Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Ajax Amsterdam

Rumah bagi para pemain bintang!

Ratusan pemain hebat nan legendaris pernah membela Ajax Amsterdam. Tim asal ibu kota Belanda ini dikenal sebagai sebuah klub yang hebat dan kerap kali melahirkan pemain berkualitas sejak muda, baik berasal dari tim akademi maupun pembelian dari tim lain.

Untuk mendapatkan karier yang lebih hebat, kebanyakan dari mereka memilih untuk hengkang dari Ajax ketika dilirik oleh tim besar. Beberapa di antaranya justru kembali ke Ajax untuk mengakhiri karier di sana.

Dengan demikian, Ajax Amsterdam telah dianggap sebagai rumah bagi banyak pemain bintang. Lalu, siapa sajakah pemain yang pernah merasakan pensiun bersama Ajax Amsterdam? Berikut kami sajikan ulasan lima pemain terakhir yang pensiun bersama Ajax Amsterdam.  

1. Abdelhak Nouri

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Ajax AmsterdamAbdlehak Nouri (twitter.com/franckribery)

Penyakit cardiac arrhythmia yang menyerang jantung dan otaknya membuat Abdelhak Nouri pensiun lebih cepat dari sepak bola. Padahal, Nouri sempat disebut sebagai  wonderkid dan digadang-gadang akan menjadi gelandang hebat.

Melalui konfirmasi dari keluarganya, Abdelhak Nouri resmi pensiun dari dunia sepak bola pada 8 Juli 2017 di usia 20 tahun. Nouri sendiri pernah mencatatkan pertandingan resmi di tim senior Ajax sebanyak 15 laga dengan koleksi 1 gol dan 3 assist.

2. Johnny Heitinga

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Ajax AmsterdamJohnny Heitinga (ajax.nl)

Besar di tim akademi Ajax Amsterdam, Johnny Heitinga kemudian hengkang dari Ajax setelah 7 tahun membela tim senior pada tahun 2008. Bek yang memiliki darah Indonesia ini akhirnya berkelana untuk membela beberapa tim Eropa.

Setelah kontraknya habis bersama Hertha Berlin, Heitinga pulang ke Ajax pada awal musim 2015/2016. Kali ini, Heitinga hanya bermain 7 bulan sebelum akhirnya gantung sepatu pada Februari 2016. Untuk tim masa kecilnya ini, Heitinga sukses mencatatkan 25 gol dan 3 assist dari 217 pertandingan.

Baca Juga: Haller dan Deretan Striker Termahal yang Pernah Dijual Ajax Amsterdam

3. Andre Ooijer

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Ajax AmsterdamAndre Ooijer (skysports.com)

Sama seperti Abdelhak Nouri dan Johnny Heitinga, Andre Ooijer juga berasal dari tim akademi Ajax Amsterdam. Namun, ia tak lama berkarier di Ajax layaknya Johnny Heitinga saat muda.

Bek utama Timnas Belanda pada Piala Dunia 2006 ini kembali ke Ajax pada 2010 setelah hengkang dari 1994. Setelah kembali ke Ajax, Ooijer sempat bermain selama 2 musim (2010—2012) dengan torehan 30 laga serta sumbangan 3 gol dan 1 assist.

4. Oleguer Presas

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Ajax AmsterdamOleguer Presas (ajax.nl)

Oleguer Presas merupakan sosok pesepak bola yang sangat aktif dalam menyuarakan kemerdekaan Katalunya dari Spanyol. Tak heran Oleguer sangat erat kaitannya dengan FC Barcelona.

Namun, pada 2008, Oleguer justru hengkang dari Barcelona untuk bergabung dengan Ajax Amsterdam. Tak hanya itu, Oleguer juga justru memilih gantung sepatu bersama Ajax setelah 3 musim bermain di klub tersebut. Selama membela Ajax, Oleguer hanya mencatatkan 59 laga.

5. Ismael Urzaiz

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Ajax AmsterdamIsmael Urzaiz (ajax.nl)

Nama yang terakhir adalah Ismael Urzaiz, mantan penyerang Timnas Spanyol yang menghabiskan hampir seluruh kariernya di LaLiga. Ia pernah membela Real Madrid, Rayo Vallecano, dan Athletic Bilbao semasa bermain di LaLiga.

Pada awal musim 2007/2008, Urzaiz justru pindah ke Ajax Amsterdam yang menjadi satu-satunya tim non-Spanyol yang pernah ia bela. Bermain selama semusim dengan dengan torehan 8 laga, Urzaiz akhirnya pensiun di Belanda pada akhir musim 2007/2008.

 

Ajax Amsterdam benar-benar menjadi rumah bagi para pemain bintang. Jaap Stam, Brian Laudrup, dan Michael Laudrup juga memilih untuk pulang ke Ajax agar bisa gantung sepatu di tim masa kecilnya.

Baca Juga: 5 Pemain Ajax Terbaru yang Pindah ke Manchester United, Ada Antony!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya