5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Chelsea

Paulo Ferreira jadi nama paling mentereng

Perlu diakui, kebangkitan Chelsea dalam meraih banyak gelar juara dimulai sejak Chelsea diakuisisi oleh Roman Abrahamovich pada tahun 2002. Setelah itu, Chelsea selalu jadi pesaing kandidat juara di Premier League tiap musimnya.

Tak heran jika banyak pemain pun berlomba untuk memperkuat klub berjuluk The Blues ini. Beberapa di antaranya bahkan memutuskan mengakhiri karier gemilang bersama Chelsea.

Siapa saja pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Chelsea? Langsung simak trivia sepak bola berikut ini, yuk!

1. Robert Green

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ChelseaRobert Green (chelseafc.com)

Saat masih berkarier sebagai pesepak bola, Robert Green malang melintang di sepak bola Inggris bersama klub-klub medioker. Menjelang akhir karier, Robert Green justru bergabung dengan Chelsea pada awal musim 2018/2019.

Di usia yang tak lagi muda, posisi Green di Chelsea jelas hanya sebagai kiper pelapis ketiga. Hingga akhirnya pensiun pada akhir musim tersebut, Robert Green tak pernah sekali pun tampil bersama Chelsea di laga resmi.

2. Henriqeu Hilario

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ChelseaHenrique Hilario (twitter.com/chelseafc)

Pada akhir musim 2013/2014, Henrique Hilario memutuskan untuk gantung sepatu bersama Chelsea. Kiper asal Portugal ini cukup lama membela The Blues, yakni sejak tahun 2006 hingga akhirnya pensiun pada 2014.

Saat berseragam Chelsea, Hilario sukses merengkuh banyak gelar juara. Namun, jika dilihat dari sisi statistik, torehan Hilario selama delapan tahun membela Chelsea tak terlalu mentereng. Pasalnya, Hilario yang berstatus sebagai kiper ketiga hanya mampu mencatatkan 39 penampilan saja.

Baca Juga: Perbarui Kontrak di Chelsea, Azpilicueta Bikin Barcelona Gigit Jari

3. Paulo Ferreira

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ChelseaPaulo Ferreira (twitter.com/chelseafc)

Paulo Ferreira merupakan salah satu pemain yang dibawa Jose Mourinho dari FC Porto saat pertama kali melatih Chelsea. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini memiliki catatan statistik yang cukup baik selama sembilan tahun membela Chelsea medio 2004—2013.

Ferreira sukses mencatatkan 217 laga dengan sumbangan 2 gol dan 8 assist. Pada akhir musim 2012/2013, Ferriera memutuskan gantung sepatu bersama Chelsea. Saat ini, Ferreira masih berkerja bersama Chelsea sebagai pelatih khusus pemain pinjaman.

4. Emmanuel Petit

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ChelseaEmmanuel Petit (arsenal.com)

Saat berkarier di tanah Britania Raya, Emmanuel Petit lebih populer sebagai Arsenal. Pasalnya, klub tersebutlah yang sukses mengeluarkan potensi Petit secara maksimal dan memberikan gelar juara baginya.

Namun, Petit justru memutuskan pensiun bersama Chelsea yang terhitung sebagai rival Arsenal. Setelah bermain selama dua musim bersama The Blues, Petit memutuskan pensiun pada akhir musim 2003/2004. Dalam kurun waktu berseragam Chelsea, Petit sukses mencatatkan 76 penampilan dengan torehan 3 gol dan 7 assist.

5. Winston Bogarde

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ChelseaWinston Bogarde (allaboutajax.com)

Bersamaan dengan pensiunnya Emmanuel Petit, Winston Bogarde juga pensiun bersama Chelsea. Bogarde merupakan bek asal Belanda yang memiliki karier cukup cemerlang saat membela Barcelona dan Ajax Amsterdam.

Pada awal musim 2000/2001, Bogarde pindah ke Chelsea dari Barcelona. Sayangnya, karier Bogarde di Chelsea tak berjalan mulus. Pria yang saat ini menjabat sebagai asisten pelatih Ajax Amsterdam tersebut hanya mencatatkan 12 penampilan saja untuk The Blues.

Tak banyak pemain yang bisa merasakan gantung sepatu bersama klub besar seperti Chelsea. Pemain-pemain ini punya kualitas serta mungkin sedikit keberuntungan hingga akhirnya mengakhiri karier sepak bola di klub besar yang sejatinya jadi impian banyak pemain sepak bola di dunia.

Baca Juga: 5 Rekrutan Bek Kiri Termahal Chelsea Sepanjang Sejarah, Ada Cucurella!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya