5 Pemain Penting dalam Kiprah Timnas Brasil di Piala Dunia 2022

Brasil baru saja disingkirkan Kroasia!

Jauh dari prediksi banyak pihak, kiprah Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 justru terhenti di babak delapan besar. Dengan statusnya sebagai tim unggulan, Brasil setidaknya diprediksi bisa menembus babak semifinal.

Namun, kekalahan lewat drama adu penalti kontra Kroasia memupuskan prediksi yang menempatkan Brasil sebagai juara. Prediksi tersebut cukup beralasan, sebab Brasil memiliki materi pemain yang luar biasa.

Dari deretan nama besar yang memperkuat Brasil pada Piala Dunia 2022 terdapat beberapa nama yang bisa dibilang jadi yang paling penting di skuad Selecao. Siapa sajakah mereka? Berikut ini kami sajikan daftar dan ulasannya.

1. Richarlison

5 Pemain Penting dalam Kiprah Timnas Brasil di Piala Dunia 2022Richarlison (fifa.com)

Dua gol yang ia ciptakan kala bertemu Serbia pada pertandingan pertama membuat nama Richarlison melambung di Piala Dunia 2022. Penampilan tersebut jadi bukti jika Richarlison layak dibawa Tite ke Piala Dunia 2022.

Selama Piala Dunia 2022, Richarlison memiliki peran penting sebagai ujung tombak utama Selecao. Ia sukses membayar kepercayaan tersebut dengan mencetak 3 gol dan 1 assist dari 4 laga yang membuat Richarlison jadi top skor Timnas Brasil di Piala Dunia 2022.

2. Marquinhos

5 Pemain Penting dalam Kiprah Timnas Brasil di Piala Dunia 2022Marquinhos (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Marquinhos menjadi pemain Brasil dengan menit bermain terbanyak di Piala Dunia 2022. Bek Paris Saint-Germain ini sukses mencatatkan 5 pertandingan dengan rincian 426 menit, tanpa mencatatkan statistik penyerangan, seperti gol maupun assist.

Kendati demikian, Marquinhos tampil apik dan jadi kekuatan lini pertahanan Brasil. Namun sayang, kiprah Marquinhos di Piala Dunia 2022 harus tercoreng akibat kegagalannya dalam mengeksekusi tendangan penalti terakhir kontra Kroasia.

Baca Juga: Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala Dunia

3. Neymar Jr

5 Pemain Penting dalam Kiprah Timnas Brasil di Piala Dunia 2022Neymar Jr (fifa.com)

Neymar adalah bintang utama Timnas Brasil dalam beberapa turnamen terakhir, termasuk Piala Dunia 2022. Sempat absen pada dua pertandingan fase grup kontra Swiss dan Kamerun karena cedera, Neymar berhasil kembali kuat pada fase gugur.

Kontribusi 2 gol dan 1 assist yang ia catatkan menjadi sumbangan yang Neymar berikan untuk Brasil. Ia bahkan mampu menyamai Pele dalam torehan gol terbanyak Timnas Brasil. Namun sayang, torehan dan rekor tersebut tak cukup membawa Brasil ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

4. Vinicius Jr

5 Pemain Penting dalam Kiprah Timnas Brasil di Piala Dunia 2022Vinicius Jr (twitter.com/vinijr)

Permainan impresif yang ditunjukannya kala berseragam Real Madrid ternyata berhasil Vinicius Jr bawa ketika berlaga di Piala Dunia 2022. Winger berusia 22 tahun ini menjadi otak penyerangan Brasil ketika Neymar harus absen.

Dalam 4 pertandingan yang ia mainkan, Vinicius Jr sukses mencetak 1 gol dan 2 assists dari total 301 menit. Meski gagal pada Piala Dunia 2022, Vinicius Jr dinilai bisa memimpin Brasil dalam beberapa edisi Piala Dunia mendatang,

5. Casemiro

5 Pemain Penting dalam Kiprah Timnas Brasil di Piala Dunia 2022Casemiro (manutd.com)

Jika bicara soal sosok penting di lini tengah Timnas Brasil pada Piala Dunia 2022, nama Casemiro mesti jadi yang terdepan. Ia punya tugas penting dalam menjaga keseimbangan tim, baik saat menyerang maupun bertahan.

Casemiro juga berhasil menyumbang gol.yang diceetak kala Brasil menang dengan skor 1-0 atas Swiss pada babak fase grup. Selain itu, ia juga termasuk sebagai pemain yang berhasil menjalankan tugasnya pada drama adu penalti kontra Kroasia.

 

Nama besar dan fakta sebagai pemegang gelar juara Piala Dunia terbanyak sepanjang sejarah, membuat Timnas Brasil selalu diunggulkan pada tiap edisi. Namun sayang, kesialan dan beberapa masalah kerap menghalangi mereka untuk mendapatkan gelar juara.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Timnas Brasil Selama Berkiprah di Piala Dunia 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya