5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Arsenal

Deretan pemain bintang!

Mengakhiri karier dengan gantung sepatu di sebuah klub besar merupakan impian banyak pesepak bola profesional. Dibutuhkan performa yang konsisten hingga usia senja untuk bisa terus bermain di tim besar Eropa.

Hal tersebut berlaku bagi beberapa pemain yang memutuskan pensiun bersama klub besar English Premier League (EPL), yakni Arsenal. Deretan pesepak bola ini tercatat sebagai lima pemain terakhir yang memutuskan gantung sepatu bersama Arsenal.

Siapa sajakah kelima nama tersebut dan bagaimana performanya saat membela Arsenal? Intip ulasannya berikut ini.

1. Petr Cech

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama ArsenalPetr Cech (arsenal.com)

Pemain terakhir yang tercatat pensiun di Arsenal adalah Petr Cech. Kiper berkebangsaan Republik Ceko ini memang sangat dikenal publik ketika membela Chelsea. Namun, pada awal musim 2015/2016, Cech memutuskan menyebrang ke Arsenal.

Untuk The Gunners, Cech sukses menampilkan 139 pertandingan dengan torehan 54 nirbobol di seluruh ajang yang diikuti Arsenal. Petr Cech pun memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2018/2019 untuk bergabung sebagai staf kepelatihan Chelsea.

2. Per Mertesacker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama ArsenalPer Mertesacker (arsenal.com)

Arsenal merupakan satu-satunya tim di luar Jerman yang pernah dibela oleh Per Mertesacker. Bek jangkung asal Jerman ini didatangkan Arsenal pada awal musim 2011/2012 dari Werder Bremen.

Per Mertesacker sukses mencatat 10 gol dan 4 assist dari 221 pertandingan untuk Arsenal. Setelah 7 musim membela Arsenal, Per Mertesacker memutuskan untuk gantung sepatu pada akhir musim 2017/2018. Saat ini ia menjabat sebagai manager di tim akademi Arsenal.

Baca Juga: 7 Pemain yang Hanya Membela Arsenal Selama Semusim, Siapa Saja?

3. Mikel Arteta

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama ArsenalMikel Arteta (arsenal.com)

Saat masih berstatus sebagai pesepak bola profesional, Mikel Arteta sempat membela beberapa klub besar. Paris Saint-Germain, Barcelona, Everton, Real Sociedad, dan Arsenal merupakan beberapa di antaranya.

Pada akhir musim 2015/2016, Arteta memutuskan untuk gantung sepatu bersama Arsenal. Pria yang sekarang menjabat sebagai pelatih Arsenal ini bermain selama 4 musim dengan torehan 16 gol dan 11 assist dari 150 laga.

4. Jens Lehmann

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama ArsenalJens Lehmann (premierleague.com)

Sempat melakukan career break selama 8 bulan setelah dilepas oleh VfB Stuttgart, Jens Lehmann memutuskan untuk kembali ke Arsenal pada Maret 2011. Hal tersebut merupakan kali kedua Lehmann bergabung dengan Arsenal setelah masa bakti pertamanya dari 2003—2008.

Untuk kali kedua, Lehmann hanya bermain hingga akhir musim 2010/2011. Itu artinya, ia hanya bertahan selama 4 bulan. Jika ditotalkan, Lehmann bermain dalam 200 laga bersama Arsenal dengan torehan 80 nirbobol.

5. Dennis Bergkamp

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama ArsenalDennis Bergkamp (twitter.com/arsenal)

Dennis Bergkamp merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah membela Arsenal. Masa bakti 11 tahun untuk Arsenal jadi alasan Dennis Bergkamp layak menyandang gelar tersebut. Pria asal Belanda ini datang ke Arsenal pada awal musim 1995/1996 dari Inter Milan.

Setelah mencatatkan total 411 penampilan dengan torehan 115 gol dan 93 assist, Bergkamp memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2005/2006. Saat ini, Bergkamp berstatus sebagai asisten pelatih tim U-21 Almere City.

 

Deretan nama di atas merupakan pemain hebat yang pernah menyandang gelar sebagai pemain bintang. Oleh karena itu, nama-nama tersebut bisa mengakhiri karier di tim besar seperti Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Potensi Dilepas Arsenal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya