antara 26 pemain yang ada, Mathew Leckie patut mendapatkan apresiasi lebih. Sebab, ia merupakan pemain penentu lolosnya Australia ke babak enam belas besar dan menjadi pemain paling produktif di skuad Socceroos pada PIala Dunia 2022.

6. Ritsu Doan

6 Pemain dengan Performa Menonjol dari Negara Asia di Piala Dunia 2022Ritsu Doan (twitter.com/fifacom)

Ritsu Doan layak disebut sebagai aktor utama dari keberhasilan Timnas Jepang mengalahkan dua raksasa sepak bola Eropa. Pasalnya, Doan sukses mencetak masing-masing satu gol ketika melawan Jerman dan Spanyol di fase grup.

Dua gol tersebut juga membawa Jepang lolos ke babak 16 besar, sebelum akhirnya kalah dari Kroasia lewat adu penalti. Ritsu Doan yang kini bermain untuk SC Freiburg layak disebut sebagai masa depan Timnas Jepang, mengingat usianya yang masih muda.

 

Penampilan tim-tim Asia pada Piala Dunia 2022 sungguh menakjubkan dan mengejutkan. Beberapa dari mereka sukses menumbangkan tim-tim unggulan, seperti Argentina, Spanyol, Portugal, dan Jerman.

Baca Juga: Deretan Tim Asia Terbaik dalam 5 Edisi Piala Dunia Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya