Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Liverpool

Ada Jamie Carragher!

Liverpool merupakan salah satu klub terbesar di dunia. Dengan segala yang mereka miliki, termasuk pemain berkualitas, prestasi, dan suporter yang loyal, Liverpool sangatlah disegani oleh para pesepak bola. 

Tak mengherankan banyak pemain bermimpi untuk bermain di Liverpool. Beberapa dari mereka justru bisa pensiun di klub berjuluk The Reds ini. Berikut ini kami ulas mengenai lima pemain terakhir yang memutuskan untuk pensiun bersama Liverpool. 

1. Alexander Manninger

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama LiverpoolAlexander Manninger (liverpoolfc.com)

Diboyong secara gratis dari FC Augsburg pada 2016, Alexander Manninger menjadi pemain terakhir yang pensiun bersama Liverpool. Kiper asal Austria ini memang datang pada usia yang tak lagi muda sehingga tak heran Liverpool menjadi pelabuhan terakhirnya.

Saat datang ke Liverpool, Manninger bukanlah pilihan utama. Ia hanya menjadi kiper pelapis ketiga yang merangkap jadi pelatih kiper. Tanpa mencatatkan satu pun pertandingan, Manninger akhirnya pensiun pada akhir musim 2016/2017.

2. Jamie Carragher

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama LiverpoolJamie Carragher (liverpoolfc.com)

Jamie Carragher merupakan sosok yang merepresentasikan loyalitas scouser terhadap tim keseyangannya, Liverpool. Bek berkebangsaan Inggris ini merupakan pemain binaan tim akademi Liverpool yang promosi pada 1996.

Sejak itu, Carragher tak pernah sekali pun hengkang dari Liverpool. Ia menghabiskan 17 tahun kariernya di Liverpool sebelum pensiun pada akhir musim 2012/2013. Dalam kurun waktu tersebut, Carragher sukses mencatatkan 737 laga dengan sumbangan 4 gol dan 19 assist.

Baca Juga: 10 Pemain Liverpool Terhebat Sepanjang Masa, Barnes Hingga Carragher 

3. Vegard Heggem

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama LiverpoolVegard Heggem (liverpoolfc.com)

Liverpool pernah memiliki beberapa pemain asal Norwegia dalam skuadnya. Namun, hanya Veggard Heggem yang memutuskan untuk pensiun bersama The Reds. Heggem pensiun pada akhir musim 2002/2003 setelah lima tahun membela Liverpool.

Ada sebuah alasan yang unik ketika Heggem memutuskan untuk pensiun. Kala itu, Heggem lebih memilih untuk berfokus menjadi seorang pemancing profesional ketimbang melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola. Heggem mencetak 3 gol dan 5 assist dari 64 laga selama berseragam Liverpool.

4. Mark Wright

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama LiverpoolMark Wright (liverpoolfc.com)

Mark Wright merupakan mantan bek andalan Timnas Inggris yang mencatatkan 9 gol dan 8 assists dari 210 laga bersama Liverpool. Wright bermain bersama Liverpool selama 7 musim (1991—1998).

Ia memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 1997/1998. Faktanya, Liverpool merupakan tim terlama yang dibela Wright dalam kariernya. Setelah memutuskan untuk pensiun, Wright melanjutkan kariernya sebagai pelatih untuk beberapa klub medioker Inggris.

5. Nick Tanner

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama LiverpoolNick Tanner (liverpoolfc.com)

Pada akhir musim 1992/1993, Liverpool kehilangan seorang bek yang memutuskan untuk gantung sepatu. Dia adalah Nick Tanner, pemain yang dahulunya berposisi sebagai bek tengah. Setelah pensiun, Tanner tak melanjutkan kariernya di dunia sepak bola.

Karier Tanner di dunia sepak bola juga terbilang singkat. Dari 9 tahun kariernya di sepak bola, Tanner menghabiskan 6 tahun menjadi bagian dari skuad The Reds. Akan tetapi, ia hanya mencatat 59 laga.

 

Di era sepak bola modern, tak banyak pemain yang memutuskan untuk pensiun di Liverpool. Bahkan, beberapa nama ikonik, seperti Dirk Kuyt, Daniel Agger, dan Steven Gerrard, justru pensiun bersama klub lain.

Baca Juga: Arthur Melo Siap Kerja Keras demi Dapat Tempat di Liverpool

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya